7+ Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Pria dan Wanita

Kenapa rambut rontok ? Bagaimana cara mengatasi rambut rontok ? Perawatan rambut rontok ibarat apakah yang sempurna untuk wanita berjilbab ? Serangkaian pertanyaan tersebut seringkali dipertanyakan kepada pakar kesehatan rambut dan dibeberapa forum kecantikan oleh mereka yang mengalami duduk perkara kerontokan rambut, terutama bagi seorang wanita. Permasalahan tersebut terkadang membuat rasa panik belebihan karena takut akan kehilangan mahkota kesayangannya, ibarat takut mengamali kebotakan, penipisan rambut, merusak penampilan, hilangnya percaya diri dan sebagainya.

Oke, di dalam artikel ini kami berusaha menjawab beberapa pertanyaan tersebut sekaligus menunjukkan solusinya berdasarkan pengetahuan yang kami miliki dan bersumber dari ahlinya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat mengatasi rambut rontok anda. Simak baik - baik dan baca secara seksama.

Masalah rambut rontok dapat dialami oleh siapa saja, anak - anak, orang remaja dan usia lanjut. Bahkan berdasarkan penelitian membuktikan, setiap harinya pada diri kita setidaknya mengalami kerontokan rambut sebanyak 10 hingga 50 helai. Mungkin, kita tidak menyadari hal itu. Tapi ketika kita mandi, pada akses shower, menyisir, tidur, berjalan atau melaksanakan kegiatan lainnya, bila diperhatikan kita dapat menemukannya.

Anda tak perlu panik ketika menemukannya, karena jumlahnya kurang dari 50 helai perhari masih dikatakan normal. Dengan begitu, rambut gres akan tumbuh menggantikan yang lama. Namun, apabila rambut rontok parah, itu menunjukan kondisi kesehatan rambut anda tidak sehat atau disebabkan karena hal tertentu. Kondisi inilah yang harus ditangani dengan segera.

Bagaimana

Istilah medis mengenal rambut rontok dengan nama latin Alopesia Androgeneti, dapat terjadi dikarenakan ketidakmampuan episode akar rambut menopang rambut dengan baik atau akhir rapuhnya batang rambut. Mengapa hal ini dapat terjadi ? Ahli kesehatan mengatakan, rambut rontok parah dapat dipengaruhi oleh banyak faktor internal (berasal dari dalam tubuh) dan eksternal (berasal dari luar tubuh). Untuk mengambil tindakan yang sempurna terhadap kerontokan rambut tersebut perlu diketahui penyebab utama mengapa itu bisa terjadi. Diantara permasalahannya antara lain sebagai berikut :
  • Kekurangan nutrisi dapat disebabkan terlalu sering mengkonsumsi makanan instan, seorang perokok dan sebagainya
  • Penggunaan zat kimia ibarat mewarnai
  • Ketidakcocokan terhadap peroduk tertentu ibarat penggunaan sampho, conditioner, minyak rambut dan sebagainya
  • Menggunakan obat - obatan dari jenis tertentu bila dikonsumsi pada rentang waktu cukup lama dapat menimbulkan rambut rontok parah. Biasanya jenis obat yang dipermasalahkan antara lain, obat untuk mengatasi gangguan jantung, arthritis, depresi dan tekanan darah tinggi
  • Mengalami tekanan psikologis (stres)
  • Faktor kehamilan pada seorang wanita
  • Terlalu sering terpapar sinar matahari dalam waktu lama
  • Kesalahan pada penggunaan hair dryer
  • Ketombe dan rambut berminyak
  • Mengidap penyakit anemia
  • Sedang menjalani pengobatan kanker, ibarat imunoterapi, kemoterapi dan radioterapi
  • Faktor usia lanjut ketika telah memasuki umur 50 tahun ke atas
Ada beberapa faktor di atas memang dari kita sendiri tidak dapat mencegahnya ibarat kehamilan, akhir penyakit tertentu dan faktor usia lanjut. Setidaknya, dengan usaha yang kita lakukan dapat mengurangi rambut rontok. Mengunjungi rumah kecantikan untuk mengatasi hal tersebut yaitu pilihan tepat. Disana ada banyak pilihan yang dapat dilakukan ibarat Creambath, Hair SPA dah Hair Mask. Namun, terkadang terkendala dengan duduk perkara biaya perawatan rambut rontok terbilang mahal berkisar antara Rp 150.000,- hingga Rp 300.000,- untuk sekali perawatan.

