Penyebab Pusing Tiba-Tiba Saat Berdiri

Pusing Tiba-Tiba Saat Berdiri-Beberapa orang sangat mudah mengalami pusing tiba-tiba saat berdiri. Kondisi ini terjadi apabila kita sedang duduk dan seketika itu berdiri dan tiba tiba kepala terasa pusing. Tetapi setelah beberapa saat rasa pusing itu hilang dengan sendirinya tanpa diobati. Hal ini hanya perlu diwaspadai jika Anda merasakan Pusing tiba tiba saat berdiri,bisa jadi Anda beresiko tinggi mengalami gagal jantung.

Seperti dilansir Ghiboo.com, rasa pusing mendadak setelah berdiri ini disebabkan oleh penurunan tekanan darah yang cepat, yang dikenal sebagai hipotensi ortostatik. Para peneliti berasumsi, orang yang mengalami gejala tersebut 54 persen lebih mungkin ada potensi mengidap penyakit gagal jantung.Dan hanya 34% saja untuk orang yang memiliki hipertensi,Peneliti juga menjelaskan bahwa orang berusia 44-55 tahun lebih berisiko mengalami masalah gangguan pada jantung.

pusing saat tiba tiba berdiri

Penelitian oleh tim ilmuwan dari University of North California yaitu melakukan pengukuran tekanan darah dari 12.000 pasien ketika tak lama setelah mereka berdiri atau setelah mereka bangun dari posisi duduk.

Setelah sekitar 17,5 tahun kemudian, peneliti menemukan 11 persen orang yang mengidap potensi gagal jantung mengalami hipotensi ortostatik.Dan hanya 4% saja dari mereka yang tidak berpotensi penyakit gagal jantung.

"Hipotensi ortastik tampaknya berkaitan dengan perkembangan penyakit gagal jantung. Hipertensi, diabetes dan penyakit jantung koroner sudah dikenal berkontribusi terhadap risiko seseorang terkena gagal jantung," papar pemimpin penelitian Dr Christine DeLong Jones, dikutip melalui Dailymail, Kamis (22/3).


Gagal jantung saat ini mengancam jutaan orang di seluruh dunia. Gagal jantung adalah sebuah kondisi dimana jantung mengalami kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh.Gagal jantung umumnya disebabkan oleh otot jantung yang menjadi terlalu lemah atau kaku, sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Jika Anda merasa mengalami Pusing Saat tiba tiba berdiri,jangan sampai tidak untuk segera memeriksakannya kepada ahli kesehatan. Sehingga akan mendapatka penanganan yang terbaik untuk kesehatan anda.