5 Tips & Cara Jitu Menghadapi Kritikan

Menghadapi kritikan - Setiap orang memiliki hak untuk memberikan pendapat , saran , masukan maupun kritikan. Kritikan yang membangun terang perlu kita tanggapi dengan rendah hati karena kritikan yang ditujukan akan meningkatkan kualitas diri kita untuk menjadi lebih baik.

Tips Menghadapi Kritikan Yang Disampaikan
Image source: Huffingtonpost.com
Kritik yaitu problem penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman , memperluas apresiasi , atau membantu memperbaiki pekerjaan atau kualitas diri. Setiap kritikan tentu mempunyai alasan , apakah kritikan membangun atau kritikan yang hanya bertujuan meruntuhkan sopan santun tanpa disertai dengan alasan yang terang , nah berikut yaitu tips biar kita tidak selalu dikritik:

Tips Menghadapi Kritikan Yang Disampaikan

Setiap kritikan mempunyai alasan
Menurut gua langsung , gua akan sangat berterima kasih kepada siapa saja yang mengkritik gua dengan tujuan membangun. Setiap kritikan tentu memiliki alasan yang terang , apakah karena tindakan kita yang kurang baik , tindakan kita mampu berpotensi merugikan orang lain dsb. Kirtikan yang bersifat membangun tentu akan membuat kualitas diri kita menjadi lebih baik kalau kita menanggapinya dengan baik. Bukannya kita marah karena selalu dikritik tetapi sebaliknya kita patut mengapreasi dan berterima kasih karena mereka yang mengkritik kita karena suatu alasan yang terang berarti mereka masih mempedulikan kita.

Tanggapi kritikan membangun dan anggap angin lalu kritikan yang menjatuhkan
Seperti gua jelaskan pada poin diatas bahwa setiap kritikan pasti memiliki alasan yang jelas. Apakah itu kritikan yang membangun ataukah kritikan yang hanya menjatuhkan. Tanggapi dengan baik setiap kritikan yang membangun kualitas diri kita menjadi lebih baik dan anggap angin lalu setiap kritikan yang menjatuhkan tanpa alasan yang realistis. Orang yang bertujuan baik tentu akan mengkritik dengan alasan yang sempurna sedang mereka yang hanya mampu mengkritik , mencemooh , menghina atau mengejek anggap angin lalu saja.

Ambil pesan yang tersirat dari setiap kritik yang kita dapat. Kritik seringkali menampilkan banyak hal penting yang tersembunyi dari pandangan atau pikiran kita. Sebelum bereaksi terhadap kritik , sebaiknya kita menelitinya terlebih dahulu. Bila kritik itu salah , mampu diabaikan. Namun kalau benar , maka mampu kita jadikan sarana penting untuk memperbaiki diri.

Memandang kritik dari sisi yang positif
Kritik pada dasarnya mampu digolongkan ke dalam dua hal , yakni yang berlandaskan maksud baik dan maksud jahat. Namun , sebagai langsung yang merdeka , kita punya pilihan untuk memandang bahwa semua kritik tersebut dilontarkan atas maksud baik (positif). Cara pandang mirip ini sangat menguntungkan karena membuat pikiran kita lebih jernih sehingga mampu mengambil manfaat kritik dengan maksimal. Tanamkan asumsi kepada diri sendiri bahwa mendapat kritik merupakan hal yang membanggakan. Ya , kritik biasanya ditujukan kepada orang yang berkarya , orang yang melaksanakan apa-apa , atau orang yang menyandang status “penting”.

Sebaliknya , orang yang pasif , berdiam diri , dan tidak populer biasanya jauh dari kritik. Makara "i agree with you" saat kritik dilontarkan memiliki alasan dan membangun , "just go to hell" saat kritik yang dilontarkan hanya ingin menjatuhkan mental. Baca juga cara mengkritik yang baik.

Jangan sakit hati & menyimpan dendam
Jangan biarkan diri kita hanyut dalam perasaan sakit hati dan dendam saat menerima kritik , alasannya yaitu hal itu sangat merugikan diri sendiri. Kerugian tersebut menyerupai mengkremasi seluruh rumah sendiri untuk membunuh seekor tikus yang bersembunyi di balik lemari.

Gunakan cara yang asertif dalam menanggapi kritik
Cara yang asertif yaitu cara yang menegaskan pendirian dan pendapat dengan yakin , terang , tegas , dan positif. Sikap mirip itu memungkinkan kita untuk menyatakan pendapat atau kehendak dengan tegas , elegan , dan terhormat dengan tetap menjaga harga diri dan kehormatan orang lain.