4 Jenis Tanaman Ini Bermanfaat Usir Nyamuk

Dimusim pancaroba atau dimusim penghujan sering kali banyak orang mengalami kemerahan , bisul dan gatal yang yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Beberapa jenis dari serangga penghisap darah ini bertanggung jawab terhadap beberapa jenis penyakit berbahaya tertentu menyerupai malaria , demam berdarah , penyakit chikunguya dsb. Memang banyak materi kimia yang beredar dipasaran yang terkandung dalam obat anti nyamuk yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk , tetapi tentu memiliki efek samping untuk kesehatan.

N , N-Dietil-meta-toluamida , juga disebut DEET (/ diːt /) atau dietiltoluamida , ialah materi aktif yang paling umum digunakan untuk repellen serangga sering digunakan dalam kandungan materi pengusir serangga termasuk nyamuk. materi kimia serangga ini sering mengandung pestisida beracun yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Pestisida ini dikenal sebagai DEET. Paparan berat terhadap DEET telah dikaitkan dengan kehilangan ingatan , sakit kepala , kelemahan , kelelahan , nyeri otot dan sendi , tremor dan sesak napas pada insan dan sangat beracun bagi anak-anak.

nah untuk menghindari efek samping penggunaan lotion atau obat pengusir serangga yang berbahaya bagi kesehatan , sebaiknya kita beralih ke materi bahan alami yang terbukti lebih aman digunakan dan tentu saja efektif dalam mengusir nyamuk. Berikut ialah beberapa materi alami yang memiliki kegunaan untuk mengusir dan menghindari gigitan nyamuk:

Citronella / tanaman serai
Tanaman Ini Bermanfaat Usir Nyamuk

Tanaman serai atau citronella sangat populer dimasyarakat tidak hanya sebagai bumbu kuliner tetapi tanaman yang berbau harum khas ini bisa mengusir nyamuk , cukup tanam serai disekitar rumah anda maka nyamuk akan pergi menjauh. Atau gunakan irisan serai dan sebar ditempat yang banyak nyamuk. Atau gunakan minyak serai untuk lotion dikulit efektif untuk menghindari gigitan nyamuk.

Bunga Lavender
Tanaman Ini Bermanfaat Usir Nyamuk

Lavender tanaman berbau wangi khas dan nyamuk membencinya! Untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda , tambahkan setetes lavender ke kain atau tisu dan letakkan di sekitar jendela yang terbuka. Nyamuk pasti akan berpikir dua kali untuk masuk! Atau tambahkan 2 tetes minyak lavender ke dalam minyak zaitun dan gosok ke kulit , dijamin nyamuk tidak akan menggigit anda. Atau bila anda mempunyai hobi berkebun cukup tanam tanaman ini disekitar rumah anda maka nyamuk akan pergi menjauh.

Rosemary
Tanaman Ini Bermanfaat Usir Nyamuk

Rosmarin (Rosmarinus officinalis) atau rosemary ialah salah satu Tanaman yang dapat mengusir nyamuk dan sekaligus dapat dijadikan Herbal dan bumbu.

Catnip
Tanaman Ini Bermanfaat Usir Nyamuk

Ibaratnya , catnip ini ialah tumbuhan ganja bagi kucing. Catnip yang dijilat dan dikunyah oleh kucing akan membuat kucing bertingkah lucu di sekitar tanaman , sehingga banyak yang menduga kucing tersebut sedang berfantasi akhir catnip. Catnip ini juga termasuk tanaman pengusir nyamuk dan pengusir tikus , lho. Cukup tanam disekitar rumah atau gunakan sebagai lotion maka nyamuk akan menjauh.