Cara Gampang Mengendalikan Gulma Senggani ( Sengganen )

Dasar Pertanian - Gulma merupakan salah satu persoalan dalam bidang pertanian maupun perkebunan. Gulma yaitu rumput atau tumbuhan liar yang tumbuh disekitar tumbuhan dan kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman. Jenis-jenis gulma memang cukup banyak dan bervariasi. Ada gulma yang mempunyai daun lebar dan ada juga gulma berdaun sempit. Ada gulma yang mempunyai batang keras dan sulit untuk dikendalikan dan ada juga gulma yang gampang di kendalikan. Salah satu jenis gulma yang sangat sulit di kendalikan yaitu tumbuhan senggani atau biasanya kai sebut sengganen/garudu. Cara mengendalikan senggani ini sanggup dikatakan cukup sulit sebab tumbuhan senggani mempunyai daya tahan yang kuat. Jika hanya di tebang saja maka akan tumbuh lagi.

Pada umumnya gulma senggani ini akan tumbuh pada lahan yang keras dan jarang disentuh oleh pemilik lahan. Untuk mengendalikan senggani diharapkan beberapa tips yang saya rasa cukup mudah. Berikut ini beberapa Cara Praktis Mengendalikan Gulma Senggani ( Sengganen ) yang sanggup anda coba sendiri.
 
 Gulma merupakan salah satu persoalan dalam bidang pertanian maupun perkebunan Cara Praktis Mengendalikan Gulma Senggani ( Sengganen )

1. Menggunakan cangkul

Cara mengendalikan gulma senggani yang paling gampang yaitu dengan mencangkul hingga pecahan akarnya. Cara ini memang terkesan usang dan melelahkan namun sanggup mencegah gulma ini utnuk tumbuh kembali.

2. Menyemprot dengan herbisida

Cara kedua mengendalikan gulma senggani yaitu dengan menyemprot herbisida khusus untuk senggani. Silahkan anda tanyakan di toko pertanian terdekat apa herbisida yang manis untuk tumbuhan senggani.

3. Menebas

Cara paling sering dilakukan petani untuk mengendalikan dan membersihkan lahan dari gulma senggani yaitu dengan menebasnya. Tapi jikalau senggani ditebas maka tidak usang dia akan tumbuh lagi, kecuali anda menebasnya hingga keakar-akarnya.

Mungkin itu Cara Praktis Mengendalikan Gulma Senggani ( Sengganen ) yang umum dilakukan oleh kebanyakan petani, supaya bermanfaat.