Dengan Cara Ini Buah & Sayur Tetap Segar Tanpa Disimpan di Kulkas

Mengonsumsi ataupun mengolah sayuran dan buahan segar tentu akan menambah cita rasa tersendiri daripada anda mengolah atau memasak sayuran yang telah layu. Ternyata kelembapan sangat menghipnotis daya simpan buah dan sayur supaya tahan lebih lama selain pemilihan buah dan sayur yang baik , faktor faktor lain ternyata juga menghipnotis cara penyimpanan supaya buah dan sayur tetap segar walaupun disimpan tidak di kulkas. Berikut trik untuk menyimpan buah dan sayur , bahkan tanpa derma lemari pendingin atau kulkas!

Source image: veemarket.co.id

Tips Simpan Buah & Sayur Tetap Segar Lebih Lama

Pemilihan buah dan sayur yang baik akan tahan lama jikalau disimpan
Ya memilih buah dan sayur yang baik akan menghipnotis daya simpan. Pilih buah dan sayur dalam kondisi baik (tidak cacat , lecet , kondisi terbuka dsb). Buah dan sayur dalam kondisi terbuka , lecet akan memudahkan basil maupun jamur tumbuh dan tentunya mudah membuat sayur dan buah menjadi lebih cepat busuk.

Sayuran dan buah baik disimpan dalam daerah yang berventilasi
Ternyata , ventilasi udara sangat penting dalam menyimpan buah dan sayur. hal ini besar lengan berkuasa terhadap kelembapan dan suhu. Tempat yang pengap tanpa sirkulasi udara akan memudahkan buah dan sayur mudah busuk. Sayuran khususnya akan lebih baka dan segar jikalau mereka di alam kotak kayu atau plastik dengan ventilasi udara. Apa pun tempatnya , anda perlu memperlihatkan ruang supaya ada celah untuk keluar masuk udara untuk mencegah pembusukan.

Buah dan sayur bertahan di lingkungan kering
Selain sirkulasi udara yang baik ternyata lingkungan yang kering juga akan menambah daya simpan sayur dan buah. Kelembaban dapat mempercepat penyebaran jamur. Letakkan handuk kertas atau kain di dalam boks atau daerah penyimpanan buah dan sayur. Kain atau kertas tisu tebal (paper towel) akan menyerap kelebihan kelembapan dan mencegah buah dan sayur membusuk.

Simpan pada suhu ruangan
Tahukah Ibu bahwa memang ada buah dan sayur yang tidak mampu disimpan di dalam kulkas. Paprika , mentimun dan toman harus disimpan dalam suhu kamar. Paprika misalnya dapat kehilangan tekstur kenyal jikalau disimpan dalam kulkas. Sementara mentimun dan tomat mampu bermetamorfosis sangat berlendir. Pisang juga akan cepat bermetamorfosis hitam jikalau masuk ke dalam kulkas. Khusus untuk pisang , bungkus batang atau bonggol pisang dengan plastik supaya tetap segar.

Jangan mencuci buah dan sayur jikalau ingin disimpan
nah ini seringkali hal yang salah yang sering dilakukan. Sebaiknya jangan mencuci buah dan sayur saat sayur dan buahan tersebut belum akan dikonsumsi alasannya yakni dengan mencucinya membuat daya simpan buah dan sayur akan menjadi lebih pendek. Jika buah dan sayuran yang terlihat kotor mampu dilap sementara dengan kain atau tisu. Mencuci buah dapat menghapus perlindungan alami dari buah dan sayur. Hal ini meningkatkan risiko jamur dan bacin pada buah dan sayur.

Simpan bawang di dalam kantung.
Bawang merah dan bawang putih ternyata akan baka jikalau disimpan di dalam ruang yang gelap. Jika tidak memiliki boks besar yang gelap , Ibu mampu menaruh bawang di dalam kantung kertas dan berikan beberapa lubang kecil sebagai ventilasi. Dengan cara itu , Ibu mampu menyimpan kantung tersebut di mana saja. Jangan lupa masukkan bawang merah , bawang putih dan aneka macam jenis bawang lain di kantung terpisah.