10 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Beraktifitas

Cara Menghilangkan Ngantuk. Aktifitas yang kita lakukan sehari-hari tak lepas dengan kebutuhan energi yang dibutuhkan tubuh. Jika energi kita belum cukup untuk melaksanakan aktivitas rutinitas, maka banyak sekali duduk perkara akan menghambat jalannya aktivitas tersebut. Sebagai contohnya ialah sering menguap akhir ngantuk, pasti tidak fokus jikalau maelakukan sesuatu dengan keadaan ngantuk.

Aktifitas yang biasa diganggu oleh kantuk ialah mencar ilmu dan berkendara. Yang paling mengkhawatirkan ialah berkendara, keadaan mata yang tidak besar lengan berkuasa untuk konsentrasi menempuh perjalanan akhir ngantuk akan memperbesar risiko terjadinya kecelakaan.

Rasa ngantuk yang timbul memang tidak diperlukan ataupun dibuat-buat, itu terjadi begitu saja. Oleh sebab itu Anda wajib mengatasinya biar aktifitas harian Anda tidak terganggu. Simak ulasan lengkap mengenai beragam cara menghilangkan ngantuk ketika beraktifitas berikut ini.

Cara Menghilangkan Ngantuk

Jika

Karena ada 3 kondisi, yaitu ketika berkendara dan belajar. Maka ulasannya akan dipisah untuk memudahkan Anda dalam membacanya.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Berkendara

Untuk memperkecil angka final hidup akhir kecelakaan, maka Anda tidak boleh mengantuk ketika mengemudi. Berikut ini tips mengatasi ngantuk ketika berkendara.

1. Hindari waktu mengemudi berlebihan

Jangan hingga Anda mengemudikan kendaraan beroda empat lebih dari 3 jam tanpa henti. Sebab, saraf sensorik dan motorik Anda akan mengalami ketegangan akhir dipaksa untuk membagi konsentrasi antara mengingat jalan, menatap depan, menekan tuas untuk menghidupkan lampu sen dan masih banyak lagi.

2. Istirahat dan lakukan olahraga ringan

Berkendara terlalu jauh akan membuat badan jadi lelah dan dapat menjadikan rasa kantuk. Maka dari itu ikuti cara menghilangkan rasa ngantuk dengan beristirahat dan melaksanakan olahraga ringan.

3. Tidak mengonsumsi karbohidrat berlebih

Karbohidrat dapat menyebabkan kantuk. Oleh karenanya, hindari konsumsi karbohidrat ibarat nasi dan roti gandum ketika di perjalanan. Hal tersebut mampu terlaksana sebab karbohidrat mengubah L-Tryptophan atau asam amino menjadi niacin dan vitamin B. Sementara niacin akan memproduksi seretonin dimana senyawa ini dapat merangsang badan untuk berada pada keadaan nyaman, sehingga memicu rasa kantuk.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar

Ketika mencar ilmu ataupun mengerjakan peran diselimuti rasa ngantuk pasti benar-benar mengganggu. Maka dari itu segara atas dengan cara menghilangkan ngantuk ketika mencar ilmu berikut ini.

1. Jangan Monoton

Kegiatan mencar ilmu yang monoton akan membuat otak jadi jenuh sehingga mata akan merasa ngantuk dengan mudah. Untuk mengatasinya, Anda jangan mempelajari 1 bidang studi secara terus menerus, ganti juga posisi mencar ilmu Anda menjadi lebih santai.

2. Sambil Ngemil

Jika otak bekerja terlalu lama, mampu menyebabkan efek pada perut lapar. Maka dari itu Anda mampu berhenti mencar ilmu sejenak untuk mencari cemilan. Ngemil ketika mencar ilmu telah banyak memudahkan seseorang dalam hal belajar. Sebab lisan akan terus bergerak sehingga otak Anda tidak terlal fokus pada pelajaran, tetapi juga pada cemilan yang sedang dikunyah.

3. Buat Suasana Belajar Yang Nyaman

Tips yang satu ini juga diyakini banyak orang dapat memperlancar proses belajar. Buatlah suasana mencar ilmu senyaman mungkin biar mood untuk mencar ilmu akan muncul, misalnya sambil mendengarkan musik atau mencar ilmu di taman yang hijau dan asri.

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Lainnya

Seperti yang dilansir oleh iDiva berikut ini cara mengatasi rasa ngantuk secara umum.
  1. Minum Air Putih

    Dehidrasi ialah hal yang mudah terjadi ketika bekerja. Saat dehidrasi badan akan lemah dan ngantuk, maka dari itu jangan pernah lupa untuk meletakkan air putih di meja kerja Anda.

  2. Bernapas dalam-dalam

    Pernah senam yoga? Pasti setiap gerakan diakhiri dengan menarik napas dalam-dalam. Hal tersebut dilakukan semata-semata bukan untuk menghirup oksigen, tetapi pikiran juga lebih hening dan Anda tak mudah terserang stress.

  3. Minum teh herbal

    Daripada minum kopi lebih baik ganti dengan teh herbal. Sebab teh herbal lebih ringan efeknya dibanding kopi.

  4. Menurunkan suhu AC

    Cuma segelintir orang yang tau teknik ini. Ketika bekerja dan tiba-tiba rasa kantuk datang, coba turunkan suhu AC hingga yang paling dingin. Kedinginan akan membuat mata dan badan lebih segar.
Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan ngantuk ketika beraktifitas. Sebagai tips tambahan, janganlah Anda sering bergadang jikalau esoknya tahu akan melaksakanan aktifitas berat dan lama biar tidak mudah ngantuk.