30 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dengan Ampuh

Tentunya kita tidak ingin terkena ketombe. Keberadaan ketombe pada rambut membuat tidak nyaman, bahkan membuat kita tidak percaya diri.

Oleh karena itu jikalau sedang terkena ketombe, maka kita sangat ingin semoga ketombe itu hilang. Keberadaan ketombe juga menyebabkan seseorang menjadi sering menggaruk-garuk kepala.

Ketombe terjadi karena kulit kepala yang kurang terjaga kebesihannya, kulit kepala yang terlalu kering, adanya peradangan pada kulit kepala, atau terjadinya penumpukan sel kulit mati di kulit kepala.

Rambut Ketombe
Rambut Ketombe | Sumber gambar: Cosmopolitan.com

Sel kulit mati yang menjadi penyebab ketombe umumnya berjumlah banyak. Munculnya potongan putih merupakan sel kulit mati yang rontok dari kulit kepala.

Berikut di bawah ini banyak sekali cara serta kiat-kiat untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala:

1. Manfaatkan Aloe vera (Lidah Buaya)

Aloe vera mempunyai segudang manfaat, ibarat membantu pertumubuhan rambut, sampai memiliki sifat anti-jamur yang dapat meredakan ketombe pada kulit kepala.

Kandungan di dalam aloe vera bekerja untuk mengangkat sel kulit kepala yang telah mati, disamping juga membunuh jamur yang dikhawatirkan mampu bersarang di kulit kepala.

Gel pengecap buaya yang nantinya Anda gunakan nantinya mempunyai sifat mendinginkan, hal ini bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya peradangan dan rasa gatal di kulit kepala.

Untuk pemanfaatan pengecap buaya ini, maka caranya pertama-tama petik atau ambil 1 tangkai pengecap buaya.

Setelah itu tinggal Anda potong, lalu keluarkan gel yang terdapat di dalam daging daun atau tangkai pengecap buaya.

Setelah gel pengecap buaya berhasil Anda dapatkan, maka oleskan gel secara merata pada semua adegan kulit kepala. Anda mampu mengoleskannya sembari melaksanakan pemijatan perlahan pada kulit kepala.

Setelah Anda selesai mengoleskan, maka biarkan dalam kondisi demikian selama 10-15 menit, setelah itu barulah membersihkan rambut. Anda setelah itu juga mampu keramas dengan sampo.

2. Keramas Rutin Setiap Dua Hari (Tapi Jangan Terlalu Sering)

Keramas Rambut
Anak Keramas Rambut | Sumber gambar: Cattedraleacquaviva.it

Keramas dengan sampo merupakan hal yang penting dilakukan semoga kondisi rambut mampu tetap bersih dari kotoran, minyak berlebih, dan juga sel kulit mati.

Akibat dari malas melaksanakan keramas, menimbulkan problem bagi rambut berupa penumpukan kotoran, sel kulit mati dan minyak pada kulit rambut. Yang dampaknya akan sangat buruk bagi rambut.

Dengan rutin melaksanakan shampo maka akan menjaga kebersihan dan kesehatan rambut, sehingga rambut mampu terhidar dari banyak sekali masalah.

Ingat, melaksanakan shampo hendaknya dilakukan setiap 2 hari sekali, jangan terlalu sering.

Apabila terlalu sering melaksanakan shampo maka akan menimbulkan kandungan minyak alami pada rambut menjadi berkurang, dampaknya rambut yang kekurangan minyak alami akan menjadi kering dan kusam. Keberadaan minyak alami pada rambut untuk menjaga kelembapan rambut dan membuat rambut mampu terlihat mengkilap.

Hal lainnya, pastikan Anda menggunakan shampo dengan materi yang aman, Anda juga mampu memilih yang herbal. Sehingga meminimalisir rambut dari problem terpapar zat-zat kimia.

Terlalu sering melaksanakan keramas, terutama dengan materi kimia yang keras (seperti lauryl sulfat) dapat menimbulkan kulit kepala iritasi dan kering, sehingga justru menyebabkan ketombe semakin bertambah parah.


3. Manfaatkan Sari lemon

Di dalam lemon terkandung tingkat keasaman yang cukup tinggi, hal ini mampu membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala, yang kegunaannya semoga menghambat tumbuhnya jamur di kulit kepala.