Bahan Alami Mengatasi Kerontokan Rambut Parah

Tak perlu kuatir, karena perawatan rambut rontok ala rumah kecantikan pun dapat kita lakukan di rumah dengan menggunakan materi - materi alami di sekitar kita. Cara ini tergolong aman dan tidak menimbulkan kerusakan rambut semakin parah.

Namun, perlu kami ingatkan ketika kita menggunakan materi - materi alami tersebut, kita juga harus mengetahui apa manfaatnya, kandungan ang terdapat di dalam apa saja dan sebagainya. Jangan hingga karena materi yang digunakan berasal dari alam, dengan begitu kita pribadi menggunakannya. Tentu tindakan ini tidak tepat. Nah, beberapa materi alami disertai tips di bawah ini dapat mengatasi rambut rontok dan tergolong aman untuk digunakan karena sudah teruji serta telah banyak buktinya.

1. Gunakan Aloe Vera

Tanaman tergolong ke dalam tumbuhan kaktus ini seringkali kita kenal dengan nama pengecap buaya. Hampir semua episode dari tanaman ini terdiri dari daun dan memiliki kandungan air sangat tinggi. Beragam khasiat dapat mengatasi aneka macam permasalahan kesehatan ibarat panas dalam, mengatasi aneka macam macam gangguan sistem pencernaan, mengobati bisul, menjaga berat tubuh ideal, mengobati wasir dan diabetes, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan sebagainya.

Beragam manfaat tersebut dapat kita rasakan karena tanaman pengecap buaya mengandung aneka macam mineral, vitamin dan zat aktif di dalamnya ibarat karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Dengan begitu banyak manfaat yang didapatkan, tak heran bila dikala ini aneka macam produk makanan ibarat natade coco dan produk kecantikan ibarat sampo dan sabun, menggunakan tumbuhan kaktus ini untuk materi baku pembuatannya.

Bagaimana

Cara mengatasi rambut rontok dengan pengecap buaya yaitu pilihan sempurna karena di dalamnya terdapat protein, fosfor, kalsium, zat besi dan vitamin sangat dibutuhkan oleh rambut. Selain itu, kita juga dapat menggunakan pengecap buaya untuk mengatasi duduk perkara ketombe, rambut berminyak, menghitamkan rambut, menyuburkan rambut dan membuatnya berkilau serta membantu mempercepat proses regenerasi rambut gres tumbuh.

Untuk menggunakannya cukup mudah, sediakan secukupnya daun pengecap buaya. Kemudian ambil dagingnya dan usapkan pada rambut anda secara merata. Lakukan dengan sedikit pijatan kecil semoga kandungan zat aktif pada pengecap buaya dapat meresap ke episode akar rambut. Tunggu selama 30 menit. Bilas dengan air bersih bila sudah menggunakannya. Lakukan cara ini selama 1 bulan penuh dengan kadar penggunaan, 1 ahad 4 kali setiap pagi hari.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dikenal dengan salah satu jenis buah untuk menambah cita rasa asam pada suatu masakan. Seperti bakso. Apa dasarnya sehingga jeruk nipis sangat baik untuk rambut ? Kandungan vitamin C pada buah ini sangat tinggi, bukan hanya dapat kita gunakan untuk mengatasi sariawan dan batuk saja. Tetapi dapat kita gunakan untuk menunjukkan kesehatan rambut. Vitamin C pada jeruk nipis akan merangsang pertumbuhan rambut gres dan membantu mengatasi ketombe, kulit berminyak pada wajah dan mengatasi rambut berminyak.

