Cara Mencegah & Menjauhkan Ular Dari Rumah Anda

Mencegah ular masuk rumah - Ketika mendengar kata ular kebanyakan dari kita akan bergidik takut walaupun ada juga beberapa yang berani menangkapnya. Walaupun anda berani kontak eksklusif dengan ular pastikan untuk menggunakan peralatan yang aman untuk menangkapnya atau menjauhkannya dari rumah anda. Menurut aneka macam penelitian dari banyaknya spesies ular namun hanya sedikit saja dari mereka yang benar benar berbisa , namun demikian anda tetap harus waspada dengan gigitan ular tidak berbisa sekalipun.

Cara Mencegah & Menjauhkan Ular Dari Rumah Anda

Sebagian besar spesies tidak berbisa tapi tetap saja hal itu sangat meresahkan dikala Anda menemui ular dirumah. Nah kali ini saya akan mengembangkan sedikit tips perihal bagaimana cara mencegah ular masuk kerumah anda sekaligus menjauhkan mereka dari lingkungan rumah. Ular memang tampak angker namun tetap saja reptil ini berperan penting demi kelangsungan ekosistem , jadi jangan pernah membunuhnya kecuali kalau terpaksa , cukup cegah dan jauhkan dari lingkungan rumah anda.

Yang perlu anda ketahui mencegah ular datang ke rumah anda?

Pastikan tidak ada daerah yang membuat ular tertarik untuk bersembunyi / bersarang
Ular , jenis reptil atau hewan liar apapun didunia ini sejatinya tidak mau bertemu atau mendekati manusia. Mereka mendekat dan tertarik dengan hal yang berkaitan dengan insan kalau mereka kehabisan sumber pangan yang ada di alam atau alam liar yang menjadi daerah alami mereka hidup semakin berkurang dengan pembukaan lahan gres untuk pembangunan. Nah dari itu sedikit tips bisa membantu anda menjauhkan dan mencegah ular - ular ini masuk ke lingkungan bahkan ke ruangan rumah anda:

  • Bersihkan rumput liar yang tinggi , semak atau tumbuhan liar disekitar rumah anda sebab hal ini bisa membuat ular tertarik untuk tinggal dan bersarang khususnya lingkungan rumah yang bersinggungan eksklusif dengan sungai , persawahan atau lingkungan alam terbuka lainnya.
  • Jauhkan tumpukan kerikil , tumpukan kayu , bahan-bahan bangunan yang menumpuk dan membuat rongga gelap yang menarik ular untuk bersembunyi.
  • Bersihkan gudang atau ruangan ruangan yang gelap dirumah anda sebab ular sejatinya menyukai daerah tempat gelap dan lembab.
  • Buat atau sediakan ventilasi yang membuat sirkulasi udara dirumah anda dapat berjalan baik , sekali lagi ular menyukai tempat-tempat lembab.

Pastikan tidak ada makanan yang menarik ular datang ke rumah anda
Seperti kita ketahui bahwa kebanyakan ular makanan alaminya yaitu katak , tikus , burung maupun serangga serangga lain. Ketika pasokan makanan alami ini mulai tidak kurang atau tidak didapatkan lagi di habitat alaminya mereka akan bermigrasi untuk menerima makanan yang cukup tidak terkecuali dirumah maupun lingkungan rumah anda. Beberapa tips memutus pasokan makanan yang mungkin tersedia dirumah anda yang membuat ular tertarik masuk kerumah anda yaitu sebagai berikut:

  • Jauhkan hewan hewan peliharaan menyerupai burung yang mungkin menarik ular untuk datang dan memakannya. Buatkan kandang yang cukkup kuat.
  • Memelihara peliharaan yang memutus siklus makanan ular menyerupai kucing. Kucing secara eksklusif akan memangsa ular dan serangga-serangga kecil yang merupakan makanan alami ular. Nah dikala tidak didapatkan lagi tikus dan serangga serangga dirumah anda maka ular akan menjauh dari lingkungan rumah anda.
  • Intinya jauhkan segala jenis makanan yang membuat ular tertarik utnuk tinggal dan menetap.

Menggunakan materi alami pengusir ular / Repellent
Beberapa materi kimia dapat menjadikan ancaman lain untuk hewan peliharaan atau anggota keluarga anda , nah anda bisa mencoba menggunakan materi bahan alami ini untuk menjauhkan ular dari rumah anda:

  • Menggunakan kabur barus , gerus atau haluskan kabur barus dan taburkan di daerah tempat gelap atau di ruangan yang dimasuki ular akan menjauh.
  • Buat semprotan menggunakan minyak kayu manis dan minyak cengkeh yang dikenal dengan materi eugenol dengan rasio 1: 1 , baunya yang khas dan efek panas pada kulit akan mengusir ular diruangan rumah anda.
  • Menggunakan segala wewangian yang beraroma berpengaruh untuk mengusir ular dari rumah anda.
  • Marigolds (Calendula officinalis) atau di Indonesia dikenal dengan bunga keningkir , tanam disekitar rumah anda dijamin bisa menjauhkan ular dari rumah anda + bonus nyamuk juga menjauh.