Suka yang Manis-Manis??Hati-Hatilah Dengan 5 Hal ini

Suka yang Manis-Manis??Hati-Hatilah Dengan 5 Hal ini-Mengkonsumsi gula yang berlebihan baik berupa makanan atau minuman tentu tidak baik untuk kesehatan. Gula memang bisa meningkatkan cita rasa makanan atau minuman, tetapi juga baik untuk menambah energi. Namun, jika Anda makan gula berlebih dapat menyebabkan berbagai faktor utama dari masalah kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengontrol asupan gula harian yang dikonsumsi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mengontrol asupan gula, dan pembatasan asupan gula harian sebagai berikut:

1. Meningkatkan risiko diabetes
Makan terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami diabetes. Situasi ini dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi asupan gula terlalu banyak melalui berbagai aditif makanan berkalori, sehingga sulit untuk mencerna makanan yang dikonsumsi. Hal ini pada gilirannya akan mempengaruhi fungsi tubuh terhadap insulin, yang menyebabkan diabetes.

Suka yang Manis-Manis??Hati-Hatilah Dengan 5 Hal ini


2. Mempengaruhi kolesterol
Makan terlalu banyak gula dapat menurunkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), dan di sisi lain juga dapat meningkatkan kadar trigliserida. Hal ini pada gilirannya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Dengan demikian, makanan atau minuman batas konsumsi gula yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Tubuh mudah lelah
Gula memang bisa memberikan energi instan. Namun, setelah beberapa waktu, Anda makan, Anda akan merasa lelah dan mengantuk. Hal ini karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna gula. Batas atau kontrol asupan gula dapat mencegah tubuh Anda merasa lelah dan mengantuk.

4. Kehilangan kekuatan penglihatan
Makan terlalu banyak gula dapat meningkatkan kadar gula darah. Diketahui kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan penglihatan kabur mendadak di mata Anda. Diabetes, gula darah tinggi juga dapat menyebabkan lensa mata bengkak, sehingga dapat membuat penglihatannya menjadi kabur. maka sangat penting untuk membatasi, dan  menjaga asupan gula, Anda juga dianjurkan untuk memeriksa kadar gula darah supaya dapat terkontrol dengan baik.


5. Mempengaruhi kepadatan tulang
Seperti disebutkan sebelumnya, makan banyak gula dapat meningkatkan risiko diabetes. Salah satu komplikasi dari diabetes tipe 1 dapat menurunkan kepadatan tulang seseorang. Hal ini pada gilirannya bisa menambah masalah baru, yaitu risiko osteoporosis. Meskipun tidak ada hubungan langsung antara kesehatan tulang, tapi mengkonsumsi terlalu banyak gula dapat meningkatkan diabetes tipe 1, yang memiliki risiko komplikasi diabetes, salah satunya adalah osteoporosis.

Itulah 5 dampak buruk akibat mengkonsumsi gula berlebihan baik yang ada dalam makanan maupun minuman, semoga dengan memperhatikan asupan gula harian dapat terhindar dari 5 dampak buruk tersebut.
rumus ideal berat badan, serit rambut, mainan untuk anak 1 tahun, rumus berat ideal, menghitung bb ideal