Cara menggunakannya, sediakan terlebih dahulu beberapa buah jeruk nipis segar. Kemudian ambil sarinya dan tempatkan pada wadah. Dengan air perasan jeruk nipis tersebut, usapkan pada seluruh rambut hingga ke sela - sela. Lakukan pijatan kecil. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih. Jika anda ingin menggnakan cara ini, sebelum menggunakannya jangan menggaruk kulit kepala karena akan membuat rasa perih dan iritasi kulit kepala. Gunakan cara ini 1 ahad 2 kali saja. Penggunaan yang tidak sempurna akan merusak struktur rambut karena zat asam. Tetapi, anda tak perlu kuatir, penggunaan yang sempurna tidak akan terjadi apa - apa.

3. Jus Bawang Merah

Tenang saja, kita tidak akan meminum jus bawang merah. Tetapi kita akan menggunakannya untuk membuat masker rambut. Perawatan rambut rontok yang satu ini tergolong aneh. Bawang merah yang biasaya digunakan untuk memasak, kini akan kita gunakan untuk merawat rambut. Kenapa kita menggunakan bawang merah ? Menurut penelitian, bawang merah kaya akan welirang dan fosfor. Selain itu, bawang merah juga memiliki kandungan lemak, kalsium, vitamin B1, vitamin C dan zat aktif bernama flavonglikosida serta senyawa kuersetin.

Bagaimana

Fosfor dan welirang sangat dibutuhkan oleh rambut untuk memperkuat jaringan akar dan struktur rambut yang rapuh. Zat flavonglikosida memiliki sifat anti bakteri dapat membantu mengatasi ketombe, infeksi kepala dan mengusir kutu kepala, sedangkan senyawa kuersetin dapat melancarkan peredaran darah pada lapisan kulit rambut.

Jadi, anda mau menggunakannya ? Sediakan saja beberapa siung bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci bersih beserta 1 gelas air matang. Blender hingga halus. Ambil sarinya dengan menggunakan penyaring dengan lubang rapat. Usapkan pada rambut secara merata sambil melaksanakan pijatan kecil di kepala. Gunakan cara ini dalam 1 ahad 2 kali saja secara rutin selama 1 bulan penuh.

4. Santan Kelapa

Jika momen lebaran tiba, santan kelapa seringkali dijadikan sebagai materi kuah dan penambah cita rasa gurih pada kuliner opor ayam. Namun kali ini, kita tidak akan membuat opor rambut. Penggunaan santan kelapa untuk rambut sangat aman. Jika anda sering memperhatikan orang dulu, mereka menggunakan minyak kelapa murni untuk membuat rambut menjadi kokoh, tampak berkilau, mencegah rambut kering, rontok dan bercabang serta berketombe. Apakah anda kuatir denga amis apek yang ditimbulkan ?

Itu tidak akan terjadi, karena setelah menggunakannya kita akan mencuci bersih rambut. Jika anda tidak ingin kerepotan untuk membuat minyak kelapa, gunakan santannya saja sudah cukup. Karena sari kelapa ini mengandung beragam mineral alami, vitamin dan senyawa aktif yang baik untuk kesuburan rambut, ibarat magnesium, potasium, fosfor, tembaga, selenium, folat, seng vitamin C, E, B6, K, thiamin, kolin, niacin, asam patotenat, dan kalsium.

Beragam manfaat ketika menggunakannya antara lain dapat menyuburkan rambut, mencegah rambut bercabang dan berminyak, mengkilaukan rambut, mengatasi rambut rontok dan memperlambat pertumbuhan uban. Bagaimana cara saya menggunakannya ? Sediakan 1/2 butir kelapa agak tua. Buang kulit luarnya kemudian basuh bersih dan parut. Tambahkan dengan 2 gelas air. Ambil santan terkental. Gunakan santan kental tersebut pada rambut anda secara merata sambil menunjukkan pijatan lembut. Diamkan selama 30 menit. Lakukan cara ini dalam 1 ahad sebanyak 3 kali penggunaan di pagi hari. Dalam waktu 1 bulan anda akan mencicipi hasilnya.