Seperti diketahui, tumbuhnya dan menumpuknya jamur di kulit kepala menjadi penyebab timbulnya problem ketombe.

Kandungan di dalam lemon bersifat anti-bakteri dan anti-jamur yang manfaatnya sangat penting untuk menghancurkan perkembangan jamur penyebab ketombe ini. Nah, cara penggunaan lemon untuk mengatasi ketombe yaitu:
  1. Pertama-tama siapkan 1 buah lemon.
  2. Lalu peras sarinya, tampung pada sebuah wadah (seperti mangkuk).
  3. Lalu Anda larutkan hasil perasan lemon tersebut ke dalam segelas air.
  4. Nah, setelah itu tinggal Anda basahi rambut dengan air campuran tersebut.
  5. Anda mampu melakukannya dengan menuangkannya ke kepala secara merata
  6. Setelah itu, biarkan kondisi tersebut selama 20 menit, dimana kandungan di dalam lemon akan bekerja. Mungkin akan muncul rasa sedikit gatal, ini yakni normal.
  7. Setelah itu, barulah bersihkan kepala dengan cara memmilas menggunakan air bersih. Anda mampu keramas dengan sampo setelahnya.

Untuk meningkatkan manfaat, Anda mampu menambahkan 2 sendok teh minyak kelapa pada sari lemon tersebut.

4. Usahakan Rambut Kepala Selama Beberapa Saat Terkena Sinar Matahari

Tujuan dari membiarkan kepala terpapar sinar matahari dan udara bebas sementara waktu, supaya menghambat perkembangan jamur di  kulit kepala.

Anda tidak perlu lama-lama “menjemur diri”, 10-15 menit saja sudah bagus. Tidak perlu berjam-jam berjemur, karena itu justru tidak sehat untuk rambut dan badan secara umum.

Secara umum, badan perlu untuk terkena sinar matahari dalam setiap harinya, namun juga jangan berlebihan atau terlalu lama terkena paparan sinar matahari langsung.

5. Gunakan Baking soda

Pemanfaatan baking soda ini sebagai scrubbing bagi kulit kepala, manfaat melakukannya untuk mengupas dan mengangkat sel-sel kulit kepala yang telah mati, sehingga mencegahnya menumpuk, hal ini akan meminimalisir terjadinya ketombe.

Kandungan di dalam baking soda juga bekerja untuk membantu membunuh jamur di kulit kepala, serta mencegah terjadinya gatal-gatal pada kulit kepala. Cara memanfaatkan baking soda ini yaitu:
  1. Sebelum memulai, basahi rambut menggunakan air bersih.
  2. Siapkan 1 sendok makan baking soda, lalu taruh di telapak tangan.
  3. Lalu gosok-gosokkan secara lembut ke semua adegan kulit kepala.
  4. Setelah itu biarkan sementara (beberapa menit).
  5. Lalu bersihkan rambut dengan cara membilasnya dengan air bersih, pastikan baking soda semuanya berhasil dibersihkan.

Penggunaan baking soda ini membantu kulit kepala dalam memproduksi minyak, yang bermanfaat untuk menjaga kelembutan rambut, serta membantu rambut semoga bebas dari ketombe. Hanya saja penggunaan baking soda pada rambut ini jangan sering-sering, karena mampu membuat rambut cenderung kering.

6. Ketahui Sampo Anti Ketombe yang Tepat

Jika dibandingkan, pada setiap sampo anti ketombe biasanya tidak memiliki kandungan yang sama, sehingga tampaknya mempunyai peranan yang berbeda-beda dalam mengatasi ketombe, yang bekerja dengan berdasarkan penyebabnya.

Misalnya penggunaan shampo yang mengandung Zinc pyrithione (kandungan antibakteri dan antijamur), penggunaan jenis shampo ini cocok bagi orang-orang yang terkena ketombe karena serangan jamur.

Pada jenis shampo lainnya, terdapat sampo yang mengandung materi Tar, yang penggunaannya dikhususkan bagi mereka yang mengalami psoriasis. Kandungan di dalam jenis shampo ini bekerja dengan cara memperlambat proses pengelupasan kulit kepala dan maut pada sel kulit.

