5 Manfaat Sayuran Hijau Untuk Tubuh

     Sayuran merupakan makanan yang banyak orang tidak menyukainya, entah itu orang dewasa atau anak kecil. Sayuran memang tidak terlalu enak dimulut tetapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Untuk itu peran ibu sebagai ibu rumah tangga harus pandai menyajikan sayuran yang menarik dan memiliki cita rasa agar anak-anak  menyukainya.

   Sayuran juga memiliki serat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti halnya buah-buahan, dimana fungsi serat adalah untuk memperlancar pencernaan yang dilakukan oleh tubuh. Maka dari itu kita haruslah mengkonsumsinya setiap hari. Selain untuk memperlancar proses pencernaan, serat pada sayuran juga berfungsi untuk mengikat kolestrol jahat yang ada didalam tubuh. Dengan diserapnya kolestrol oleh serat maka kolestrol tidak diserap oleh tubuh kita. Seorang ahli gizi dari New York yaitu Dr. Charles Klien,menyebutkan bahwa manfaat sayuran dan buah, terutama yang dibuat menjadi jus, dapat menghilangkan lemak di dalam tubuh, menghilangkan kolesterol jahat, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Adapun beberapa manfaat apabila kita mengkonsumsi sayuran hijau secara rutin adalah 

1. Selain buah-buahan, sayuran juga memiliki vitamin yang juga berfungsi sebagai antioksidan. Dengan begitu radikal bebas yang ada didalam tubuh dapat dihancurkan sehingga tidak menimbulkan berbagai penyakit ataupun alergi.

2. Bagi yang melakukan diet, sayuran sangat baik sebagai makanan karena merupakan sumber serat yang bebas lemak.

3. Didalam sayuran memiliki banyak kandungan seperti alfakaroten, betakaroten, dan lutein yang berada dalam pigmen hijau daun (klorofil). Kandungan tersebut akan melemahkan benih kanker yang berada dalam tubuh seseorang. Dengan makan banyak  sayuran maka dapat mencegah munculnya benih kanker sangat tipis.

4. Sayuran mengandung serat kasar yang tidak bisa terurai dengan baik oleh sistem pencernaan. Serat kasar berfungsi untuk menyerap zat buangan dan membantu usus untuk mendorong sisa makanan keluar tubuh atau dengan kata lain serat kasar berfungsi untuk memperlancar BAB

5. Sayuran juga baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang, karena beberapa jenis sayuran hijau mengandung kalsium yang diperlukan oleh tubuh seperti bayam, sawi, dan brokoli. Dengan begitu kita memiliki tulang dan gigi yang kuat, apalagi kalau kita menjaga pola makan.

   Itu hanya beberapa manfaat yang ada dalam sayuran hijau yang sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang ada apabila kita mengkonsumsi sayuran hijau. Rubah cara anda pandang bahwa sayuran itu tidak enak...