21 Tips Penting Agar Jantung Selalu Sehat

Munculnya problem yang sangat serius yaitu penyakit jantung dan stroke, terjadi alasannya yaitu kebiasaan atau rujukan hidup yang kurang sehat.

Beberapa hal umum pemicu penyakit jantung yaitu merokok, minum-minuman beralkohol, tidak pernah berolahraga hingga mengeluarkan keringat (dalam seminggu atau bahkan lebih), mengonsumsi makanan yang kandungannya membahayakan kesehatan, dll.

Kesehatan Jantung
Sumber gambar: Pexels.com

Ada bayak faktor yang bisa mensugesti baiknya kesehatan jantung, pribadi saja berikut di bawah ini banyak sekali tips biar jantung bisa sehat kembali:

1. Jadilah Orang yang Rajin Untuk Menggerakan Fisik / Tubuh

Jennifer Mieres MD, dari American Heart Association (AHA) menjelaskan bahwa: “Agar bisa menerima manfaat bagi kesehatan jantung, Anda perlu untuk membuat detak jantung Anda naik”.

Nah, terdapat banyak sekali acara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjaga kondisi organ jantung biar tetap sehat. Dimana intinya Anda harus memiliki acara fisik yang cukup dalam setiap harinya.

Aktivitas fisik tidak melulu wacana melaksanakan olahraga, yang penting Anda bisa membuat tubuh untuk sering-sering bergerak, baik itu dikala di rumah, di kawasan kerja, di taman, di jalan maupun lainnya.

Adapun kalau berbicara wacana jenis olahraga yang perlu dilakukan untuk menyehatkan jantung, maka pastikan segala olahraga yang Anda lakukan menyenangkan, sehingga hal ini membuat Anda bisa melaksanakan olahraga secara rutin.

Untuk beberapa saran jenis olahraga, Anda bisa melaksanakan latihan aerobik selama 20-30 menit dalam sehari, tidak perlu terlalu lama alasannya yaitu yang penting rutin olahraganya.

Melakukan aerobik sangat indah untuk meningkatkan denyut jantung Anda. Anda bisa melaksanakan oahraga dengan cara jala cepat, memanjat tangga, treadmill, atau yang lainnya (yang bisa meningkatkan detak jantung Anda).

Anda bisa melaksanakan permainan sehat. Atau yang menyenangkan yaitu Anda bisa membuat program tertentu, dimana satu keluarga (termasuk anak-anak) membuat program olahraga kecil.

Seperti melaksanakan acara bersepeda, permainan badminton atau olahraga lainnya. Anda bisa memvariasikannya dengan latihan intensitas sedang menyerupai jogging dan berenang. Hal ini akan sangat menyenangkan nantinya, sehingga membuat jantung menjadi semakin sejat

Olahraga Bersepeda
Olahraga Bersepeda | Sumber gambar: Freegreatpicture.com

Ingat, Anda tidak perlu melaksanakan olahraga yang mahal atau yang menyulitkan. Olahraga yaitu sebuah acara yang sederhana, yang penting modalnya yaitu rajin dan tekad yang kuat.

Tanpa mengeluarkan uang, Anda tetap bisa melaksanakan olahraga. Jika kondisi memang tidak memungkinkan, Anda tidak perlu memaksakan diri ke gym.

Apabila Anda sangat sibuk sehingga ‘tidak punya waktu’, maka Anda bisa berolahraga singkat selama 5-10 menit, yang penting tubuh Anda bergerak.

Anda bisa melaksanakan peregangan selama 2 menit, lalu larilah dengan kecepatan sedang selama 5-10 menit, maka hal ini sudah sangat indah kalau dilakukan secara rutin, kalau bisa dalam sehari lakukan hal tersebut beberapa kali.

Luangkan waktu beberapa menit untuk melaksanakan peregangan (stretching). Meregangkan otot-otot secara perlahan yaitu hal yang indah untuk sering-sering dilakukan.

Ketika Anda telah duduk selama 30 menit atau 1 jam, maka berdirilah selama 2-3 menit saja untuk melaksanakan peregangan tubuh.

