Senangnya memiliki mata yang sehat

          Dunia Nampak indah nan banyak warna karena kita memiliki mata yang digunakan untuk melihat yang ada disekitar kita. Dengan mata-lah kita bisa melihat banyak keindahan yang ada disekitar kita. Untuk menunjukan rasa syukur kita terhadap Yang maha kuasa maka perlu untuk merawat mata sehingga memiliki mata yang sehat.
        Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual. Mata manusia memiliki cara kerja otomatis yang sempurna, mata dibentuk dengan 40 unsur utama yang berbeda dan ke semua bagian ini memiliki fungsi penting dalam proses melihat kerusakan atau ketiadaan salah satu fungsi bagiannya saja akan menjadikan mata mustahil dapat melihat. Lapisan tembus cahaya di bagian depan mata adalah kornea, tepat di belakangnya terdapat pupil, fungsi dari pupil sendiri adalah untuk mengatur insensitas cahaya yang masuk ke mata. Selain pupil ada juga bagian mata yang disebut selaput pelangi, fungsinya adalah memberi warna pada mata, selaput pelangi juga dapat mengubah ukuran pupil secara otomatis sesuai kekuatan cahaya yang masuk, dengan bantuan otot yang melekat padanya
http://nurudinsya.blogspot.com/2015/01/senangnya-memiliki-mata-yang-sehat.html
        Banyak sekali penyakit mata yang mungkin tidak asing di telinga kita seperti miopi atau rabun jauh, presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh maupun dekat, katarak, hipermetropi atau rabun dekat, maupun buta warna yang tidak dapat membedakan aneka warna. Berbagai penyebab penyakit tersebut dapat menimpa mata anda. Supaya mata anda tetap sehat maka anda harus perhatikan beberapa hal dibawah ini:

  1. Alangkah baiknya apabila kita menonton tv, membaca, main game atau melakukan sesuatu yang fokusnya dengan menggunakan mata jangan dilakukan dengan tiduran. Karena ini juga dapat membuat kesehatan mata terganggu seperti dapat terkena miopi.
  2. Perlunya pencahayaan atau penerangan yang baik. Jangan menggunakan penerangan terlalu redup ketika belajar atau membaca apapun itu. karena penerangan yang kurang dapat menganggu kesehatan mata.
  3. Sesekali untuk mengistirahatkan mata, ketika sudah terlalu lama di depan layar komputer atau laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas apapun di komputer atau laptop atau saat menonton tv dengan berkedip atau mengalihkan pandangan.
  4. Usahakan tidak mengucek mata, Karena dengan mengucek mata akan menimbulkan gesekan pada kornea mata sehingga dapat mengalami luka atau iritasi. 
  5. Seperti dengan tubuh, mata juga membutuhkan makanan. memakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dalam hal ini, wortel merupakan jenis makanan yang paling baik untuk kesehatan mata, karena banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dan masih banyak lagi makanan selain wortel yang memiliki vitamin A.


        Semoga dengan memperhatikan hal-hal yang diatas, kita dapat menjaga kesehatan mata dengan baik. Mencegah lebih baik daripada mengobati, kalau bukan diri sendiri yang menjaga kesehatan mata siapa lagi…??Hidup akan lebih indah jika memiliki mata yang sehat