6 Manfaat Membaca Al qur'an yang Perlu Anda Ketahui

Dibulan Ramadan yang penuh berkah ini, banyak umat islam yang membaca al qur’an. Banyak dari mereka yang bersemangat, bahkan menargetkan untuk khatam 2 -3 kali selama Ramadan. Bulan Ramadan memang harus diisi dengan amal-amal yang baik salah satunya membaca alqur’an. Karena pahala dibulan Ramadan dilipatgandakan dibandingkan dengan bulan yang lainnya. Itulah yang menjadi penyebab banyak umat islam bersemangat untuk membaca al qu’an. Apakah ada dampak positif bagi kesehatan ketika membaca al qur’an? Berikut ulasan tentang manfaat membaca al qur’an terhadap kesehatan tubuh:

1.Terhindar dari stres
Membaca al qur’an dapat mempengaruhi keadaan pikiran seseorang, sehingga membuat rasa tenang dan senang itu ada dalam diri anda. Dengan begitu dapat mengurangi atau bahkan mengilangkan rasa stres maupun tekanan yang anda alami.



2.Dapat mengendalikan emosi
Bacaan al qur’an yang menimbulkan rasa tenang dalam diri seseorang membuat orang lebih bersabar terhadap sesuatu yang menimpa dirinya. Dengan rutin membaca al qur’an seseorang akan mudah mengendalikan emosinya sehingga menjadi pribadi yang penyabar.

3.Terhindar dari komplikasi penyakit
Penyakit jantung, stroke, hipertensi dan migraine disebabkan oleh rasa stress yang tak terobati sehingga banyak racun maupun pembuluh darah yang mengalami penyempitan yang dapat menyebabkan penyakit tersbut. Dengan membaca al qur’an dapat mengurangi rasa stress sehingga tidak menimbulkan penyakit yang disebabkan oleh stres.

4.Hidup terasa bahagia
Dalam sebuah studi yang dilakukan menemukan bahwa membaca Al qur’an benar-benar dapat meningkatkan tingkat dopamin atau 'hormon bahagia' di otak Anda. Membuat Anda lebih bahagia dan lebih damai.

5.Menjadi pribadi yang lebih baik
Rutin membaca al qur’an dapat mempengaruhi karakter dan cara berpikir seseorang. Menjadi pribadi yang rendah hati dan lebih peka terhadap lingkungannya dan tidak egois.

6.Memiliki umur yang lebih
Meskipun umur sudah ditetapkan, tidak ada salahnya sebagai manusia untuk berusaha supaya memiliki umur yang lebih. Bacaan al qur’an yang dapat memberikan rasa tenang membuat tubuh tetap terjaga kesehatannya dan memiliki system imunitas yang baik dibandingkan orang yang selalu depresi.

Itulah 6 manfaat yang didapat ketika anda membaca al qur’an secara rutin, selain pahala yang dipanen ketika diakhirat kelak anda juga mendapatkan manfaat  bagi kesehatan tubuh anda ketika membaca al qur’an.