5. Minyak Kemiri

Selain menggunakan tanaman pengecap buaya dan santan kelapa, cara mengatasi rambut rontok dengan minyak kemiri yaitu cara paling ampuh untuk anda gunakan. Minyak kemiri telah lama digunakan oleh orang terdahulu untuk mengatasi permasalahan rambut ibarat kerontokan rambut, menyuburkan rambut, ketombe, rambut berminyak, membuat rambut tampak berkilau, menguatkan akar rambut dan mendorong pertumbuhan rambut baru. Bahkan, minyak kemiri ini cukup ampuh untuk menumbuhkan rambut di dada, kumis, jenggot, jambang atau rambut yang tumbuh di organ reproduksi pria dan wanita.

Bagaimana

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh sekelompok pakar rambut mengatakan, asam linoleat dan omega 3 akan bisa melembabkan kulit dan merangsang pertumbuhan jaringan rambut baru. Sehingga, beragam produk kecantikan ibarat minyak rambut dan sabun seringkali menggunakan materi baku buah kemiri.

Anda dapat menemukan minyak kemiri dalam kemasan botol. Namun, harganya cukup mahal karena 1 botol minyak kemiri asli berkualitas ukuran 200gr di banderol dengan harga Rp 150.000.- hingga Rp 200.000,-. 

Bikin sendiri bisa ? Bisa !. Anda dapat menemukan buah kemiri di pasar tradisional yang masih utuh. Untuk membuat minyak kemiri, sedikitnya anda membutuhkan 10 buah kemiri utuh. Tusuk ibarat sate buah kemiri kemudian panaskan di atas api hingga bewarna kecoklatan. Selanjutnya tumbuk halus. Sediakan 2 gelas air dan panci perebusan. Rebus buah kemiri yang sudah halus tadi hingga minyak kemiri terlihat mengapung. Gunakan api kecil. Ambil minyaknya menggunakan sendok dan tempatkan pada wadah.  Setelah dingin, gunakan pada rambut setiap harinya selama 1 bulan penuh di pagi dan malam hari. Cara ini tergolong paling cepat menunjukkan hasil dibandingkan cara lainnya.

6. Minyak Zaitun (Olive Oil)

Seberapa efektif minyak zaitun mengatasi rambut rontok ? Minyak ini berasal dari ekstrak buahnya. Bagi seorang muslim, anda mungkin tidak asing lagi mendengar kata zaitun disebut di dalam surat at- tin. Banyak sekali manfaat dari minyak zaitun bagi kesehatan ibarat untuk memelihara kesehatan jantung, mencegah terjadinya gejala kanker, mengurangi peradangan sendi, menangkal radikal bebas, mengurangi resiko kanker rahim dan manfaat lainnya.

Biasaya minyak zaitun seringkali digunakan untuk memasak ibarat untuk menumis. Dapat juga dikonsumsi pribadi ibarat layaknya madu. Selain dapat digunakan untuk pemakaian dalam, minyak zaitun sangat ampuh untuk mengatasi rambut rontok, berminyak, ketombe, membasmi kutu, mengkilaukan rambut dan mencegah terjadinya formasi dihidrotestosteron.

Apa itu formasi dihidrotestosteron Dihidrotestosteron sering disebut dengan DHT merupakan hormon yang dapat menunjukkan kerugian pada kulit kepala rambut. Pembentukan DHT akan menghambat pembentukan folikel rambut (struktur kulit daerah rambut gres akan tumbuh). Apabila pembentukan DHT terjadi, maka rambut yang tumbuh akan tipis dan mudah tercabut atau rontok dan mudah patah.

