Luar Biasa ! Dengkuran Kucing Ternyata Dapat Menurunkan Tekanan Darah dan Depresi... Anda Perlu Tahu Penjelasan Ilmiahnya

Pernahkan anda mendengar bunyi dengkuran ? Suara ini biasanya terjadi pada insan yang sedang dalam kondisi tidur yang ditimbulkan dari jaringan bunyi episode atas. Menurut para ahli, seiring bertambahnya usia terutama yang sudah menginjak usia 60 tahun ke atas, 50% diantara mengalami tidur mendengkur yang merupakan sindrom sleep apnoea atau gangguan tidur.

Anda sendiri mungkin penah mendengar orang lain tidur mendengkur. Namun, apakah anda pernah mendengar kucing mendengkur ? Bahkan, menurut para mahir mengatakan "suara dengkuran yang dikeluarkan oleh kucing ternyata dapat menurunkan tekanan darah dan depresi bagi insan yang mendengarnya". Benarkah ? Bagaimana penjelasan ilmiahnya ? Simak lebih lanjut...

Kucing memang salah satu hewan yang lucu untuk dipelihara. Memelihara kucing juga memiliki manfaat, misalnya mengakibatkan keceriaan bagi pemiliknya apalagi dijadikan sebagai sahabat bermain ketika memiliki waktu luang. Bagi pecinta kucing, memiliki kucing yaitu kebahagian tersendiri yang diibaratkan mirip memiliki perhiasan anggota keluarga baru.

Namun bagi yang tidak menggemari kucing, banyak dari mereka yang kuatir akan rambut/bulu kucing yang rontok dan menempel dimana saja. Tak hanya itu, mereka menganggap memiliki kucing juga dapat mengakibatkan penyakit mirip alergi, penyebab flu dari bulu/rambut kucing yang terhirup, menjadi sumber penyakit dan sebagainya. Apalagi alasannya yaitu kotorannya yang bau.

Pernahkan

Asalkan melaksanakan perawatan kucing dengan baik dan benar, hal itu dapat dipastikan tidak akan terjadi. Seperti menjaga makanannya, memberikannya vitamin biar rambut/bulu kucing tidak mudah rontok, menjaga kebersihan kawasan tidur kucing dan sebagainya. Dengan begitu anda tidak perlu kuatir penyakit apapun yang ditularkan oleh si kucing.

Hewan yang manis dan imut ini juga memiliki ciri khas. Salah satunya selalu menoleh ketika dipanggil pus. Kelucuan lainnya ketika ia masih kecil yang gemar bermain apalagi bermain bola yang sangat disukainya. Kelucuan lainnya ketika ia sedang tidur yang mengerutkan tubuhnya ketika udara hambar dan tidak mau berdiri walaupun sudah dibangunkan. Kelucuan lainnya, dapat anda perhatikan sendiri.

Dengkuran Kucing Menghasilkan Gelombang Alpha

Kucing bukan hanya mengakibatkan keceriaan bagi si pemiliknya yang dapat meredakan tingkatan stres. Manfaat kesehatan lainnya memiliki kucing juga dapat dirasakan bagi si pemilik yakni dari dengkuran si kucing.

Suara dengkuran dari si kucing ini menghasilkan frekuensi gelombang otak yang ada kemiripannya dengan gelombang alpha insan berada pada frekuensi 25 - 150 Hertz. Gelombang ini bisa mengakibatkan suasana tenang. Bahkan disarankan oleh spesialis psikologi, ketika kucing berada dipangkuan kita dengan mengelus-eluskannya, hal itu dibiarkan saja sampai kucing mendengkur.

Timbulnya bunyi dengkuran dari si kucing ini menunjukan bahwa si kucing memiliki rasa kenyamanan di sisi sang pemilik. Biasanya bunyi dengkuran ini akan terdengar ketika kita memanjakannya dengan cara mengelus-eluskan bulunya, menggendongnya, ketika ia akan meminta makan dan mengajaknya bermain. 

