√ Bahaya Asam Urat Tinggi Bisa Menyebabkan 5 Penyakit Mematikan

Ketidaktahuan akan ancaman asam urat tinggi menyebabkan sebagian besar penderita penyakit asam urat mengalami permasalahan serius yang terjadi pada kondisi kesehatannya. Berbagai keluhan kronis menyerupai nyeri persendian sampai timbulnya pembengkaan di tempat persendian, seringkali ditemukan pada sebagian besar pasien ketika berkunjung ke dokter untuk berobat.

Keluhan kronis tersebut dapat terjadi dikarenakan kebanyakan orang menganggap bahwa penyakit asam urat hanyalah sebuah penyakit ringan yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa dilakukan pertolongan medis atau suatu penyakit yang mudah untuk disembuhkan. Sehingga, beberapa gejala awal menyerupai nyeri persendian, kesemutan, kulit bersisik dan memerah pada arena persendian seringkali diabaikan begitu saja.

Padahal, jawaban ancaman asam urat tinggi dalam darah kalau terlalu lama menetap didalam badan dapat menyebabkan aneka macam komplikasi penyakit berbahaya yang dapat menghipnotis kualitas dan kelangsungan hidup seseorang. Beberapa penyakit berbahaya yang dapat ditimbulkan diantaranya sebagai berikut : 

# 1. Menimbulkan Gangguan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ vital yang krusial memiliki peran sangat bearti bagi seseorang. Kehilangan satu ginjal saja atau fungsinya terganggu dapat mengganggu kualitas hidup seseorang. Kita ketahui bahwa beberapa fungsi ginjal bertugas untuk menyaring dan membersihkan darah dari aneka macam zat beracun dan zat - zat dari hasil metabolisme badan yang tidak diperlukan. Kemudian dikeluarkan dalam bentuk urine. Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk mengatur kadar konsentrasi, keseimbangan dan komposisi cairan di dalam badan kita. Dapat anda bayangkan apa yang akan terjadi ketika fungsinya terganggu. Kondisi kesehatan badan seseorang dapat dipastikan akan terganggu pula.

Untuk itu, salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk melindungi kesehatan ginjal ialah dengan menjaga kadar asam urat dalam darah agar tetap normal. Hal ini mengingat, bahwa mereka yang memiliki kadar asam urat tinggi memiliki potensi besar mengindap gangguan fungsi ginjal. Pada umumnya, gejala awal memang belum menyampaikan pengaruh secara signifikan, tetapi ketahuilah ancaman asam urat tinggi sedang mengintai organ ginjal dalam kurun waktu tertentu. Itu bearti kelangsungan hidup seseorang akan menurun.

Ketidaktahuan

Komplikasi asam urat dapat menyebabkan ganguan fungsi ginjal. Hal itu dapat terjadi ketika seseorang mengalami Hipererusemia (meningkatkan kadar asam urat dalam darah) akan menjadi beban bagi ginjal untuk bekerja lebih ekstra mengeluarkan asam urat dalam bentuk urine. Jika diluar kapasistas, maka akan memberatkan kinerja ginjal. Sehingga, beberapa gangguan kesehatan pada organ ginjal dapat terjadi jawaban asam urat tinggi. Jika dibiarkan dalam rentang waktu lama diantaranya akan menyebabkan penyakit kerikil ginjal, gagal ginjal dan kerusakan permanen pada ginjal.

Bagaimana prosesnya ? Selama kita hidup, ginjal tidak akan berhenti dalam menjalani tugasnya. Setiap hari, ginjal bekerja sesuai dengan koridornya termasuk bertugas untuk menetralkan kadar asam urat dan dikeluarkan dalam bentuk air seni. Ketika terjadi Hipererusemia, maka ginjal akan bekerja ekstra. Ketika kinerja ginjal telah melebihi kapasitas, maka akan terjadinya daftar antrian asam urat untuk di proses. Asam urat yang tidak diproses oleh ginjal karena kelebihan kapasitas, maka asam urat tersebut akan menumpuk di dalam pembuluh darah dan dapat menempel di persendian serta menumpuk di ginjal.

Semakin lama, zat asam urat tersebut sangat berpotensi membentuk kristal tajam dengan kandungan unsur kalsium, oksalat dan asam urat. Kristal ini berangsur lama dapat membatu dan mengeras menyerupai kerasnya tulang. Kerusakan ginjal permanen pun dapat terjadi dipicu dengan peningkatan tekanan pada susukan kemih. Ketika susukan kemih terganggu yang diakibatkan oleh bergeraknya kristal asam urat ikut keluar besama urine, secara otomatis akan menghipnotis anutan pembuluh darah pada ginjal semakin sempit. Akibatnya, kerusakan permanen pada ginjal dapat terjadi. Akibatnya, tindakan basuh darah dapat saja terjadi seumur hidup anda.