Lakukan juga peran sedehana di rumah menyerupai menyapu, mencuci baju, mencuci piring, memotong rumput, atau lainnya, ini akan membuat tubuh Anda bergerak. Lakukan banyak sekali acara fisik yang disebutkan diatas secara kontinyu, maka manfaatnya sangat indah untuk organ jantung.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, menemukan bahwa dengan kebiasaan jalan ringan selama 2,5 jam saja dalam seminggu, maka bisa menurunkan risiko penyakit stroke dan serangan jantung sebesar 34%.

Sebagai catatan, berjalan ringan selama 2,5 jam dalam seminggu, itu artinya 22 menit dalam sehari.

Pastikan Anda harus melaksanakan acara fisik yang bisa mengeluarkan keringat dalam setiap harinya, hal ini sangat penting dan baik bagi jantung Anda.


2. Berjemurlah di Bawah Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari (terutama yang sangat sehat yaitu dikala pagi hari) memiliki kandungan vitamin D, ini menunjukkan manfaat besar bagi tubuh, salah satunya membantu mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

Banyak orang takut terkena paparan sinar matahari. Sebenarnya kalau tubuh terkena sinar matahari pagi selama beberapa saat, maka hal ini sangat indah alasannya yaitu menunjukkan manfaat kesehatan.

Hanya saja, tidak boleh terlalu lama terkena paparan sinar matahari langsung, apalagi kalau matahari di tengah siang bolong yang sedang terik-teriknya.

Dilansir dari laman Lifestyle.kompas.com, tubuh yang terkena sinar matahari pagi ternyata dapat bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa sinar matahari bisa meningkatkan pelepasan serotonin di otak. Hormon ini berfungsi dalam menjaga kestabilan suasana hati (mood).

Pada ekspresi dominan dingin, banyak orang yang mengalami peningkatan resiko depresi. Menurut penelitian hal itu terjadi alasannya yaitu kurangnya tubuh mendapat sinar matahari. Ke luar rumah dan terkena paparan sinar matahari bermanfaat untuk menurunkan stres dan meningkatkan mood.

Jantung yang sehat ini dapat Anda peroleh dengan menjemur tubuh beberapa dikala di bawah sinar matahari pagi. Fungsinya untuk membantu produksi vitamin D di dalam tubuh.

Keberadaan vitamin D ini sangat penting, alasannya yaitu kalau tubuh kekurangan vitamin D berakibat pada resiko penyakit kardiovaskular.

Paparan sinar matahari ini juga berfungsi untuk melancarkan sinar matahari pagi, serta membantu sel-sel dalam tubuh dalam menjaga organ jantung.

Paparan sinar matahari juga untuk membantu menjaga kekuatan tulang dan otot. Produksi vitamin D yang dibantu paparan sinar matahari bermanfaat besar dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan otot.

Banyaknya manfaat sinar matahari pagi, menjadi penyebab banyak orang untuk melaksanakan olahraga sekaligus “berjemur” dikala pagi hari.

3. Buang Kebiasaan Buruk Merokok

Dilarang Merokok
Dilarang Merokok | Sumber gambar: Pixabay.com

Rokok mengandung ratusan bahkan ribuan zat kimia berbahaya, yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan organ jantung. Merokok akan menghabiskan uang Anda, membuat gigi dan kuku menjadi kuning, serta membuat pakaian beraroma tidak enak.

Merokok meningkatkan resiko terkena serangan jantung secara signifikan. Demikian juga penyakit jantung koroner yang merupakan episode dari penyakit kardiovaskular.

Bahkan, merokok diperkirakan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga 4 kali lipat dibandingkan orang yang tidak merokok (dan tidak terpapar asap rokok).

Merokok telah terbukti menimbulkan kerusakan pada hampir semua episode organ tubuh, termasuk jantung. Merokok bisa merusak lapisan arteri, memicu penumpukan lemak dan plak, yang menghambat anutan darah di sepanjang arteri.

Ketika arteri yang fungsinya memasok darah ke jantung mengalami penyempitan, mengakbiatkan pasokan darah dan oksigen yang menuju jantung mengalami hambatan. Hal ini memicu penyakit jantung koroner.