Selain itu, bunyi itu akan terdengar dan menawarkan getaran diseluruh badan kucing disaat ibu kucing sedang menyusui anaknya sebagai petanda menenangkan mirip layaknya ia sedang menyanyikan lagu nina bobok buat si anak, menawarkan rangsangan keberadaannya. Kemudian, kucing juga akan mendengkur dikala ia sedang sakit bahkan menjelang kematiannya. Ini dilakukan oleh si kucing untuk menghilangkan rasa stres.

Fakta Dengkuran Kucing Bagi Kesehatan Manusia

Sebuah fakta yang mengejutkan yang belum pernah diketahui oleh kebanyakan orang ketika ini. Dengkuran kucing ternyata memiliki kekuatan penyembuahan bagi pemiliknya atau bagi mereka yang mendengar bunyi ini. Ini menunjukan bahwa kucing dapat dijadikan hewan terapi di rumah anda. Bahkan dibeberapa kawasan mirip panti jompo, selalu memelihara kucing biar bunyi dengkuran itu dapat terdengar bagi mereka yang mendiamani rumah tersebut.

Pernah dibahas dalam sebuah tayangan televisi swasta pada program Dr Oz mengenai kekuatan penyembuh dari dengkuran kucing ini dan menurut penelitian oleh para mahir wacana fakta dengkuran kucing yang memiliki sisi kesehatan bagi insan di antaranya sebagai berikut :

1. Menimbulkan Keceriaan dan Meredakan Tingkatan Stres
Hewan yang lucu menggemaskan ini gemar sekali bermain. Apalagi diajak bermain menggunakan bola, petak umpet atau menggunakan 1 batang lidi yang panjang. Interaksi antara pemilik dengan si kucing semacam ini akan mengakibatkan rasa sedang, bangga antar keduanya. Ini dibuktikan dari hasil survei yang dilakukan oleh Cats Protection, 76% orang yang terlibat dalam surveinya menunjukan turunnya tingkatan stres pada diri seseorang. Berinteraksi dengan kucing juga dapat meningkatkan energi positif.

Selain mengajaknya berinteraksi, bunyi dengkuran ketika kita memanjakannya dalam pangkuan, ketika ia tidur kemudian kita mendengar bunyi dengkurannya dan sebagainya mirip yang telah disebutkan, bunyi dengkuran itu bisa menenangkan pikiran baik si kucing itu sendiri dan pemiliknya dikarenakan bunyi tersebut berada di frekuensi gelombang alpha.

2. Menurunkan Tekanan Darah dan Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Kebanyakan orang tidak akan percaya kalau anda mengatakan ini ke orang tersebut. Apakah termasuk diri anda ? Tetapi ketahuilah, dalam studi yang dilakukan oleh Journal of Vascular and Interventional Neourology, ini bukanlah suatu mitos dan benar adanya. Paling tidak anda membutuhkan waktu lebih kurang 10 menit untuk mendengar bunyi dengkuran dari si kucing untuk menawarkan manfaat kesehatan bagi badan anda. Dengan begitu anda akan mengurangi 40% resiko terkena stroke dan penyakit jantung. 

3. Menimbulkan Efek Terapi
Bagi yang memiliki hewan pemelihara kucing di rumahnya, secara tak sadar ia telah memelihara hewan terapi di rumahnya. Frekuensi gelombang yang dihasilkan dari dengkuran kucing berada pada kisaran 25 - 150 Hertz akan membantu kesehatan tulang manusia. Disarankan bagi anda untuk mendengar bunyi dengkuran ini bagi yang mengalami cidera otot, patah tulang, salah urat dan sebagainya. Efek terapi lainnya, bunyi ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka, menyembuhkan infeksi dan pembengkakan. 

Disamping itu, kalau kucing yang kita pelihara di jaga kebersihannya, hewan ini juga dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan badan insan mirip yang sudah dijelaskan pada tayangan program Dr Oz. Tak perlu anda kuatir dengan bulu/rambut yang rontok, asalkan kita merawatnya dengan baik bakteri tidak menempel pada bulu/rambutnya. 

Jika bunyi dengkuran itu sering anda dengan setiap harinya, dapatlah anda mencicipi manfaat kesehatan dari dengkuran si kucing kesayangan anda.