Tips Mengobati Luka Biar Tak Berbekas

 Punya bekas luka di salah satu potongan badan memang sangat menjengkelkan Tips Mengobati Luka Agar Tak Berbekas - Punya bekas luka di salah satu potongan badan memang sangat menjengkelkan, apalagi kalau luka tersebut melekat pada posisi yang terlihat eksklusif oleh mata, contohnya di siku dan lutut dimana kedua potongan ini memang paling sering terluka. Untuk itu, ketahuilah tips mengobati luka semoga tidak meninggalkan bekas sesuai yang dilansir oleh WebMD berikut ini.

Cegah luka semoga tak berbekas dengan proses penyembuhan

Rasa khawatir yang muncul ketika seseorang sedang terluka yakni takut kalau bekas luka tersebut akan membekaskan jaringan perut, goresan, dan jahitan pada kulit. Langkah yang harus Anda ambil untuk mencegah timbulnya bekas luka yakni dengan proses penyembuhan luka yang baik.

Praktis kok, ikuti saja tiga langkah berikut ini:

1. Bersihkan luka

Agar tidak abuh dan menjadikan bekas, Anda perlu membersihkan kulit yang terluka memakai air dingin. Setelah itu tuang alkohol secukupnya pada sebuah kapas, kalau sudah eksklusif saja tempelkan pada luka tersebut, memang terasa agak perih tapi jenis pengobatan ini lebih efektif dan cepat untuk menyembuhkan luka. Terakhir yakni membersihkan kulit sekitar luka memakai kain lap dan sabun yang tidak bersifat keras dan beralkohol, hingga higienis juga. Tujuan proses penyembuhan ini yakni mencegah kuman yang masuk ke kulit melalui luka tersebut menjadi lebih sedikit, bahkan tidak ada sama sekali.

2. Tutup luka

Setelah Anda membersihkan luka, langkah selanjutnya yakni menutup luka rapat-rapat memakai perban atau kasa semoga luka pada kulit Anda tidak gampang terinfeksi oleh bakteri, kotoran, dan iritasi lainnya. Selain itu, tujuan dari menutup luka ini yakni untuk menjaga kelembaban luka pada beberapa hari pertama semoga proses penyembuhan lebih cepat dan tidak meninggalkan bekas.

3. Jaga kelembaban luka

Setelah luka Anda dibersihkan dan ditutup, yang terakhir yakni Anda harus sesegera mungkin menjaga kelembaban luka tersebut. Caranya dengan memakai krim atau salep antibiotik yang berfungsi untuk menciptakan luka tetap higienis dan lembab sehingga mengurangi timbulnya bekas luka pada kulit Anda.

Setelah Anda melaksanakan tiga proses penyembuhan diatas, selanjutnya akan muncul bulatan yang menutupi luka Anda yang dikenal dengan istilah koreng. Jika tidak ingin meninggalkan bekas luka pada kulit, maka jangan pernah Anda garuk atau mengorek koreng tersebut alasannya yakni hal ini sanggup menciptakan kuman lebih gampang masuk, efeknya luka Anda semakin usang sembuh dan ujung-ujungnya meninggalkan bekas luka.