# 2. Diabetes Melitus

Selanjutnya, komplikasi asam urat dapat menyebabkan diabetes. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Eswar Krisnan seorang ajun Profesor Rheumatology di Stanford University menyerupai dilansir detik.com, menyimpulkan bahwa kandungan asam urat tinggi dalam darah akan berpotensi menyebabkan resiko diabetes hampor 20% dan memicu resiko timbulnya penyakit gagal ginjal sebesar 40%. Hasil penelitiannya tersebut pernah di presentasikan pada sebuah pertemuan tahunan program American Collage of Rheumatology.

Ketidaktahuan

Bahaya asam urat kalau tidak diobati ternyata dapat menyebabkan komplikasi penyakit diabetes. Hal ini telah membuka pandangan kita selama ini, bahwa penyakit diabetes bukan hanya disebabkan oleh kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi. Seperti anggapan kebanyakan orang pada umumnya.

Sebagai pengetahuan bagi kita semua untuk melaksanakan pencegahan sedini mungkin, beberapa gejala umum yang sering terjadi jawaban asam urat tinggi berakibat pada penyakit diabetes antara lain menyerupai frekuensi buang air kecil meningkat namun mengeluarkan urine sedikit, mudah lapar dan kuantitas makan menjadi meningkat, ketika terjadi luka pada kulit sulit untuk sembuh dan koordinasi sistem gerak persendian terganggu.

Jika anda menemukan gejala menyerupai di atas, segera lakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam badan anda untuk mengetahui status normal atau tidaknya. Selanjutnya, dapat dilakukan tindakan pengobatan.

# 3. Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner termasuk ke dalam peringkat 10 besar penyakit mematikan di negara Indonesia. Berdasarkan data yang kami kutip dari situs Kementerian Kesehatan Indonesia, berasal dari sejumlah diagnosis dokter, prevalensi penyakit jantung koroner di Indonesia pada tahun 2013 sebesar 0,5% atau diperkirakan angka tersebut sekitar 883.447 orang, sedangkan berdasarkan hasil diagnosis dokter/gejala sebesar 1,5% atau diperkirakan sekitar 2.650.340 orang. 

Ketidaktahuan

Kemudian, estimasi jumlah penderita penyakit jantung koroner terbanyak terdapat di Provinsi Jawa Barat sebanyak 160.812 orang (0,5%), sedangkan Provinsi Maluku Utara memiliki jumlah penderita paling sedikit, yaitu sebanyak 1.436 orang (0,2%). Kemudian, berdasarkan diagnosis/gejala, estimasi jumlah penderita penyakit jantung koroner terbanyak terdapat di Provinsi Jawa Timur sebanyak 375.127 orang (1,3%), sedangkan jumlah penderita paling sedikit ditemukan di Provinsi Papua Barat, yaitu sebanyak 6.690 orang (1,2%).

Diantaranya penyebabnya dikarenakan asam urat tinggi menahun. Bagaimana ini dapat dikaitkan dengan kondisi Hipererusmia menahun ? Tentu saja ada kaitannya karena jantung memiliki dekat kaitannya dengan organ transportasi oksigen dan darah dalam badan manusia. Penyebab utama serangan jantung ini ialah jawaban adanya penyumbatan arteri atau nadi koroner oleh kristal asam urat yang di bawa oleh darah menuju ke pembuluh nadi koroner pada jantung. Akibatnya, pembuluh darah tersebut dapat menjadi rusak.

Mereka yang memiliki asam urat tinggi sangat berpotensi 3 sampai 5 kali lebih besar untuk terkena penyakit jantung koroner dan stroke. 

Untuk mencegah ancaman asam urat tinggi yang dapat menyebabkan penyakit mematikan ini, mendeteksi penyakit jantung sedini mungkin perlu dilakukan supaya upaya pengobatan juga lebih mudah dan tidak menyebabkan kerusakan fatal pada organ vital tersebut. Beberapa gejala yang dapat anda rasakan antara lain sesak nafas terutama di episode dada kiri, badan menjadi lemas disertai kulit pucat bahkan sampai pingsan dan detak jantung berdebar lebih cepat walaupun tidak melaksanakan acara atau tidak sedang gugup.

# 4. Menimbulkan Efek Psikologis dan Gangguan Emosional

Walaupun hal ini tidak cukup membahayakan, namun perubahan suasana hati seseorang jawaban dari rasa nyeri terama sakit seringkali terjadi. Dampaknya penderita dapat mengalami stres berkepanjangan menyerupai gangguan tidur, emosial tidak stabil dan sebagainya. Berawal dari kondisi depresi inilah akan menyebabkan gangguan kesehatan bagi badan si penderita. Jika hal ini berdampingan dengan tingginya kadar kolesterol dalam darah, tentu saja akan memperburuk keaadaan dikemudian hari.