Pada shampo yang di dalamnya terdapat kandungan Salicylic acid, penggunannya diperuntukan bagi mereka yang mengalami problem ‘scalp scrub’, namun penggunannya perlu bimbingan dari andal kesehatan rambut karena ini yakni jenis shampo yang berbeda dari biasanya.

Jika ketombe rambut disebabkan oleh Malessezia, disarankan untuk menggunakan sampo yang mengandung Selenium sulfide. Namun dalam penggunaannya ini perlu berkonsultasi dengan ahlinya, sehingga penggunaannya mampu tepat, hal tersebut karena jenis shampo ini mampu mengubah warna rambut sehingga perlu berhati-hati.

Apabila Anda telah menggunakan jenis-jenis sampo diatas tapi tidak membuahkan hasil, maka cobalah menggunakan sampo yang mengandung Ketoconazole, yang kandungan ini berfungsi sebagai anti jamur.

Dalam melaksanakan keramas, maka cobalah untuk sambil memijat kulit kepala. Ingat memijatnya bukan menggaruknya. Jika shampo telah merata pada semua adegan kulit kepala, maka diamkanlah selama beberapa menit semoga kandungan meresap sampai akar rambut, kemudian barulah membilas rambut sampai bersih.

Apabila penggunaan suatu jenis sampo menyebabkan gatal yang dirasakan semakin parah, maka Anda perlu menghentikan penggunaannya.

Atau muncul kemerahan ibarat ruam pada kulit kepala, bahkan muncul rasa ibarat terbakar, maka stop penggunaan jenis shampo tersebut.

Telitilah dalam pemilihan produk shampo, karena dampaknya mampu secara pribadi pada kesehatan dan penampilan rambut.

loading...

7. Hindari Menggunakan Hairspray Terlalu Sering

Penggunaannya mampu membuat rambut menjadi semakin kering. Selain itu pada hairspray, penggunaannya mampu membuat partikel-partikel mampu tertinggal pada rambut, yang kesudahannya mampu menyebabkan munculnya problem ketombe.

Jikapun Anda terpaksa untuk menggunakan hairspray, maka Anda perlu mencuci rambut setelah selesai memakainya, lakukan dengan segera (jangan ditunda-tunda).

8. Manfaatkan Cuka apel

Kandungan yang ada di dalam cuka apel diyakini mampu berguna untuk menghilangkan atau mengurangi ketombe pada rambut.

Dimana sifat asamnya berfungsi untuk menjaga kadar pH kulit kepala, supaya jamur penyebab ketombe tidak mampu berkembang di kulit kepala.

Kandungan cuka apel juga mampu berguna untuk membantu meredakan rasa gatal di kulit kepala, serta membantu pencegahan problem kering pada kulit kepala. Untuk pemanfaatannya, caranya:
  1. Pertama-tama siapkan botol semprotan yang kosong.
  2. Lalu Anda masukkan ¼ gelas (50ml) cuka apel ke dalam botol semprotan, lalu masukan lagi ¼ gelas air bersih. Campurkan keduanya.
  3. Setelah tercampur, kemudian Anda semprotkan ke semua adegan kulit kepala.
  4. Lalu bungkus rambut menggunkan handuk.
  5. Biarkan dalam kondisi tersebut selama 30 menit.
  6. Setelah itu barulah bilas rambut menggunakan air bersih.

Lakukan terapi ini 2 kali dalam seminggu sampai ketombe menghilang, jangan melaksanakan terapi ini terlalu sering, maksimal 2 kali dalam seminggu.

9. Manfaatkan Yoghurt

Untuk mengatasi ketombe, Anda mampu menggunakan yoghurt karena di dalamnya terkandung zat asam yang berfungsi untuk membunuh jamur penyebab ketombe.

Manfaat lainnya dari kandungan yang ada di dalam yoghurt yaitu mampu melembutkan rambut. Cara memanfaatkan yogurt ini, yaitu:
  1. Pertama-tama siapkan 2 sendok makan yoghurt plain (tanpa rasa).
  2. Anda biarkan yogurt tersebut dalam kondisi terbuka pada suhu ruangan selama 1 hari, semoga yogurt mengalami fermentasi yang optimal.
  3. Setelah itu, aplikasikan yoghurt tersebut ke semua adegan kulit kepala dan rambut, oleskan secara merata. 
  4. Setelah selesai mengoleskan, maka biarkan saja selama 30 menit sampai 1 jam.
  5. Setelah itu, barulah bilas rambut menggunakan air bersih, Anda juga mampu setelahnya menggunakan shampo ibarat biasa.

