Cara Menghilangkan Kantuk Ketika Bekerja

Mengantuk adalah sesuatu yang manusiawi, tetapi apabila mengantuknya  disaat bekerja maka akan mengganggu kinerja kita. Mengantuk disebabkan karena kita memiliki kualitas tidur yang kurang baik. Maka dari itu kita perlu tahu cara menghilangkan kantuk ketika bekerja, agar tidak mengganggu kerjaan kita. Mengantuk memang sangat mengganggu, coba bayangkan ketika yang mengantuk seorang sopir, apa yang akan terjadi?jelas kecelakaan lah akibat dari seorang sopir yang mengantuk. Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan ketika kantuk menyerang :

1. Istirahatlah
Istirahat sejenak sudah cukup untuk menghilangkan rasa kantuk. setelah istirahat sejenak lanjutkanlah kegiatan atau pekerjaannya.


2. Lakukanlah Push up
Melakukan push up bertujuan untuk menghilngkan rasa kantuk karena dengan push up jantung akan bekerja lebih cepat dengan begitu rasa kantuk akan hilang. Bisa juga dengan lari-lari kecil.dengan begitu rasa kantuk ketika bekerja dapat teratasi.

3. Minum kopi
Pasti semua pernah melakukan, apabila kantuk menyerang solusinya adalah minum kopi. Kandungan kafein pada kopi membuat kinerja jantung lebih cepat. Dengan bertambahnya detak jantung maka rasa kantuk yang mendera akan hilang.

4. Menggunakan air
Air disini tidak digunakan untuk minum tapi digunakan untuk mencuci muka atau mata. cara ini kurang efektif karena dengan membasuh wajah dengan air akan memberikan rasa sejuk atau tenang sehingga malah menjadikan rasa kantuk tambah berat. Tapi apa salahnya untuk dicoba, karena kondisi setiap orang berbeda-beda.

5. Cari kesibukan
apabila rasa kantuk datang, maka carilah kesibukan entah dengan mengajak bicara teman bekerja atau gerakkanlah tubuh anda. kalau perlu lakukanlah streching.

6. Memejamkan mata
Apabila rasa kantuk datang salah satu penyebabnya adalah mata yang sudah tidak kuat sehingga perlu untuk menutup mata sebentar saja. Pejamkan mata anda selama 5- 10 menit, dengan begitu rasa kantuk akan segera hilang.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kantuk ketika bekerja. Kesehatan tubuh sangatlah penting, tubuh juga butuh istirahat. Berikan waktu tidur yang cukup untuk tubuh anda supaya tidak mengantuk ketika bekerja. Tidur yang baik adalah tidur yang pulas, sebentar tapi pulas itu lebih baik dari pada tidur lama tapi tidak pulas. Kualitas tidur itu lebih penting dari pada kuantitas tidur. semoga dengan langkah-langkah diatas maka kita dapat menghilangkan  rasa kantuk ketika bekerja.