Ketahui 9 Manfaat Manggis Bagi Kesehatan Serta Obat Tradisional

Manfaat Manggis. Manggis menyandang nama ilmiah Garcinia mangostana.L yang merupakan buah mudah tumbuh pada daerah beriklim tropis menyerupai Indonesia, Malaysia, Singapura dan beberapa negara Asia Tenggara lain. Dalam dunia perdagangan buah ini juga mendapat sebutan unik adalah “ratu buah”, menjadi pasangan dari buah durian yang dikatakan sebagai “raja buah”.

Manggis memiliki tiga adegan utama adalah kulit, daging, dan biji. Daging mempunyai rasa manis bila buah matang sementara bijinya pahit. Cara menyantap lebih umum diawali dengan membelah kulit terluar dengan hati-hati kemudian barulah dimakan dagingnya.

Manfaat Manggis

manfaat manggis
(c) Deherba
Buah manggis banyak turut serta dalam hal menjaga tubuh tetap fit dan lebih besar lengan berkuasa dari serangan penyakit sebab ratu buah ini menyimpan antioksidan besar lengan berkuasa yang juga bersifat sebagai anti-peradangan. 

Banyak orang yang mengolah buah serta kulit manggisnya hanya diperuntukkan sebagai obat tradisional dan vitamin tubuh. Hal ini dikarenakan banyaknya simpanan nutrisi baik dalam adegan manggis. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh seputar manfaat buah manggis silahkan perhatikan ulasan berikut.

1. Pembasmi virus

Senyawa berjulukan Xanthome terdapat dalam buah manggis yang mempunyai kemampuan dalam membasmi virus ataupun nanah jamur. Senyawa tersebut juga membantu menyingkirkan karsinogen yang dapat merusak kulit Anda.

2. Peningkat stamina

Sebelum Anda mengantarkan tubuh melawan teriknya cahaya matahari di siang hari hanya untuk memperoleh sesuap nasi dengan cara halal, alangkah baiknya minum jus kulit manggis sehabis sarapan semoga energi yang tertampung lebih besar lengan berkuasa dipakai untuk bekerja.

3. Obat Diare dan Sariawan

Manggis telah banyak dimanfaatkan untuk mengobati sariawan dan diare sehingga sangat wajar bila banyak negara yang membudidayakan buah ini. Contohnya Filipina yang mengolah manggis sebagai obat sariawan, diare, disentri dan gangguan pencernaan.

4. Meringankan Gejala PMS

Saat PMS terjadi perubahan hormon sehingga banyak menimbulkan gejala menyerupai pusing (Baca: Cara Menghilangkan Sakit Kepala) dan emosi yang mudah tersinggung. Untuk mengatasi hal tersebut para mahir Negeri Jiran (Malaysia) mengolah akar manggis untuk mengatur menstruasi dengan cara merebusnya.

5. Menurunkan Berat Badan

Manggis dapat membantu berat tubuh tetap stabil, sehingga risiko mengalami kenaikan sangatlah kecil. Dengan menyeimbangi olahraga teratur dapat memudahkan lemak pada perut menjadi terkikis sehingga tubuh Anda semakin langsing.

6. Obat Jerawat

Buah manggis bersifat sebagai anti-virus dan antibakteri yang bisa juga Anda manfaatkan untuk menghilangkan jerawat membandel di kulit wajah Anda. Jangan terlalu Anda ambil pusing dilema klasik menyerupai ini, carilah jalan keluar yang tepat.

7. Menghambat Laju Sel Kanker

Buah manggis menyediakan antioksidan besar lengan berkuasa yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker serta mencegah penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini juga melindungi tubuh dari radikal bebas yang memicu stres oksidatif atau ‘karat seluler’ yang pada balasannya menimbulkan sejumlah kondisi medis yang parah.

Kolesterol berlebih memicu terjadinya obesitas (kegemukan). Manfaat yang satu ini bisa dikatakan sama dengan beberapa poin sebelumnya adalah menurunkan berat badan. Tetapi dalam konteks yang satu ini manggis lebih dipergunakan untuk mengontrol tingkat trigliserida yang berfungsi sebagai pengontrol kerja hati manusia.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Banyak pantangan makanan bagi penderita hipertensi, tetapi tidak untuk buah manggis. Sebab buah ini justru bisa menurunkan tekanan dalam darah yang bila dibiarkan berlebih dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung koroner. Hal ini tidak lepas dari kandungan mineral yang tinggi menyerupai magnesium, tembaga, dan mangan.

Sekarang Anda telah mengetahui bahwa manfaat manggis sangatlah banyak. Selain baik untuk kesehatan tubuh adegan dalam khasiat buah manggis lainnya juga baik untuk kesehatan kulit sehingga bagi Anda yang wanita dapat mempertahankan kecantikan diri dengan metode alami.