Lakukan terapi ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, jangan terlalu sering.

10. Menyisir Rambut dengan Sisir Yang Baik

Sisir Rambut
Sisir Rambut | Sumber gambar: Wikimedia.org

Sisir yang baik untuk digunakan merupakan sisir yang nyaman, tidak terlalu keras, sampai tidak melukai kulit kepala, yang kesudahannya berpotensi mengelupas dan membentuk ketombe.

Penggunaan sisir rambut secara sembarangan dan tanpa perhatian yang cukup padanya, dampaknya akan menimbulkan terjadinya penularan jamur yang kesudahannya mampu memunculkan ketombe.

Selain rajin membersihkan sisir secara terjadwal semoga sisir selalu bersih, hindari meminjami sisir milik Anda sendiri kepada orang lain, demikian juga Anda hendaknya menggunakan sisir milik sendiri sehingga lebih terjaga kebersihannya.

11. Hindari Penggunaan Shampo Sembarangan, Gunakan Sesuai Jenis Rambut Anda

Memilih sampo jangan sembarangan, apalagi jikalau rambut dan kulit kepala Anda tergolong sensitif. Terutama lagi untuk mencegah atau mengatasi ketombe pada rambut, maka benar-benar perlu selektif dalam memilih shampo.

Begitu banyaknya iklan produk shampoo dengan memperlihatkan banyak sekali manfaat atau kehebatannya, ibarat shampoo anti rambut rontok, anti ketombe, khusus rambut berminyak, untuk rambut hitam berkilau, dll.

Tentunya tidak semua jenis shampoo cocok bagi seseorang. Kesalahan dalam penggunaan shampoo akan berdampak buruk bagi kulit kepala.

Bagi Anda yang memiliki rambut normal, dengan kondisinya yang cederung tipis, maka pilih sampo yang berlabel volumizing. Jenis sampo ini membantu semoga rambut mampu tumbuh lebih tebal.

Untuk Anda yang memiliki rambut normal, dengan kondisi keriting maupun bergelombang maka gunakan sampo yang berlabel hydrating atau moisturizing.

Bagi yang mengalami problem rambut mudah patah, dan suka terkena materi kimia produk, maka jenis shampo yang cocok yaitu yang berlabel strengthening dan fortifying. Kedua jenis shampo ini memiliki kandungan protein lebih banyak yang bermanfaat memperbaiki kondisi kesehatan rambut.

Bagi yang memiliki rambut lurus, jenis shampo yang cocok digunakan yaitu dengan label smoothing dan straight hair.

Untuk pemilik rambut kering, maka hindari sampo yang berlabel strengthening (menguatkan), fortifying, dan volumizing (mengembangkan). Penggunaan jenis-jenis shampo tersebut justru akan semakin menurunkan tingkat kelembaban kulit kepala.

Hindari juga prudok shampo yang terdapat kandungan sulfat karena mampu menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi semakin kering.

Bagi Anda yang memiliki jenis rambut kering maka disarankan memilih sampo yang bersifat moisturizing, hydrating, dan smoothing. 


12. Gunakan Minyak zaitun

Minyak zaitun yang sudah umum diketahui dan populer, mampu Anda manfaatkan untuk menghilangkan ketombe di rambut, selain itu juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kekeringan pada kulit kepala.

Kandungan vitamin E yang cukup banyak di dalam minyak zaitun berguna untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Cara mengaplikasikan minyak zaitun pada rambut yaitu:
  1. Siapkan satu sendok makan minyak zaitun.
  2. Lalu Anda gosok pada kedua telapak tangan Anda.
  3. Lalu aplikasikan minyal zaitun yang ada di telapak tangan sembari memijat pada kulit kepala.
  4. Lakukan secara perlahan sampai merata dan mengenai pada semua adegan kulit kepala.
  5. Setelah selesai mengaplikasikannya, maka bungkus kepala dan juga rambut menggunakan handuk hangat.
  6. Biarkan dalam kondisi demikian selama 20-30 menit.
  7. Setelah itu barulah membersihkan rambut dengan cara membilas menggunakan air bersih. Anda juga mampu setelahnya melaksanakan keramas memakai shampo ibarat biasa.

