7 Manfaat Yang Didapatkan Dengan Bersepeda

7 Manfaat Yang Didapatkan Dengan Bersepeda-Bersepeda adalah kegiatan olahraga atau rekreasi menyenangkan yang tidak mengeluarkan banyak biaya. Sepeda dapat dianggap sebagai salah satu alat transportasi darat yang murah, praktis, dan mudah dikendarai. Dijaman yang kendaraan bermotor sudah banyak ditemui bahkan dalam satu rumah bisa memiliki 1 atau 2 kendaraan bermotor, bahkan anak-anak yang belum saatnya mengendarai kendaraan bermotorpun bisa menggunakannya untuk berangkat sekolah dan pergi bermaain. Padahal apabila pergi kesekolah, kantor atau pasar yang bisa dijangkau dengan bersepeda akan lebih memberikan manfaat bagi kesehatan. Selain itu apabila banyak yang memakai sepeda maka akan mengurangi polusi udara disekitar anda.

Berikut adalah beberapa manfaat yang didapat dari bersepeda:

1. Menjaga kesehatan jantung
Dalam bersepeda, jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Bersepeda sering dapat menjaga kesehatan jantung. Beberapa studi membuktikan bahwa bersepeda dampak positif pada fungsi kardiovaskular.

7 Manfaat Yang Didapatkan Dengan Bersepeda


2. Mengencangkan otot
Bersepeda tidak hanya melibatkan kaki saja. Banyak orang yang percaya bahwa bersepeda hanya bisa mengencangkan otot betis dan paha saja. Namun pada kenyataannya, bersepeda adalah olahraga yang melibatkan hampir setiap bagian dari tubuh. Selain memperkuat otot kaki dan paha, bersepeda secara teratur juga akan mengencangkan otot punggung, pantat, dan lengan.

3. Mengendalikan diabetes
Diabetes dapat  meningkat dari banyak penyakit lainnya, seperti risiko penyakit jantung, stroke, kulit, mata, penyakit ginjal, dan penyakit lainnya. Diabetes bisa dikendalikan melalui aktivitas fisik, salah satunya adalah dengan bersepeda.

4. Untuk meningkatkan kekuatan fisik dan stamina
Jika Anda ingin meningkatkan stamina, maka bersepeda adalah pilihan yang bijaksana. Bersepaeda secara teratur membantu untuk meningkatkan daya tahan dan stamina. Ini akan memungkinkan anda untuk menjaga kesehatan tubuh dan bersemangat setiap harinya.

5. Mengurangi depresi
Seperti disebutkan sebelumnya, bersepeda adalah kegiatan atau olahraga yang menyenangkan. Jika Anda merasakan depresi atau stres, kemudian bersepeda dapat mengurangi depresi yang anda rasakan. Para ahli mengatakan bahwa hampir semua jenis olahraga, termasuk bersepeda, dapat membantu mengurangi stres. Menghabiskan waktu di pagi atau sore hari sepeda, melihat pemandangan indah di sekitar akan lebih efektif mengurangi stres dan depresi.

6. Dapat membantu menurunkan berat badan
Bersepeda adalah latihan yang baik untuk membakar kalori. Dalam bersepeda dengan kecepatan 16 km/jam bisa membakar 260 kalori per jam. Hal ini menunjukkan bahwa bersepeda memang efektif dalam membantu Anda menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Penyebab Program Pembentukan Otot Gagal

7. Mengurangi risiko kanker
Penyakit seperti risiko kanker secara signifikan dapat dicegah oleh aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin seperti bersepeda atau berjalan kaki. Berbagai penelitian yang melibatkan orang paruh baya menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga secara teratur, yang dikenal memiliki risiko kanker lebih rendah dibandingkan dengan  melakukan aktivitas fisik yang jarang.

Demikian 7 manfaat yang didapat dengan bersepeda, semoga dengan bersepeda kita semua dapat mendapatkan manfaat yang tersebut diatas sehingga memiliki kualitas hidup yang baik dan sehat.