Minyak zaitun dapat dijadikan pilihan terbaik sebagai vitamin rambut rontok alami. Karena beberapa senyawa dan vitamin ibarat vitamin D, Vitamin E, Niacin, Biotin dan anti basil dapat menjadi nutrisi terbaik bagi rambut. Anda dapat menemukan minyak zaitun asli dalam kemasan botol dengan harga di kisaran Rp 45.000,- (pilih untuk rambut). Cara menggunakannya sama dengan penggunaan minyak kemiri. Begitu juga lama penggunaanya.

7.  Konsumsi Makanan Sehat

Salah satu penyebab rambut rontok parah yaitu kurangnya asupan nutrisi bagi rambut. Tentu saja ini berkaitan dengan apa - apa yang telah kita konsumsi. Sering mengkonsumsi makanan cepat saji, berpengawet, junk food, kebiasaan buruk merokok dan sebagainya akan menimbulkan rambut rontok parah. Bukan hanya duduk perkara pada rambut saja yang dapat dirasakan, aneka macam duduk perkara kesehatan pun akan datang menghantui.

Dari ke enam cara di atas dapat anda pilih salah satunya yang menurut anda mudah dilakukan di rumah. Kami sarankan sih menggunakan minyak kemiri, karena dari ke enam cara tersebut, minyak kemiri menunjukkan hasil yang cepat. Paling tidak akan terlihat kesannya setelah 2 ahad pemakaian

Tidak cukup bila mengatasi rambut rontok hanya melaksanakan pengobatan luar saja, dibutuhkan asupan nutrisi dari dalam pula untuk menunjang beberapa cara di atas sukses dengan hasil memuaskan. Beberapa daftar makanan yang baik untuk rambut layak anda konsumsi ibarat ikan salmon, kacang buncis, jamur tiram, yogurt, daging sapi segar, buah alpukat, pisang, daun bayam, brokoli dan kangkung. Dengan begitu nutrisi rambut akan tercukupi.

Tips Merawat Rambut

Menggunakan cara alami memang menunjukkan hasil lebih lama bila dibandingkan dengan menggunakan produk tertentu yang belum kita ketahui materi kimia apa didalamnya. Penggunaan cara alami lebih aman dan menunjukkan hasil terbaik tanpa menimbulkan resiko dikemudian hari. Setelah melaksanakan salah satu cara di atas, langkah selajutnya yang tak kalah penting yaitu dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini :
  • Hindari penggunaan sisir yang terlalu rapat
  • Hindari terlalu sering mengikat rambut karena dapat menghambat pedoman nutrisi hingga ke bagain ujung rambut
  • Jika anda ingin menggunakan sampo, gunakan sampo dengan Ph rendah
  • Hindari mengeringkan rambut menggunakan hair dryer atau alat pengering rambut. Tindakan ini boleh saja dilakukan, tetapi harus melakukannya dengan benar dan jangan terlalu sering. Cara ini seringkali dilakukan oleh kebanyakan wanita termasuk seorang wanita berjilbab. Padahal, ketika rambut dalam keadaan berair bila dikeringkan dengan hair dryer yang mengeluarkan udara panas, itu sama saja memasak rambut ke dalam air mendidih, memilki resiko dapat merusak struktur rambut.

  • Mungkin dikarenakan terburu - buru. Jangan lakukan itu. Apabila ingin menggunakan hair dryer, pastikan rambut tidak terlalu basah. Gunakan handuk lembut dan kering untuk mengusap rambut secara perlahan. Jika sudah agak kering gunakan hair dryer, namun jangan terlalu dekat. Tips ini dapat membantu mengatasi rambut rontok berjilbab.
Akhirnya sudah dipenghujung artikel. Semoga tips yang kami berikan ini dapat menunjukkan manfaat. Tuliskan komentar anda bila ada sesuatu pertanyaan di bawah artikel ini.