13. Batasi Penggunaan Pengering Rambut (Hair Dryer)

Hair Dryer
Hair Dryer | Sumber gambar: Flickr.com

Hal itu karena hair dryer mampu menimbulkan panas sehingga menimbulkan rambut dan kulit kepala menjadi kekeringan. Jika kondisi ini sering terjadi, maka akan menyebabkan kulit kepala menjadi rentan mengalami pengelupasan dan kesudahannya akan membentuk ketombe.

Jikapun memang terpaksa untuk memakai hair dryer, maka setting tingkat panasnya ke tahap yang rendah, hindari penggunaan dengan tingkat suhu yang sangat panas karena akan berdampak buruk bagi rambut.

14. Gunakan Ekstrak Minyak Lavender

Manfaat ekstrak minyak lavender ini mampu membantu untuk menjaga kelembaban kulit kepala dan juga menghilangkan ketombe. Manfaat lainnya dari kandungan yang ada di dalam minyak lavender ini yaitu mampu menghilangkan atau mengurangi gatal yang disebabkan ketombe.

Untuk penggunaannya maka pertama-tama siapkan satu sendok makan minyak lavender, lalu letakan pada telapak tangan Anda, dan usap-usap kedua telapak tangan sampai minyak lavender menyebar merata.

Setelah itu, aplikasikan itu pada kulit kepala dan rambut sembari memijat kulit kepala, lakukan sampai minyak lavender terkena merata pada rambut dan kulit kepala.

Setelah selesai mengaplikasikan, maka biarkan dalam kondisi demikian selama 15 menit. Setelah itu barulah membersihkan rambut dengan air bersih, Anda juga mampu keramas setelahnya.

15. Penting Untuk Memenuhi Asupan Nutrisi

Salah satu hal yang menjadi penyebab munculnya ketombe yakni karena kurangnya asupan nutrisi tubuh, hal ini berakibat buruk juga pada rambut. Anda harus mengonsumsi asupan yang baik bagi badan dan juga rambut.

Ikan salmon kaya akan protein, omega-3 dan vitamin D, yang manfaatnya untuk kesehatan rambut, menjaga kekuatan rambut, menjaga kulit kepala dan rambut mampu terhidrasi dengan baik.

Selain ikan salmon, Anda disarankan mengonsumsi ikan sarden, ikan makarel, alpukat, biji labu, dan kenari. Jenis makanan ini terdapat manfaat asam lemak omega 3.

Minum teh hijau yang di dalamnya mengandung polifenol bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Selain dikonsumsi, Anda juga mampu mengaplikasikan teh hijau secara pribadi pada rambut, yang akan membantu untuk menghilangkan ketombe.

Manfaat wortel tidak hanya untuk mempertajam mata Anda, namun juga untuk menjaga kesehatan rambut karena kandungan vitamin A-nya. Fungsi vitamin A  ini membantu dalam pembentukan minyak sebum di kulit kepala. Kegunaan sebum ini untuk menjaga kelembaban kulit kepala dan rambut.

Anda juga disarankan mengonsumsi sayuran berdaun hijau gelap ibarat bayam, brokoli dan selada. Umumnya sayuran berdaun hijau gelap memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Manfaat kedua vitamin itu juga untuk membantu dalam pembentukan sebum, untuk melembabkan kulit kepala.

Anda juga disarankan mengonsumsi makanan ibarat tiram, paprika dan blueberry. Secara umum konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi, karena manfaatnya akan berdampak positif bagi rambut dan badan secara umum.

16. Pastikan Anda Memahami Penyebab Ketombe 

Ini sangat penting, umumnya penyebab ketombe dikaitkan dengan meningkatnya Malassezia di kulit kepala. Malassezia ini yakni jamur ibarat ragi yang tumbuh di area berminyak pada kulit kepala.

Yang dikahwatirkan iritan yang dihasilkan oleh malassezia mampu menembus penghalang kulit kepala, yang dampaknya akan memproduksi dan juga merontokkan sel kulit dengan sangat banyak.

