4 Langkah Mengatasi sembelit pada anak

Mengatasi sembelit pada anak sangatlah penting, bagaimana tidak??apalagi kalau anaknya masih balita. Maka perlu adanya perhatian khusus dari orang tua. Sebelum lebih jauh alangkah baikya jika mengetahui pengertian dari sembelit, sembelit atau yang juga disebut dengan konstipasi yaitu gangguan dalam sistem pencernaan dimana terjadi pengerasan tinja sehingga sulit untuk buang air besar (BAB) dan biasanya disertai dengan rasa sakit didaerah perut. Tidak hanya dengan orang dewasa, anak kecilpun juga mengalami sembelit atau konstipasi.




Nah,terus apa ya yang menyebabkan sembelit pada anak??
Penyebab sembelit pada anak dikarenakan pola makan, kurangnya asupan makanan yang mengandung serat. Cairan dan serat sangat dibutuhkan dalam tubuh, karena cairan dan serat berfungsi untuk membantu pencernaan dan usus untuk mencerna makanan. Makanan cepat saji juga menjadi penyebab masalah pencernaan anak sedangkan pada bayi terjadinya sembelit dikarenakan terjadinya transisi dari air susu ibu (ASI) ke susu formula. Selain itu, anak yang suka menahan buang air besar (BAB) memiliki resiko mengalami sembelit. Sebagai orang tua seharusnya kita bisa memahami anak sehingga orang tua mampu mengatasi sembelit pada anak.

Sebagian besar terjadinya sembelit disembuhkan dengan merubah pola makan dan gaya hidup, dengan begitu kesehatan kita terjaga dengan baik. Berilut adalah cara mengatasi sembelit pada anak:

1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh
Cara mengatasi sembelit pada anak yang pertama ialah dengan memenuhi kebutuhan cairan pada anak. Berilah contoh pada anak anda bahwa banyak minum air putih memberikan efek baik pada tubuh. dengan begitu anak-anak akan terdorong untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh.

2. Makanan berserat
Makan makanan berserat berpengaruh terhadap proses pencernaan. Apabila kebutuhan serat pada tubuh terpenuhi maka sembelit dapat dicegah. Berikut adalah makanan yang memiliki serat yang tinggi buah, sayuran hijau, sereal untuk bayi pilihkan bubur sereal yang tinggi serat.

3. Biasakan ke toilet
Berikan pengertian bahwa menahan buang air besar itu tidak baik. Karena dengan menunda buang air besar maka akan menyebabkan sembelit. 

4. Biarkan anak tetap aktif 
Denagn anak tetap aktif maka rasa stres atau tertekan akan hilang sehingga rasa tenang akan memudahkan dalam proses penyembuahan dengan begitu mengatasi sembelit pada anak semakin mudah.

Apabila dengan 4 langkah diatas tetap tidak bisa mengatasi sembelit pada anak, maka perlu untuk dikonsultasikan dengan dokter, maka akan mendapatkan penanganan lebih lanjut.
rumus ideal berat badan, serit rambut, mainan untuk anak 1 tahun, rumus berat ideal, menghitung bb ideal