Dengan begitu untuk kesehatan jantung Anda, maka jangan merokok, demikian juga jangan duduk bersama orang-orang yang merokok biar Anda tidak terkena paparan asap rokok.

Perokok pasif juga mengalami resiko yang sama menyerupai perokok aktif, yaitu penyakit jantung dan banyak sekali penyakit serius lainnya.

4. Miliki Tidur Malam yang Nyenyak dan Berkualitas

Anak Tidur
Anak Tidur | Sumber gambar: Pixabay.com

Kurang tidur di malam hari bisa menyebabkan kerusakan jantung. Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur menyebabkan seseorang memiliki risiko hingga dua kali lipat untuk terkena serangan jantung.

Tidur berkualitas selama 6-8 jam dalam sehari dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Selain itu, dengan tidur malam yang nyenyak dan berkualitas maka tubuh akan merasa segar dan fit pada esok harinya.

Penting untuk memiliki tidur yang berkualitas, ketika tidur maka akan terjadi pelepasan hormon melatonin, fungsi dari hormon ini sangat banyak, yaitu:
  • Menjaga keteraturan sistem metabolisme tubuh. 
  • Menjaga kesehatan dan fungsi sel tubuh.
  • Membantu memperlancar anutan darah.
  • Memperlancar anutan darah ke otak.
  • Membantu menurunkan kadar kolestrol jahat.
  • Meningkatkan kesehatan tubuh secara umum.

Para peneliti dari Dutch National Institute untuk Public Health and Environment, menjelaskan bahwa dengan tidur malam yang cukup berguna untuk meningkatkan manfaat kesehatan yang diperoleh dari acara olahraga.

Dengan begitu, Anda bisa memperoleh manfaat dari acara olahraga secara optimal kalau Anda memiliki tidur malam yang cukup, nyenyak, dan berkualitas.

Ingat, banyak peneliti yang menyebutkan bahwa rendahnya kualitas tidur menyebabkan problem serius menyerupai obesitas, tekanan darah tinggi, dan faktor lain yang berkaitan dengan risiko penyakit kardiovaskular.

Nah, sekarang bagaimana cara memiliki tidur malam yang berkualitas? Caranya yaitu hindari menggunakan gadget, laptop dan semacamnya 30 menit sebelum tidur, matikan lampu dikala tidur, malam malam dilakukan 2 jam sebelum tidur, pastikan kamar tidur bersih, dan jangan banyak pikiran ketika tidur (kondisikan pikiran dan tubuh biar rileks).

loading...

5. Konsumsi Cokelat Hitam

Cokelat hitam memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Cokelat dibuat dari biji pohon kokoa, di dalamnya terkandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi.

Banyak penelitian telah menemukan akan manfaat cokelat hitam yang dapat menjaga kesehatan jantung (tapi bukan cokelat manis yang umum dijual).

Ingat yang menunjukkan manfaat untuk kesehatan jantung yaitu cokelat hitam, bukan produk cokelat yang di dalamnya telah dicampur kandungan gula, mentega, atau susu.

Belilah produk cokelat yang mengandung setidaknya 70 persen kakao. Konsumsi cokelat hitam yang merupakan sumber antioksidan, yang mencakup polifenol, flavanol, serta katekin.

Senyawa dalam cokelat hitam ini dapat bermanfaat untuk mencegah oksidasi kolesterol LDL, sehingga meminimalisir kolesterol yang mengendap di arteri, hal inilah yang menjadikan konsumsi cokelat hitam bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Pada sebuah studi yang melibatkan 470 lansia. Hasil studi menemukan bahwa manfaat kokoa bisa menurunkan risiko janjkematian akhir penyakit jantung sebesar 50 persen, dalam periode 15 tahun studi yang dilakukan ini.

Studi lainnya menemukan bahwa makan cokelat hitam (asli) 2 kali dalam seminggu, dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penumpukan plak di arteri sebesar 32 persen.