# 5. Kelumpuhan Permanen (Cacat)

Pada dasarnya, memang penyakit asam urat tidak menyebabkan gejala serius pada penderitanya. Seringkali hanya mengalami rasa nyeri di episode persendian hanya dalam waktu singkat. Ketika di bawa istirahat (tidur), maka gejala ringan yang muncul akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, sebagian besar penderitanya terlalu meremehkan gejala awal menyerupai ini. Wajar saja, gejala ringan tersebut dapat hilang itu dikarenakan kinerja dari ginjal yang menetralkan asam urat. Namun, kinerja ginjal akan bertambah berat seiring dengan contoh makan buruk menyerupai mengkonsumsi makan berkadar purin tinggi. Akibatnya, rasa nyeri selaku terulang setiap ketika terutama di waktu malam hari.

Ketidaktahuan

Zat sisa metabolisme badan berupa asam urat akan membentuk endapan kristal di dalam darah kalau tidak dikeluarkan dalam bentuk urine. Kristal kristal tersebut bukan hanya akan mengendap di ginjal saja, tetapi dapat mengendap di semua jaringan pembuluh darah terutama di tempat persendian menyerupai engsel dan jemari kaki, tumit, siku dan jemari tangan.

Tanda - tanda penyakit asam urat kronis dapat dikenali dengan munculnya pembengkakan atau benjolan dengan warna kulit memerah disertai rasa nyeri teramat sakit terutama ketika menjalani aktivitas. Kondisi semacam ini dalam dunia medis disebut dengan Tophi. Benjolan tersebut pada awalnya terasa lunak kalau disentuh, terkadang berisi cairan menyerupai pasta gigi. Lama kelamaan, cairan tersebut akan menggumpal dan membatu.

Hiperurisemia berkelanjutan akan mencetuskan pembentukan garam monosodium urat (MSU) pada jaringan dan sendi secara terus menerus. Timbunan tersebut kemudian dikenali sistem imun sebagai benda asing, sehingga mengaktifkan mediator inflamasi. Mediator ini menyebabkan kerusakan dan mengaktivasi aneka macam sel radang. Sehingga timbul peradangan yang disebut artritis gout.

Apabila kondisi ini dibiarkan berlarut - larut. akan menyebabkan kelumpuhan permanen seumur hidup. Bahkan kalau penderita mengidap penyakit diabetes, maka akan menjadi kolabarasi terbaik bagi penyakit asam urat untuk menurunkan tingkat kelangsungan hidup seseorang. Terkadang tindakan operasi lokal mungkin akan dilakukan untuk mengangkat benjolan tersebut. Namun, tindakan ini harus memperhatikan kondisi kesehatan seseorang.

Tindakan Yang Dapat Dilakukan

Setelah kami menjelaskan secara deskripsi mengenai komplikasi asam urat dan ancaman yang ditimbulkan darinya, selanjutnya apakah penyakit asam urat mampu disembuhkan ? Jika belum menyebabkan komplikasi serius pada organ vital, seorang penderita masih memiliki peluang besar untuk dapat sembuh dari penyakitnya. Faktor kesembuhan dapat dipengaruhi oleh si penderita eksklusif untuk berkomitmen supaya dirinya dapat sembuh, menjaga contoh makanan ialah langkah yang sempurna menyerupai memperhatikan pantangan asam urat disertai olah raga teratur.

Untuk melaksanakan tindakan pertolongan pertama pada asam urat ialah dengan cara melaksanakan pengecekan kadar asam urat di dalam darah si penderita. Dengan begitu, seorang dokter dapat mengetahui tingkat akut atau kronisnya suatu penyakit. Selanjutnya ialah derma obat tertentu untuk membantu meredakan rasa nyeri, menetralkan kadar asam urat dalam darah dan derma sejumlah vitamin.

Obat - obatan yang diberikan oleh dokter tersebut kemungkinan besar sifatnya hanya sementara saja kalau seorang penderita masih tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi. Untuk itu, sebaiknya dilakukan pengontrolan contoh makan seimbang.

Meghilangkan asam urat tinggi dapat dilakukan dengan aneka macam cara diantaranya menggunakan obat obatan dan menggunakan obat alami asam urat dari tumbuhan. Terkait dengan hal ini, kami telah menuliskan beberapa ramuan hebal pada tautan tersebut untuk mengatasi asam urat diserti cara membuatnya dan manfaat yang terkandung didalamnya dengan penjelasan secara ilmiah. Selain itu, mengkonsumsi banyak buah - buahan termasuk ke dalam tindakan mesti dilakukan oleh si pederita.

Setelah melihat daftar komplikasi asam urat yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya menyerupai paparan kami di atas, dengan begitu diharapkan bagi si penderita tidak mengganggap enteng walaupun gejala yang ditemukan masih dikatakan ringan. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat..