6 Hal Yang Dapat Mencegah Kanker Prostat

Kanker prostat adalah penyakit yang hanya diderita oleh seorang lelaki, maka dari itu seorang lelaki harus mengetahui beberapa hal berikut ini agar kanker prostat dapat dicegah. Agar sedikit paham tentang prostat, apa itu prostat? Ya, kelenjar prostat hanya dimiliki laki-laki. Kelenjar prostat terletak dibawah kandung kemih dan didepan rectum. Prostat mengandung sel-sel yang membuat cairan sperma (air mani) yang melindungi dan memelihara sperma.  Berikut adalah beberapa hal yang dapat mencegah kanker prostat :

1.   Minum kopi
Kopi tanpa kafein atau kopi yang sedikit mengandung kafein atau kopi biasa itu semua baik untuk kesehatan terutama untuk mencegah kanker prostat tentunya tidak berlebihan untuk meminumnya. Berdasarkan peneliti Harvard seorang lelaki yang minum kopi resiko kanker prostat lebih rendah disbanding  dengan yang tidak minum kopi. Semoga dengan minum kopi secara teratur dapt mencegah kanker prostat.



2. Rutin melakukan seks
Rutin bukan berarti terlalu sering, lakukan penjadwalan berdasarkan kondisi anda dan istri anda. Ingat lakukan seks dengan pasangan sah anda. Berdasarkan studi dalam Journal of American Medical Association,seorang lelaki yang rutin melakukan hubungan  intim dengan pasangan sahnya memiliki kemungkinan kecil untuk terjangkit kanker prostat.

3.  Lycopene
Makan-makanlah yang mengandung lycopenen, lycopene terdapat dalam sayuran yang mengandung pigmen merah seperti tomat. Dengan memakan tomat dapat mengurangi resiko kanker prostat dibanding dengan yang tidak suka makan tomat.

4. Olahraga
Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Orang yang melakukan olahraga secara rutin seperti bermain tenis, sepeda, renang maupun lari dan olahraga yang lainnya dapat mengurangi resiko dari kanker prostat. Jadi luangkan waktu anda untuk berolahraga sehingga tubuhpun sehat dan semangat dalam menghadapi rutinitas sehari-hari.

5. Makanlah Ikan.
Dalam studi pada laboratorium hewan, asam lemak, omega-3 DHA dan EPA dalam minyak ikan menghambat tumor dan peneliti Harvard menemukan bahwa pria yang makan ikan tiga kali seminggu mengurangi risiko kanker prostat agresif hingga 25 persen.

6. Sayuaran hijau

Makan  sayuran hijau selain dapat mencegah kanker prostat juga dapat menyehatkan tubuh karena dalam kandungan sayuran hijau ada zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti mineral dan vitamin. Dalam sebuah penelitian di Inggris, para ilmuwan menemukan manfaat melawan penyakit dari mengkonsumsi hanya 4 porsi sayuran seminggu. Kemungkinan bahwa senyawa yang ditemukan dalam brokoli yang disebut isothiocyanates, dapat mengaktifkan gen yang mengganggu proses kimia yang dapat menyebabkan kanker dan peradangan

Itulah 6 hal yang dapat mencegah kanker prostat, KESEHATAN memang sangat berharga buat kehidupan kita.