Cara Hitung Rumus Penting Peternakan Ayam Broiler

Dalam dunia perjuangan peternakan ayam broiler , pengetahuan dalam menghitung rumus rumus teknis pemeliharaan dan produksi ternak ayam broiler mutlak atau wajib diketahui peternak. Karena disadari atau tidak peternak pun harus memiliki administrasi yang baik layaknya perusahaan alasannya yakni hal ini menyangkut laba rugi peternakan ayam broiler. Tentu semua peternak tidak ingin mengalami kerugian bukan. Rumus rumus ini mampu dijadikan standar pola pemeliharaan ayam broiler dalam hal manajemen. Hal ini mampu dijadikan sebagai standar administrasi pemeliharaan , administrasi pengobatan dan juga administrasi pakan. Dengan administrasi yang baik , peternakan juga akan berjalan dengan baik , begitu juga sebaliknya administrasi yang buruk dalam peternakan broiler juga akan berimbas buruk juga dalam hasil yang didapatkan.

Rumus pemeliharaan ayam broiler

 Tidak peduli besar kecilnya populasi ayam broiler yang dipelihara , administrasi yang baik juga akan menghasilkan hasil ibarat yang diharapkan. Peternakan broiler memiliki waktu pemeliharaan singkat , cepatnya perputaran uang dan banyak dimiliki oleh peternak baik dengan sistem kemitraan maupun mandiri. Evaluasi pada peternakan juga membutuhkan sejumlah perangkat pengukuran yang dinamakan parameter. Sebagai materi perbandingan , parameter tersebut dibandingkan dengan standar dari breeder. Nah berikut yakni beberapa rumus yang paling tidak harus diketahui oleh peternak ayam broiler:

Keterangan :
  • Rumus Indeks prestasi / IP atau sering juga disebut dengan Indeks performan (tingkat administrasi pemeliharaan ayam broiler)
  • Rumus Kematian pemeliharaan ayam broiler atau sering disebut dengan deplesi yang dihitung dalam persentase (%)
  • Rumus BW (body weight) atau BB (bobot badan) yakni rataan bobot badan
  • Rumus FCR (feed conversion ratio) atau konversi pakan atau dengan kata lain berapa jumlah pakan yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 kg berat / bobot ayam
  • Rumus A/U  : umur rata-rata panen (hari)
  • FI / Feed Intake : Pemakaian pakan

Nah berikut dibawah ini yakni bagaimana cara menghitung rumus rumus tersebut:

Rumus Menghitung IP Broiler
Khusus peternakan broiler ada satu parameter utama yang sering dipergunakan untuk mengukur keberhasilan peternakan yaitu indeks performan (IP). Nilai IP digunakan untuk menentukan nilai insentif/ bonus bagi peternak (bagi kemitraan) maupun pekerja kandang. Berikut rumus indeks performan (IP) tersebut.
IP = (100 - Deplesi) x BB x 100
                     FCR x (A/U)

Standar IP yang baik ialah di atas 300. Oleh alasannya yakni itu , semakin tinggi nilai IP maka semakin berhasil suatu peternakan broiler tersebut atau dengan kata lain >300 semakin baik. Standar penghitungannya yakni sebagai berikut:
  • >400 : Exellent
  • 300-399 : Baik
  • <300 : Kurang

Rumus menghitung Bobot tubuh (BB) rata-rata / BW
Rumus ini digunakan untuk mengukur berat tubuh baik ketika kontrol berat tubuh maupun ketika panen. Berikut rumus tersebut :

BB = Bobot timbang (kg)
          Jumlah ayam (ekor) = BW

Mengetahui bobot tubuh ayam akan menjadi pola dalam pemeliharaan. Jika bobot tubuh rata-rata lebih kecil dari standar lakukan beberapa perbaikan misalnya dalam tata laksana derma pakan dan pengaturan kepadatan kandang. Bw sering dilakukan secara rutin tiap ahad dan ketika panen.

Cara Menghitung Rasio konsumsi pakan terhadap peningkatan berat tubuh atau Feed Conversion Ratio (FCR)

FCR =
Jumlah pakan yang dikonsumsi (kg) / Feed Intake
        Berat tubuh yang dihasilkan (kg) = FCR

Dengan kata lain , FCR didefinisikan berapa jumlah kilogram pakan yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu kilogram berat badan. Idealnya satu kilogram pakan dapat menghasilkan berat tubuh 1 kg atau bahkan lebih (FCR ≤ 1). Sayangnya , kondisi tersebut tidak selalu terjadi. Pada broiler biasanya target FCR = 1 maksimal dapat dicapai sebelum ayam berumur 2 ahad (FCR dua ahad ± 1 ,047-1 ,071. Setelahnya , FCR akan meningkat sesuai umur ayam.

