Tips Menambah Ukuran RAM PC & Laptop Tanpa Software

Menambah ukuran RAM - Random acces memori / memori susukan acak atau yang lebih kita kenal dengan RAM yaitu sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut , menyerupai tape magnetik , disk dan drum , di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Bahasa mudahnya RAM menjalankan dan mengolah data aktivitas atau aplikasi yang tersimpan di di komputer , laptop atau perangkat lain yang menggunakannya selama mereka menyala tanpa berurutan tidak menyerupai media penyimpanan memori lain menyerupai ROM , disk dsb.

Oleh alasannya itu kapasitas RAM akan sangat besar lengan berkuasa terhadap kecepatan susukan dan pengolahan data pada perangkat yang menggunakannya. Semakin besar kapasitas atau ukuran RAM , maka aktivitas yang dijalankan mampu semakin banyak dengan lancar begitu juga sebaliknya. Maka tidak mengherankan bila beberapa komputer , laptop atau perangkat tertentu menggunakan kapasitas besar untuk menjalankannya sesuai dengan tujuan penggunaannya menyerupai pola mudah yaitu komputer gaming.

Komputer gaming sesuai dengan tujuannya yaitu mengolah data dengan kapasitas besar untuk menghasilkan grafik permainan yang tajam dan menarik maka biasanya komputer gaming memiliki kapasitas RAM yang lebih besar daripada komputer yang digunakan secara umum. Nah bagi anda yang memiliki hobi membuka atau menggunakan aplikasi yang berkapasitas besar tetapi kmputer atau laptop hanya memiliki kapasitas yang cukup kecil , kali ini aku akan membuatkan sedikit tips bagaimana menambah kapasitas memori RAM semoga semakin besar. Metodenya yaitu kita mengambil sedikit bab Hard Disk (HDD) untuk dijadikan RAM virtual. Berikut tutorialnya disertai dengan gambar lengkap (klik pada gambar untuk memperbesar):


 1   Klik Start => Klik kanan Computer => Properties

Tips Menambah Ukuran RAM PC & Laptop Tanpa Software 1

 2   Kemudian klik Advanced system settings

Tips Menambah Ukuran RAM PC & Laptop Tanpa Software 2

 3   Pada tab Advanced , klik Settings

Tips Menambah Ukuran RAM PC & Laptop Tanpa Software 3

 4   Pada tab Advanced yang selanjutnya , klik Change

Tips Menambah Ukuran RAM PC & Laptop Tanpa Software 4

 5   Uncheck Automatically manage paging file size for all drivers. Pilih partisi HDD yang ingin dijadikan memori RAM virtual. Seperti pada gambar sebagai pola , Local Disk E: memiliki 65462 MB , aku akan mengalokasikan 4000 MB (Initial size) dan 8000 MB (Maximum size).
Langkah terakhir , klik OK dan restart komputer.

Tips Menambah Ukuran RAM PC & Laptop Tanpa Software 5