Bagaimana Agar Siswa Berprestasi Di Sekolah?

Berprestasi di sekolah - Seringkali banyak alasan yang dikemukakan untuk mereka yang iri dengan sahabat yang selalu berprestasi ibarat "wajar jikalau beliau pinter kan di selalu les privat" atau "orang tuanya kan dosen wajar kalau beliau dapat ranking terus" , ataupun "dia kan anak orang kaya jadi wajar jikalau beliau pinter , kan beliau dapat akomodasi banyak". Banyak alasan yang keluar untuk mengomentari mereka yang selalu berprestasi disekolah , bukannya menyebabkan teladan atau motivasi bagi diri untuk menggandakan prestasi mereka.

Tips Berprestasi Di Sekolah
Image source: Jordans.com
Semua anak atau siswa memiliki kesempatan yang sama untuk berprestasi disekolah tidak peduli status sosial orang tuanya , kaya atau miskin kondisi siswa tersebut dsb. Yang kita perlukan untuk mengejar prestasi tersebut ialah kemauan dan perjuangan yang lebih keras. Tidak ada suatu hal yang baik bisa didapatkan tanpa melalui proses , semangat dan kerja keras. Nah berikut ialah beberapa tips yang mungkin berkhasiat untuk membantumu menjadi siswa yang berprestasi di sekolah:
  
Tips Berprestasi Di Sekolah

Antusiasme dan semangat belajar
Siswa yang antusias dengan pelajaran pelajaran yang diberikan mempunyai semangat yang lebih untuk menguasai mata pelajaran atau bahan yang diberikan. Antusiasme ini akan mereka wujudkan dengan kemauan untuk selalu berguru , selalu mengulang pelajaran baik dirumah atau disekolahan , menanyakan apa yang belum mereka ketahui dan mendengarkan dengan penuh perhatian bahan pelajaran yang diterangkan oleh guru. Mereka selalu mempelajari bahan pelajaran bahkan untuk pelajaran yang kurang mereka sukai.

Jadilah seorang pemimpin. Latihlah rasa tanggung jawabmu.
Pemimpin yang baik akan mempelopori atau menjadi teladan yang baik bagi sahabat teman mereka. Jadilah pemimpin yang bertanggung jawab untuk sahabat temanmu. Ajak mereka untuk berguru kelompok , megerjakan peran tugas sekolah , berdiskusi dan share mata pelajaran dsb. Melatih jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab akan berbagi karaktermu dan membentuk kebiasaan sebagai "leader" untuk masa depanmu kelak.

Bisa membagi waktu dengan baik
Siswa yang baik dan berprestasi selalu bisa membagi waktu dengan baik di sekolah maupun dirumah. Mereka memiliki kontrol waktu dimana mereka harus berguru , bermain , membantu orang renta , cukup istirahat dan sebagainya. Semuanya dilakukan secara berimbang. Setelah pulang sekolah , kita sering ingin cepat-cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya , contohnya makan dan istirahat. Padahal setelah seharian di sekolah , tak terasa tubuh kita membutuhkan masukan energi pemanis yang bisa didapatkan dari istirahat dan makanan yang kita makan. Oleh jadinya kita harus dapat membagi waktu untuk makan , istirahat dan bermain. Kalau semuanya dilakukan dengan baik , tubuh jadi segar setiap hari! Kaprikornus tidak sering mengantuk di kelas!

Kedisiplinan
Karena bisa membagi waktu dengan lebih baik mereka akan memiliki disiplin waktu. Selalu berdiri pagi dan datang sempurna waktu disekolah , disiplin mengerjakan peran tugas sekolah tanpa ada satupun yang terlewat , memiliki kegiatan berguru yang rutin dsb. Sehingga waktu berguru akan mereka gunakan dengan baik , tidak hanya berguru giat saat mepet ujian. Belajar sebagai rutinitas akan sangat baik untuk memori jangka panjang.
   
Memiliki rutinitas belajar
Belajar tidak selalu harus disekolah , kau bisa berguru dimana saja dan dengan siapa saja. Belajar berkelompok , berguru dengan pendampingan saudara atau orang renta atau bisa les privat untuk berbagi kemampuan belajarmu dengan lebih baik. Apabila ada yang kurang terang dari keterangan guru di sekolah , kalian dapat menanyakan hal tersebut kepada orang tua. Selain itu , kalian juga dapat berguru dari sahabat yang berprestasi.
   
Banyak berlatih pelajaran yang kurang disuka
Apabila kau tidak menyenangi suatu mata pelajaran , contohnya matematika , maka banyak-banyaklah berlatih , mengikuti kursus atau berguru berkelompok dengan teman. Sehabis berguru bisa bermain dan menambah sahabat gres di daerah kursus. Selain itu , siapa tahu dari kurang menyukai matematika , kalian malahan menyukainya.
   
Ikutilah kegiatan ektrakurikuler yang kau senangi
Cari tahu kegiatan apa yang cocok dan kau suka. Contohnya apabila kalian suka pelajaran tae kwon do , cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut , sehingga selain berguru pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah , kalian juga dapat menerima pelajaran pemanis di luar sekolah.

Jangan suka melaksanakan kebiasaan buruk
Kebiasaan kebiasaan buruk ibarat terlalu banyak menonton tv , begadang , malas berguru , mencontek , berguru hanya saat akan ujian , tidak mengerjakan peran sekolah dsb. Kewajiban seorang siswa yang utama ialah untuk belajar. Tidak ada orang lain yang bisa mengambil keuntungan dari prestasimu , kau sendirilah yang akan menikmatinya di masa depan.