Cara menghitung Rata-rata umur ayam ketika panen (A/U)
Parameter ini menghitung rata-rata umur ayam yang dipanen. Pemanenan yang termasuk ke dalam parameter ini ialah pemanenan ayam sehat pada bobot tubuh tertentu. Makara , ayam afkir tidak masuk ke dalam perhitungan ini. Misalnya ada usul 600 ekor ayam broiler berat 1 kg kepada peternak broiler yang memiliki populasi 3.000 ekor. Sehingga peternak memutuskan memanen 600 ekor ayam yang sudah mencapai berat 1 kg sedang yang lainnya (2400 ekor ,red) tidak. Rumus menghitung A/U ialah :

A/U =
∑(U x P)
total populasi terpanen

Keterangan :

U : umur ayam dipelihara
P : populasi ayam yang dipanen

Cara Menghitung Tingkat deplesi populasi
Deplesi populasi atau penyusutan jumlah ayam mampu berasal dari dua hal yaitu maut dan afkir ayam (culling ayam). Rumus menghitung tingkat deplesi (D) ialah sebagai berikut :

Deplesi =
Jumlah ayam mati + afkir x 100% 
            Populasi awal

atau mampu juga ,

Deplesi =
Populasi awal - jumlah ayam panen x 100% 
                     Populasi awal

Contoh Perhitungan  Rumus
Sebuah peternakan ayam broiler komersial dengan hasil recording sebagai berikut:

Populasi awal : 5.000 ekor
Populasi simpulan : 4.850 ekor
Umur panen : 28 hari
Berat panen total : 6.776 ,4 kg
Jumlah pakan total : 9.400 kg
Berat DOC : 40 g/ ekor
Ayam mati : 65 ekor
Ayam afkir : 85 ekor
Waktu panen :

21 hari --> 520 ekor    = 0 ,82 kg
28 hari --> 3.850 ekor = 1 ,4 kg
35 hari --> 480 ekor    = 2 kg

maka perhitungannya ialah ,

Deplesi
= (65 + 85) ekor x 100% 
              5000 ekor
Deplesi = 3 %

(persentase deplesi maksimal = +5%)

Rata-rata BB ayam ketika panen
= (480 x 2) + (520 x 0 ,82) + (3.850 x 1 ,4) kg 
                 3.850 + 480 + 520 ekor
= 960 + 426 ,4 + 5.390 kg
              4.850 ekor
= 6.776 ,4 kg
     4.850 ekor
= 1 ,4 kg/ ekor ayam

FCR / Feed conversion ratio / Konversi pakan
= 9.400 kg (Feed Intake) 
    6776 ,4 kg – (0.04 kg x 5000)
= 1 ,43

A/U / Rata rata umur panen
= (21x520)+(28x3850)+(35x480)
                      (4850) ekor
= 27 ,94 hari
(waktu panen ayam di perhitungan ini ialah 28 hari)


IP / indeks performance
= (100% - 3%) x 1 ,4 kg x 100
            1 ,43 x 27 ,94 hari
= 339 ,89 (standar IP: ≥ 300)


Perhitungan Break Even Point (BEP) / Titik Impas
Nilai kualitas performan ayam ditunjukkan dari nilai IP sedangkan untuk nilai rupiah tercermin dari nilai BEP harga. BEP harga digunakan untuk menentukan tingkat harga jual semoga mencapai titik impas (tidak untung tidak rugi). Metode ini paling sering digunakan oleh peternak. Seperti diketahui , bahwa harga ayam broiler mengikuti harga pasar sehingga peternak sulit mengatur harga sendiri. Dengan metode BEP harga tersebut , ketika harga jual ayam sudah melewati nilai BEP harga peternak mampu menjualnya. Metode penghitungan BEP ialah sebagai berikut.

BEP = (FCRxBBxP)+DOC+BOP+BVK
                                 BB

Keterangan :
BB : berat tubuh rata-rata ayam
P : harga pakan per kg
DOC : harga DOC
BOP : biaya operasional
BV : biaya pengobatan (vaksin , antibotik , vitamin , desinfektan dsb)