Tips Menyesuaikan Diri (Beradaptasi) Di Lingkungan Kerja Baru

Adaptasi lingkungan kerja baru - Lingkungan kerja yang gres bagi kebanyakan orang akan serasa menegangkan. Takut membuat kesalahan , takut kelihatan tidak tepat , takut tidak bisa mengikuti keadaan dan takut tidak diterima di lingkungan kerja gres merupakan kekhawatiran yang paling umum terjadi. Tentu akan menjadi hal yang menggembirakan ketika anda diterima di perusahaan atau daerah bekerja yang sesuai dengan minat anda , tetapi rasa senang dan riang itu akan pudar setelah beberapa hari ketika anda tidak bisa pribadi mengikuti keadaan dengan lingkungan kerja yang baru.

adaptation to the new working environment

Bagi mereka yang tidak mudah mengikuti keadaan atau menyusaikan diri dengan lingkungan kerja yang gres , mereka akan mudah merasa panik dan gelisah memikirkan memulai hari-hari gres di kantor gres , lingkungan gres , dan orang-orang baru. Pertanyaan-pertanyaan tak percaya diri akan mulai bergema. Mulai dari bagaimana jikalau semua orang sinis dan tidak menanggapi saya? Bagaimana kalau saya berbuat kesalahan , panik dan benar-benar kikuk? Bagaimana kalau saya tidak bisa bekerja dengan maksimal? Jangan khawatir , perasaan tersebut normal , kok! Semua orang pasti mengalaminya , just chill! Makara , tarik napas dan lakukan hal-hal ini untuk membantumu menyesuaikan diri dalam bulan-bulan pertama di pekerjaan barumu.

Tips Menyesuaikan Diri di Tempat Kerja Baru

Cara pakaian untuk penampilan / Dress to Impress
Kamu pasti telah sering mendengar istilah ini , menjaga penampilan sangatlah penting dalam dunia profesional. Berpakaian rapi , bersih dan nyaman bisa meningkatkan kepercayaan diri di lingkungan kerja baru. Pakaian tidak harus gres , yang terpenting yaitu berpenampilan dan berpakaian yang membuatmu merasa nyaman dan tentu saja tidak bertentangan dengan aturan perusahaan tempatmu bekerja. Caramu berpakaian bisa meningkatkan kepercayaan dirimu dilingkungan kerja yang baru.

Bangun rasa Percaya Dirimu
Kekhawatiran dan ketakutan merupakan sulitnya beradpatasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru. Untuk mengatasi ini tingkatkan rasa percaya dirimu , pertanyaannya bagaimana membangun rasa percaya diri dengan orang orang gres , dengan lingkungan dan sistem kerja yang baru? Ingatlah bahwa kau diterima diperusahaan ini tentu alasannya yaitu kau memenuhi kriteria yang dicari perusahaan. Mulai dari skill , latar pendidikan , potensi diri dan kemampuanmu membuat pewawancara berkesan untuk menerimamu diperusahaan ini.

Kamulah yang diterima di antara puluhan , ratusan bahkan ribuan pelamar lain. Perushaan pasti telah melihat potensi padamu selama proses penerimaan. Kamu mendapatkan usulan tersebut alasannya yaitu mereka melihatmu yaitu anggota gres yang akan bisa berkontribusi bagi perusahaan. Percayalah pada kemampuan yang kau miliki dan percaya bahwa kau akan dihargai karenanya. Hadapi episode gres dalam hidupmu dengan senyum lebar dan pikiran yang terbuka , alasannya yaitu kau akan baik-baik saja! Kalau perusahaan menganggapmu memenuhi kriteria apa yang harus kau takutkan lagi?

Buat suasana lebih nyaman , kalem dan mencair
Ya , kalem , itulah yang kau perlukan untuk membuatmu mudah mengikuti keadaan dengan lingkungan kerja baru. Santai bukan berarti menganggap remeh dan membuat segalanya mudah , tetapi lebih berarti bagaimana membuat dirimu lebih nyaman dengan lingkungan kerja baru. Nervous dan sedikit kikuk merupakan hal yang wajar terjadi , dan itu menunjukan bahwa kau peduli dan menginginkan hasil yang terbaik untuk performamu di kantor baru. Tetapi , terlalu gugup dan panik bisa membuat hidupmu jadi lebih ribet dan sulit. Tarik napas dan santailah sedikit. Rencanakan sebuah perjalanan atau lakukan hal-hal menyenangkan sebelum kau harus masuk kantor baru.

Nyalakan semangat dan Antusiasme untuk bekerja lebih baik
Ingat selalu bahwa bulan bulan pertama bekerja yaitu masa percobaan / training jadi pastikan selalu menjaga semangat kerja dan antusiasme tinggi , bahkan ketika masa training berakhir tetaplah pada semangat dan antusiasme kerja yang tinggi. Hal ini akan menunjukkan bahwa kau berprestasi dan berpeluang besar kariermu akan terus meningkat. Tidak perlu panik , kalem saja. Lakukan pekerjaanmu sebaik mungkin , perhatikan segala sesuatunya biar kau tidak perlu bertanya berulang kali , dan jangan ragu menawarkan pendapat dalam diskusi. Para bos akan menghargai ide-ide segar , jadi jangan malu. Gunakan kesempatan ini untuk mengesankan mereka.

Cari Teman-Teman Baru
Rasa kikuk , takut dan nervous ketika mengikuti keadaan dengan lingkungan kerja gres yaitu hal yang wajar alasannya yaitu anda belum memahami dan mengenal abjad orang orang didalamnya. Sapaan “halo” atau “hai” yang simpel akan menjadi penolongmu dalam bergaul dengan teman-teman baru. Buatlah korelasi yang nyaman dengan rekan kerja anda dalam semangat kekeluargaan. Ketika anda menemukan keluarga lain selain dirumah , rekan kerja anda yang perhatian dan saling peduli anda akan mengikuti keadaan dengan lebih baik. Tidak perlu takut pertama kali menjalin korelasi dengan rekan kerja anda , lama-lama , kalian akan menjadi sahabat seiring berlalunya waktu.