5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Hamil

      Setiap pasangan suami istri pasti akan mengharapkan anak dalam setiap perrnikahannya. Karena salah satu tujuan dari sebuah pernikahan  adalah untuk memperbanyak keturunan.. Sebelum membahas mengenai anak maka perlu memperhatikan masalah bayi atau janin  yang dikandung seorang ibu. Dari janin inilah akan lahir seorang anak yang tumbuh dengan sehat apabila memperhatikan hal-hal penting selama janin berada dalam kandungaan. Janin akan mengalami perkembangan yang baik apabila memperhatikan hal-hal berikut:

1.Usia ibu ketika hamil
Usia sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si janin, usia yang rentan terhadap kelainan kehamilan adalah usia remaja atau usia diatas 30 tahun. Remaja yang hamil, sebagian besar akan menyebabkan kelahiran premature. Hal ini terjadi karena kekurang matangan organ reproduksi, gizi buruk, kurangnya perawatan selama periode prakelahiran, atau akibat kondisi ekonomi-sosial yang rendah.
http://nurudinsya.blogspot.com/2015/01/5-hal-yang-harus-diperhatikan-ketika.html

2.Status Gizi

Status gizi ibu ketika hamil dan menyusui ternyata berperan besar pada anaknya. Hasil penelitian yang dilakukan di Iowa menunjukan bahwa gizi buruk pada ibu hamil berdampak pada berat bayi yang rendah, kurang vitalitas, lahir premature atau bahkan meninggal

3.Keadaan dan ketegangan emosional Ibu

Ketakutan dan kecemasan yang dialami ibu hamil akan meningkatkan pernafasan dan sekresi kelenjar yang berdampak pada terhambatnya aliran darah kekandungan yang mengakibatkan janin kekurngan udara. Bayi yang dilahirkan oleh ibu yang cemas cenderung menangis lebih banyak sebelum diberi makan. Bayi yang dilahirkan melalui proses kelahiran yang cukup lama akan mengalami kelambatan penyesuaian diri dengan lingkungan sekitar serta lebih mudah marah.

4.Konsumsi obat-obatan
Ibu hamil yang mengkonsumsi obat-obatan ketika hamil ternyata juga berdampak pada kesempurnaan janin. Ibu yang mengkonsumsi thalidomide akan berdampak pada kecacatan fisik janin. Misaalnya bentuk tangan yang tidak sempurna. Ibu hamil yang mengkonsumsi alcohol akan menyebabkan kecacatan wajah, tungkai dan lengan atau keterbelakangan mental.

5.Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan yang mempengaruhi perkembangan janin antara lain polusi udara yang berasal dari asap rokok, asap kendaraan atau limbah dari sebuah industry. Zat-zat yang ada pada lingkungan ssekitar yang berupa polusi akan menyebabkan keterbelakangan mental, kelahiran premature, berat badan rendah dan mengalami gangguan visual serta mempri jangka pendek.

      Apabila 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Hamil diperhatikan baik bagi ibu hamil atau suami, karena suami juga berperan penting untuk menciptakan suasana dan lingkungan yang sehat untuk istri yang sedang hamil, maka janin yang sehat akan lahir kedunia ini.