Selain itu, banyak penelitian dan uji coba yang berhasil menemukan wacana manfaat konsumsi cokelat hitam untuk melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah, walaupun efeknya tidak begitu signifikan. Cokelat hitam juga berguna untuk menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatan HDL.

Dark chocolate (cokelat hitam) yang mengandung flavonoid dan magnesium yang menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Juga banyak sekali senyawa antioksidan berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas yang merusak dinding arteri.

Terdapat banyak penelitian yang membuktikan akan manfaat cokelat hitam ini. Namun, bukan berarti Anda bisa sebanyak-banyaknya makan cokelat setiap hari. Konsumsi cokelat juga harus dibatasi.

6. Hindari Stres dan Terlalu Banyak Pikiran

Menurut Centers for Disease Control, penyebab utama janjkematian orang-orang di Amerika Serikat yaitu alasannya yaitu penyakit jantung. Sementara itu, kondisi stress atau depresi semakin umum terjadi pada penduduk remaja di Amerika.

Stres dan penyakit jantung tampak tidak berkaitan, namun faktanya kedua jenis penyakit tersebut saling terkait. Dimana kekerabatan antara kedua penyakit ini cukup kompleks.

Dimana pada banyak penelitian yang telah dilakukan pada ahli, terutama dalam dua dekade terakhir, menemukan sebuah permasalahan yang serius.

Dimana orang-orang yang menderita penyakit jantung akan lebih rentan untuk mengalami stress.

Dibalik itu, orang yang mengalami stres akan memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang dalam kondisi kejiwaan yang baik (tidak stres). Hubungan antara keduanya benar-bena kompleks.

Kondisi stress ataupun depresi ini perlu segera diatasi, alasannya yaitu bisa mensugesti emosi dan pikiran seseorang. Kondisi stres bisa membuat energi tubuh untuk beraktivitas menurun, mudah marah, hingga hilangnya nafsu makan.

Kodisi stress bisa menunjukkan pengaruh pada irama jantung, menyebabkan tekanan darah meningkat, dan memicu gumpalan darah. Hal-hal menyerupai ini yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung pada seseorang.

Untuk menghindari stres, maka kondisikan tubuh dan jiwa benar-benar untuk selalu rileks, hindari terlalu banyak pikiran, dan jangan memikirkan hal yang tidak-tidak.

Anda bisa membeli produk aromaterapi untuk meminimalisir rasa stres dan menunjukkan kenyamanan pada tubuh dan pikiran.

Dimana aroma memiliki efek yang bisa mensugesti emosi manusia, alasannya yaitu indra penciuman insan berafiliasi dengan sistem limbik yang merupakan pusat kendali emosional dalam otak manusia. Aromaterapi bisa bermanfaat untuk memperbaiki kondisi emosi seseorang.

7. Konsumsi Makanan Laut yang Sehat

Konsumsi makanan yang berasal dari laut bisa bermanfaat besr untuk kesehatan jantung alasannya yaitu kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya.

Kandungan omega-3 bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar LDL, menurunkan risiko aritmia jantung, mencegah hipertensi, dan mencegah penggumpalan darah.

Seafood (makanan laut) ini makanan yang sehat sekaligus lezat. Beberapa jenis seafood juga yang kaya akan kandungan kalsium, zinc dan lainnya.

Ikan salmon mengandung lemak baik, vitamin A dan D. Manfaatnya untuk kesehatan jantung, menajga fungsi sistem saraf, tidak jarang iklan salmon disebut sebagai makanan untuk memori otak

Ikan sarden bermanfaat untuk kesehatan jantung. The American Heart Association menyebutkan ikan sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang menjaga jantung tetap sehat, serta bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Tiram tinggi kandungan protein, seng, omega-3 dan juga rendah kolesterol. Selain itu, tiram mengandung banyak asam amino tirosin yang berfungsi meningkatkan suasana hati dan mencegah stres.

Makanan lainnya yang sehat untuk jantung yaitu udang, lobster, dan cumi-cumi. Hanya saja, tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah banyak (berlebihan).

