Tips & Cara Mengolah Ikan Agar Tidak Amis

Ikan merupakan salah satu materi makanan yang mengandung banyak sumber gizi penting yang baik untuk kesehatan. Salah satu nutrisi penting yang terdapat pada ikan yaitu asam lemak baik atau asam lemak omega 3 yang baik dalam menjaga dan meningkatkan fungsi otak sehingga sangat kuat dalam meningkatkan kecerdasan. Disebut dalam tabel nutrisi dari situs wikipedia berbahasa Indonesia berikut yaitu beberapa kandungan nutrisi yang terkandung dalam ikan:

Source Image: Selerasa.com
Jumlah sajian Per 100 g
Kalori (kcal) 205
Jumlah Lemak 12 g   
Lemak jenuh 2 ,5 g   
Lemak tak jenuh ganda 4 ,4 g   
Lemak tak jenuh tunggal 4 ,4 g   
Kolesterol 63 mg   
Natrium 61 mg   
Kalium 384 mg   
Jumlah Karbohidrat 0 g   
Serat pangan 0 g   
Protein 22 g   
Vitamin A      50 IU        Vitamin C      3 ,7 mg
Kalsium         15 mg       Zat besi          0 ,3 mg
Vitamin D      0%            Vitamin B6    0 ,6 mg
Vitamin B12  2 ,8 µg       Magnesium    30 m

Kebanyakan orang bisa dipastikan suka dengan citarasa ikan namun , beberapa mungkin malas mengolah ikan menjadi kuliner karena baunya yang bacin dan menyengat. Bau bacin dalam ikan disebabkan oleh kandungan protein yang tinggi.  Pada dasarnya , basi bacin pada ikan bisa dikurangi bahkan dihilangkan dengan materi alami. Asalkan menggunakannya sesuai takaran , cita rasa ikan dipastikan tidak akan berubah dan tidak mengurangi nilai gizi. Berikut yaitu beberapa materi alami untuk menghilangkan basi bacin ikan.

Tips Mengolah Ikan Agar Tidak Amis

Daun Dan Kulit Jeruk
Daun maupun kulit jeruk bisa membantu Anda menghilangkan basi bacin pada ikan. Buah yang terkenal dengan kandungan Vit C yang tinggi ini sangat bermanfaat dalam mengurangi basi bacin pada ikan. Caranya cukup mudah , rebus daun atau kulit jeruk lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci ikan sebelum di goreng atau dimasak. Atau anda cukup mengiris tipis tipis daun jeruk lalu gunakan irisan daun jeruk tersebut untuk membaluri ikan yang sudah dibersihkan sebelum digoreng atau diolah. Untuk ikan yang dimasak kuah santan , memasukkan 1 atau 2 daun jeruk ke dalam kuliner selain menambah rasa sedap juga bisa menghilangkan basi amis.
   
Apel
Buah apel rupanya dipercaya bisa menghilangkan basi bacin ikan. Iris tipis-tipis buah apel lalu masukkan ke dalam minyak atau air untuk memasak ikan. Angkat irisan apel tersebut ketika ia layu. Minyak maupun air untuk memasak ini akan menyerap basi bacin ikan tanpa mengurangi rasa alami ikan.

Cuka
Cuka putih dipercaya bisa mengurangi basi bacin ikan. Namun ingat , ketika menggunakan cuka untuk menghilangkan basi bacin ikan , usahakan menggunakan secukupnya saja. Rasa asam cuka bisa merusak rasa ikan jikalau Anda menggunakannya terlalu berlebihan.
   
Air Lemon
Peras jeruk lemon dan gunakan airnya untuk menyiram ikan sebelum dimasak. Hal ini disinyalir bisa mengurangi basi bacin ikan. Agar air lemon tidak merubah rasa ikan , sebelum dimasak atau digoreng pastikan mencuci ikan sampai bersih terlebih dahulu.
   
Jahe
Aroma harum dari jahe tidak hanya bisa menghangatkan badan tetapi juga bisa digunakan sebagai penangkal basi bacin ikan. Saat Anda masak ikan baik digoreng ataupun masak kuah , usahakan memasukkan jahe ke dalam bumbu. Jahe tidak harus dihaluskan , Anda cukup mememarkannya saja.

Dengan materi alami tersebut , tidak ada alasan bagi Anda untuk khawatir dan malas memasak ikan karena baunya yang amis. Selain materi di atas , Anda juga bisa menggunakan bawang putih , daun kemangi , daun serai dan kunyit untuk menghilangkan basi bacin ikan.