7 Khasiat Manfaat Pare Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Pare : Kebanyakan dari kita, jikalau mengenal pare pastilah memikirkan rasanya yang  begitu pahit. Pare atau paria yang memiliki nama latin Momordica charantia  merupakan tanaman yang merambat dengan ciri buahnya ibarat yang terlihat pada gambar.

Tanaman ini memiliki buah yang terkenal dengan rasa pahitnya, sehingga tak banyak yang menyukai olahan dari buah pare yang biasa dijadikan kuliner tumis dicampur dengan banyak sekali sayuran atau daging, perhiasan siomay dan olahan kuliner lainnya.

Dibalik rasa pahitnya, manfaat buah pare ternyata sangat baik untuk kesehatan dan dapat pula digunakan sebagai materi alami untuk kecantikan mengingat sumber kandungan gizi yang dimiliki buah pare ini.

jikalau

Beberapa kandungan gizi yang terdapat di dalam buah pare diantaranya kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, niasin, kalium, zat besi, bera karoten, tiamine, ribovlavine, ascorbic acid, serat, natrium dan air, sehingga buah pare dapat kita jadikan sebagai obat alami.

Diantara manfaat tanaman pare bagi kesehatan dan kecantikan sebagai berikut :

1. Obat alami wasir atau ambein
Bahan yang disediakan yakni 100 gram buah pare dan 2 buah pisang kepok atau ambon yang sudah matang bersama dengan kulitnya dan madu 2 sendok makan. Cara membuat ramuannya dengan memblender sampai halus buah pare dan pisang ditambah air secukupnya. Minum dua kali sehari 1 gelas pagi dan sore.

2. Mengobati Batuk
Ambil daun pare sebanyak 1/3 genggam. Daun tersebut dapat digiling atau diblender. Tambahkan air secukupnya, aduk dan saring untuk mengambil sarinya. Rasanya yang pahit dapat ditambahkan 2 SDM madu murni. Minum 2 kali sehari pagi dan sore dengan dosis 1/2 gelas ukuran sedang.

3. Mengobati Bisul Yang Sudah Meradang
Menggunakannya cukup mudah. Ambil buah pare secukupnya, giling halus atau lumatkan halus sampai menjadi pasta. Oleskan pada kawasan yang ada bisulnya.

4. Mengobati Cacingan Pada Anak
Dengan takaran mengambil 7 gram daun pare segar yang masih hijau dan madu murni secukupnya. Cara membuat ramuannya dengan menyeduh daun pare tersebut dengan air panas. Diamkan sampai hangat dan tambahkan madu secukupnya. Selagi hangat, minum hanya diwaktu pagi saja. 1 jam sebelum makan. Ulangi sampai sembuh.

5. Obat Diabetes Militus
Sediakan 1 buah pare segar, 10 gram debu kacang kedelai dan gula diet secukupnya. Cara membuatnya dengan mengukus buah pare kemudian diblender bersama dengan debu kacang kedelai dan gula diet secukupnya. Minum 1 kali sehari diwaktu pagi.

6.  Obat Lemah Syahwat
Sediakan saja 200 gram biji pare yang terlebih dahulu disangrai sampai kering. Tumbuk halus selanjutnya diseduh dengan air panas dengan takaran 10 gram debu biji pare. Tambahkan sedikit gula, jangan terlalu manis. Minum dengan pemakaian 1 kali 2 hari sampai kembali normal. Imbangi dengan makanan yang bergizi. 

7. Obat Disentri
Ambil 50 gram buah pare segar yang masih hijau kemudian potong kecil-kecil untuk di blender dengan sedikit air. Untuk meminumnya tanmbahkan air hangat secukupnya, aduk rata. Minum jus pare tersebut sampai sembuh 1 kali 1 hari. Tambahkan gula secukupnya jikalau perlu, tapi jangan terlalu manis.

Selain ketujuh manfaat pare yang sudah disebutkan di atas. Manfaat dari buah pare yang lainnya ibarat mengatasi banyak sekali penyakit kulit dan anti penuaan serta makanan yang baik untuk penderita diabetes.

Dibidang kecantikan, pare juga memiliki beberapa manfaat diantaranya mengatasi rambut berminyak, menghilangkan ketombe, mengatasi kulit kepala yang kering dan membuat rambut menjadi berkilau.