8. Jaga Kesehatan Gigi

Gigi Putih
Gigi Putih | Sumber gambar: Wikimedia.org

Pada sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Sidney Dental Hospital tahun 2006, menemukan bahwa basil bisa memasuki pembuluh darah dari gusi yang tidak sehat. Yang nantinya bisa menimbulkan problem peradangan yang merusak lapisan arteri.

Oleh alasannya yaitu itu, untuk memiliki jantung yang sehat, maka Anda juga harus memiliki gigi yang sehat. Sikatlah gigi setidaknya dua kali dalam sehari, yaitu setelah berdiri tidur dan ketika ingin tidur.

9. Selalu Utamakan Makanan Sehat

Pentingnya untuk memastikan bahwa setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh yaitu makanan yang sehat, yaitu biar jantung bisa tetap terjaga kesehatannya.

Jangan sembarangan dalam mengonsumsi makanan, Anda harus memilih makanan dengan baik. Pastikan makanan yang Anda pilih untuk dikonsumsi merupakan makanan yang rendah kolesterol, rendah lemak jahat, rendah garam dan rendah gula. Sehingga dengan begitu, jantung bisa terjaga kesehatannya.

Untuk beberapa jenis makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi yaitu sayur-sayuran, buah, biji-bijian dan susu rendah lemak.


10. Periksa Kesehatan Secara Teratur

Anda perlu mengunjungi dokter untuk mengecek tekanan darah dan kadar kolesterol. Ini menjadi hal penting sehingga mencegah hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Terutama pengecekan tekanan darah dan kadar kolesterol perlu dilakukan ketika muncul gejala-gejala yang tidak baik, menyerupai mudah pusing, mudah marah, sering mual, tubuh mudah mengalami kesemutan, kehilangan keseimbangan, otot kaki lemah, nyeri dada, dan sulit bernafas.

Itu merupakan gejala-gejala dari kondisi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, anda perlu mewaspadainya alasannya yaitu bisa mengarah para penyakit jantung.

11. Makanlah Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran

Sayuran dan Buah Sehat
Sayuran dan Buah Sehat | Sumber gambar: Wikimedia.org

Di dalam sayur-sayuran dan buah-buahan terkandung banyak sekali vitamin dan mineral yang diharapkan sekali oleh jantung.

Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat untuk jantung, menyerupai bayam, bawang, brokoli, paprika, buah alpukat, buah naga, dan buah berry (seperti blueberry, stroberi, raspberry dan blackberry).

Untuk buah alpukat, maka konsumsinya harus dibatasi (jangan berlebihan).

12. Jangan Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Anda harus berusaha untuk meninggalkan dan menjauhi yang namanya minuman beralkohol. Ini yaitu jenis minuman yang berbahaya, alasannya yaitu bisa menyebabkan kerusakan pada otot jantung Anda.

Secara umum kandungan di dalam minuman beralkohol, akan menurunkan kesehatan tubuh, yang bisa membahayakan fungsi dan kesehatan semua episode organ tubuh.

13. Lebih Baik Membuat Makanan Sendiri di Rumah

Jangan mengutamakan makan di luar rumah atau membeli makanan siap saji. Hendaknya jenis makanan yang Anda konsumsi yaitu makanan yang Anda masak di rumah Anda sendiri.

Dengan memasak makanan sendiri, maka Anda bisa sepenuhnya mengontrol apa yang masuk ke dalam hidangan Anda, hal ini sangat penting untuk memastikan makanan yang anda konsumsi yaitu makanan yang menyehatkan tubuh.

14. Konsumsi Kacang-kacangan Sehat

Jika Anda suka mengonsumsi cemilan, maka pilihlah kacang-kacangan yang alami dan menyehatkan. Anda bisa mengonsumsi kacang almond, walnut, dan kacang-kacangan yang sehat lainnya, yang manfaatnya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Hanya saja jangan berlebihan dalam mengonsumsi kacang, hal itu alasannya yaitu di dalam kacang-kacangan terdapat kalori yang tinggi. Anda perlu membatasi konsumsi kacang-kacangan.