Yang dengan bagitu, potongan berwarna kuning keabuan yang dikenal oleh orang-orang sebagai ketombe, merupakan sel kulit yang rontok dari kulit kepala.

Mengenai penyebab ketombe dan jenis shampo yang cocok untuk digunakan, telah disinggung dalam poni sebelumnya.

17. Manfaatkan Jahe

Jahe
Jahe | Sumber gambar: Pixabay.com

Jahe mampu dijadikan sebagai materi alami untuk mengatasi ketombe. Dimana di dalam jahe terkandung zat yang bekerja untuk mengatasi problem peradangan pada kulit kepala.

Dengan manfaat kandungan di dalam jahe ini, mampu membantu untuk mengurangi ketombe dan juga mencegah perkembangan jamur di kulit kepala.

Selain itu, manfaat kandungan di dalam jahe mampu meningkatkan sirkulasi di kulit kepala, hal ini berguna untuk mengoptimalkan proses pertumbuhan rambut.

Cara memanfaatkan jahe ini, caranya: pertama-tama siapkan jahe secukupnya, lalu di parut, setelah itu direbus sampai sarinya keluar.

Lalu Anda campurkan sari jahe tersebut dengan satu sendok teh minyak wijen.

Nah, gunakan campuran itu untuk diaplikasikan pada kulit kepala dan rambut. Setelah itu biarkan selama 15 menit, gres kemudian bersihkan rambut kembali.

18. Gunakan Tomat

Tomat
Tomat | Sumber gambar: Wikimedia.org

Terjadinya problem ketombe, salah astunya karena adanya ketidakseimbangan pH pada kulit kepala yang membuat tumbuhnya jamur penyebab ketombe.

Tomat mampu membantu untuk menghilangkan ketombe karena kandungan asamnya yang mampu menyeimbangkan kembali pH kulit kepala, sehingga mencegah tumbuhnya jamur tersebut. Cara memanfaatkannya:
  1. Pertama-tama siapkan 2 buah tomat, lalu bersihkan.
  2. Lalu hancurkan sampai halus.
  3. Setelah itu campurkan dengan satu sendok makan minyak kelapa.
  4. Nah, campuran tersebut Anda oleskan pada kulit kepala sampai merata, lakukan sembari memijat lembut.
  5. Setelah itu biarkan selama 30 menit sampai 1 jam.
  6. Barulah setelahnya bersihkan rambut kembali dengan air bersih, Anda mampu juga melaksanakan keramas setelahnya.

19. Pastikan Kulit Kepala Tetap Terhidrasi dengan Baik

Kondisi kulit kepala yang kering akan memperparah kondisi ketombe. Agar kulit kepala terhindari dari kekeringan (dehidrasi) maka cukupi kebutuhan cairan tubuh, terutama minum air putih. Pastikan Anda dalam setiap harinya minum air putih yang cukup sesuai dengan kebutuhan.

Agar rambut terhidar dari problem kering, maka jangan terlalu sering melaksanakan penataan rambut dengan alat-alat yang kurang dekat bagi rambut.

Lebih baik tata rambut dengan cara alami / tradisional. Batasi penggunaan alat pengering, pengeriting, ataupun pelurus rambut

20. Manfaatkan Minyak kelapa

Minyak kelapa mampu membuat ketombe hilang atau berkurang, karena fungsinya yang mampu menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala. Minyak kelapa juga kaya akan vitamin E yang bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala dan rambut.

Berikut cara memanfaatkan minyak kelapa untuk rambut:
  1. Ambil 1 sendok makan minyak kelapa.
  2. Lalu oleskan pada kulit kepala (pastikan kondisi rambut sedang tidak basah).
  3. Oleskan secara merata pada seluruh adegan permukaan kulit kepala, sembari Anda juga mampu melaksanakan pijatan.
  4. Setelah selesai, maka biarkan saja dalam kondisi itu selama 30 menit.
  5. Kemudian barulah membersihkan rambut dengan air besih, lalu lakukan keramas dengan shampo.

21. Coba Kurangi Pemakaian Produk Rambut dari Biasanya

Anda perlu merenungkan kembali rutinitas perawatan rambut yang telah dilakukan, karena mungkin saja ternyata Anda terlalu sering menggunakan produk rambut yang ternyata zat-zat di dalamnya kurang baik bagi kesehatan rambut.

