Jantung Sehat Tubuhpun Kuat

   Jantung merupakan organ penting yang dimiliki oleh manusia, dengan adanya jantung maka darah dapat mengalir keseluruh tubuh. Berhentinya jantung akan menghentikan seluruh kehidupan, ya apabila jantung berhenti maka kematian pun tiba. Maka dari itu perlu mengetahui gejala-gejala awal penyakit jantung. Penyakit jantung disebabkan kurangnya jumlah darah yang membawa oksigen kejantung dikarenakan ada gangguan yang terjadi pada jantung.
Gejala-gejala tersebut adalah
1. Rasa nyeri pada dada saat ditekan maupun tidak.
2. Irama jantung yang tidak normal

Dua hal tersebut adalah gejala yang mudah kita ketahui akan tetapi banyak yang tidak menghiraukannya, bahkan hanya menganggap sesuatu yang biasa. Dengan mengetahui gejala tesebut setidaknya kita tahu apa yang harus kita lakukan. Akan lebih baiknya apabila dikonsultasikan dengan dokter yang lebih paham dengan bidangnya apabila mengalami gejala tersebut. Setelah mengetahui gejala awal selanjutnya harus memperhatikan penyebab penyakit jantung.

http://nurudinsya.blogspot.com/2015/02/jantung-sehat-tubuhpun-kuat.html

ada beberapa hal yang menjadi penyebab penyakit jantung:
1. Keturunan atau gen
Sudah menjadi rahasia umum apabila sebuah keluarga memiliki riwayat penyakit keturunan maka kemungkinan besar anak turunnya akan mewarisinya. Entah itu dari keluarga wanita atau keluarga pria yang memiliki penyakit yang jelas apabila gen dominan yang dimiliki seseorang adalah memiliki penyakit maka akan mudah berkembang didalam tubuh yang mewarisinya.

2. Kegemukan atau Obesitas

Makan secara berlebihan akan menyebabkan kegemukan atau obesitas, meningkatnya berat badan berlebihan akan mempengaruhi sirkulasi darah pada tubuh seseorang dan akan mengalami penyempitan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah sempit maka darah yang mengalir kejantung juga terganggu, sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung.

3. Jarang Olah Raga
Olah raga sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh seseorang, orang yang suka berolahraga memiliki resiko serangan jantung yang lebih rendah. Berolahragalah secara teratur dengan jalan santai, joging, renang, futsal dan olah raga yang lainnya yang terpenting adalah rutin dan teratur. Dengan berolahraga secara rutin dan teratur akan meningkatkan kinerja jantung dalam memompa darah, sehingga darah dapat mengalir keseluruh tubuh dengan lancar.

4. Hindari stres atau Emosi yang berlebihan
Setiap orang pasti memiliki amarah (emosi), emosi yang berlebihan tidak baik begitu juga dengan stres, stress yang berlebihan juga tidak baik. Sebaiknya kita harus pandai-pandai untuk menjaga perasaan dan pikiran sehingga stres dan emosi dapat dikendalikan. ketika emosi dan stress berlebihan akan mengakibatkan penyempitan arteri sehingga aliran darah kejantung tidak normal. jika keadaan seperti ini berlangsung lama dan terus menerus akan memicu timbulnya penyakit jantung.

Itulah gejala awal dan penyebab penyakit jantung, sayangi jantung anda maka anda menyayangi orang disekitar anda...