15. Minumlah Teh Hijau Tanpa Gula

Nah, kalau Anda selama ini sangat suka minum minuman bersoda, maka gantilah dengan yang jauh lebih sehat. Seduhlah sendiri teh hijau tapi tanpa gula, alasannya yaitu ini sangat menyehatkan.

Teh hijau tersebut memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, peran senyawa antioksidan ini membantu mencegah kerusakan pada pembuluh darah.

Minum dua cangkir teh hijau tanpa gula dalam sehari telah terbukti menunjukkan manfaat bagi kesehatan jantung.

16. Turunkan Berat Badan

Turunkan Berat Badan
Turunkan Berat Badan | Sumber gambar: Wikimedia.org

Kondisi berat tubuh yang berlebihan bisa menimbulkan jantung melemah, serta jantung rentan mengalami problem akhir banyaknya lemak pada tubuh.

Pada sebuah penelitian pertanda bahwa dengan menurunkan berat tubuh 10 hingga 20 pon, ternyata sudah bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko janjkematian akhir serangan jantung. Usahakan biar Anda memiliki berat tubuh yang ideal.

17. Minum Air Putih

Pastikan Anda setiap hari minum air putih yang cukup, utamakan untuk memilih air putih dibandingkan dengan jenis minuman lainnya. Jangan terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda alasannya yaitu kurang sehat.

Dengan minum air ptuih, manfaatnya sangat banyak, menyerupai menjaga kesehatan jantung, menjaga kestabilan suhu tubuh, menyehatkan kulit tubuh, mencegah dehidrasi, meningkatkan konsentrasi, dan puluhan manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari minum air putih.

18. Pastikan Anda Memiliki Waktu Bersantai

Jika Anda sudah sangat lelah dan jenuh akhir pekerjaan dan rutinitas sehari-hari, maka Anda harus mengambil waktu istirahat.

Hal itu alasannya yaitu kalau terus memaksakan diri bekerja dalam kondisi yang kurang baik, maka dapat menimbulkan problem stres. Kondisi stres bisa meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah, yang kesudahannya memicu problem bagi organ jantung.

Dengan begitu, jangan memasakan diri untuk terus-terusan bekerja kalau kondisi memang tidak memungkinkan.

19. Kurangi Konsumsi Garam

Jika Anda berlebihan dalam mengonsumsi garam, maka bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Penting untuk sebisa mungkin menghindari makanan olahan, dan banyak sekali jenis makanan yang tinggi akan kandungan garam.

Batasi konsumsi makanan yang asin-asin. Demikian juga hati-hati terhadap makanan yang tinggi gula dan tinggi lemak, jangan hingga mengonsumsinya secara berlebihan.

20. Buang Rasa Dendam di dalam Hati

Jika di dalam hati diisi dengan hal-hal yang membuat emosi atau marah, maka ini tidak baik bagi diri Anda sendiri sebenarnya, terutama organ jantung.

Menyimpan rasa dendam dan rasa sakit hati justru hanya merugikan diri sendiri. Oleh alasannya yaitu itu, tidak ada gunanya menyimpan “sesuatu” yang tidak baik di dalam hati. Hendaknya Anda mengikhlaskan segala hal yang telah terjadi, sehingga hidup bisa lebih nyaman, bahagia, dan sehat.

21. Tersenyumlah

Anak Tersenyum
Anak Tersenyum | Sumber gambar: Pixabay.com

Senyum ternyata menjadi cara termudah dan termurah untuk meningkatkan kesehatan, memperbaiki susana hati, dan menambah kebahagiaan di dalam jiwa.

Tersenyum akan merilekskan tubuh, yang hal ini baik untuk kesehatan jantung. Tersenyum akan menghindari diri Anda dari problem stres.

Tersenyum akan memicu pelepasan hormon endorfin yang bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati. Dengan kondisi jiwa yang sehat, maka jantung pun bisa ikut sehat.

Tidak ada ruginya untuk tersenyum, bahkan manfaatnya sangat besar, yang membuat Anda bisa lebih baik. Oleh alasannya yaitu itu, mulai sekarang hindari yang namanya cemberut.