Hal ini mampu menjadi awal masalah, yang kemudian menyebabkan rambut ketombe, gatal dan tidak sehat. Usahakan untuk menghindari kebiasaan yang kurang sehat bagi rambut, ibarat mewarnai rambut, memakai hairspray terlalu sering, ginta-ganti model rambut dan lainnya.

Jangan suka terpaku pada gaya rambut ibarat di salon, karena gaya rambut buatan umumnya akan menggunakan banyak materi kimia dan panas untuk mempertahankan bentuknya, sehingga tidak sehat untuk rambut.

22. Hindari Stress

Stress tidak hanya berdampak pada mental atau psikis, tapi juga mampu mensugesti fisik. Masalah stress berat emosional, tekanan pekerjaan, himpitan ekonomi dan semacamnya, dapat menyebabkan resiko lebih tinggi munculnya ketombe, bahkan memicu rambut rontok.

Jika ingin ketombe Anda hilang, maka jagalah kondisi psikologis Anda, hindari yang namanya stres, banyak pikiran, apalagi berpikir yang tidak-tidak.

Penting semoga Anda menjalani hidup ini dengan rileks, sehingga tidak hanya rambut saja yang sehat, tapi juga badan secara umum mampu terjaga kesehatannya.

23. Pastikan Kulit Kepala Selalu dalam Kondisi Bersih

Agar ketombe mampu hilang dan tidak muncul kembali, maka pastikan kondisi kulit kepala terhindar dari kotor. Kondisi kulit kepala yang kurang bersih mampu memicu resiko ketombe, termasuk mampu menyebabkan jamur akan bersarang di kulit kepala.

24. Hindari Kulit Kepala Terkena Debu dan Polusi Udara

Ini perlu Anda usahakan, sebisa mungkin semoga rambut Anda terhindari dari polusi dan debu di jalanan. Jangan terlalu berlebihan dalam beraktivitas di luar ruangan.

25. Saat Keramas, Pastikan Busa shampoo Tidak Tertinggal

Ketombe mampu muncul jawaban busa shampoo tertinggal di pori kulit kepala. Sehingga pastikan proses pembilasan air shampoo semoga benar-benar bersih. Sehingga tidak ada busa shampo yang tertinggal.

Sisa busa shampoo mampu mengerak nantinya di kulit kepala, yang kemudian mampu memicu munculnya ketombe.

26. Jalani Olahraga Rutin

Dengan berolahraga secara teratur maka imunitas badan Anda akan semakin meningkat. Ketika badan Anda semakin besar lengan berkuasa maka perkembangan ketombe juga semakin berhenti. Selain itu olahraga juga dapat mengurangi stress.

27. Disarankan Memakai Sisir Rambut Bergigi Kecil

Sisir rambut Anda dengan sisir yang bergigi kecil, supaya potongan ketombe mampu disingkirkan lebih banyak dengan jenis sisir tersebut.

28. Gunakan Handuk yang Kering dan Bersih

Handuk yang digunakan untuk mengeringkan rambut Anda, maka harus kering dan bersih. Sehingga mencegah basil atau kuman yang ada dii tangan atau adegan badan lain ikut menempel pada rambut jawaban kondisi handuk yang kurang bersih.

Kotoran, basil dan kuman yang menempel para rambut akan mampu menyebabkan terjadinya ketombe. Disarankan untuk mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk yang bersih, halus, lembut dan juga pastikan kering.

29. Hindari Makanan dengan Kandungan Minyak yang Tinggi

Untuk mampu menghilangkan ketombe maka jaga materi makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan yang berminyak, usahakan untuk memilih jenis makanan yang paling rendah kandungan minyaknya. Kandungan minyak yang dikonsumsi dalam jumlah banyak mampu menyebabkan resiko ketombe.

30. Hal Lainnya

Apabila potongan di kulit kepala Anda terus-menerus ada, mungkin Anda menderita psoriasis kulit kepala atau dermatitis seboroik. Maka hendaknya pergi ke dokter kulit untuk menerima keterangan yang terang wacana apa yang Anda alami, dan juga semoga menerima penanganan yang tepat.