7 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan

 Puasa yaitu ibadah wajib yang harus ditunaikan oleh setiap muslim 7 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan
- Puasa yaitu ibadah wajib yang harus ditunaikan oleh setiap muslim, khususnya kaum muslimin yang tidak pernah berhalangan (kecuali sakit). Ibadah puasa menjadi momen yang sempurna untuk membersihkan diri dari segala dosa yang pernah kita perbuat, baik kepada Yang Mahakuasa SWT maupun kepada sesama makhluk-Nya.

Terkadang seseorang enggan berpuasa sebab alasan tidak kuat. Ya itu memang tujuan puasa dimana kita harus menahan nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Maka dari itu banyak orang yang nekat mengendap-endap untuk makan ataupun minum.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan


Oleh karenanya semoga Anda semakin termotivasi dalam menjalankan ibadah puasa, Anda harus tahu kalau sebenarnya berpuasa juga menawarkan dampak nyata terhadap kesehatan. Tepat pada artikel ini akan dibahas secara ringkas seputar manfaat puasa untuk kesehatan tubuh.

Jantung Tetap Sehat

Penyakit jantung atau stroke yaitu ancaman yang cukup serius bagi manusia. Terlebih lagi untuk masyarakat Indonesia yang dicap oleh banyak negeri sebagai negara yang dipenuhi dengan jumlah perokok aktif. Maka dari itu, puasa yaitu masa-masa yang sempurna untuk menjaga kesehatan jantung dari timbunan nikotin. Puasa akan menciptakan tubuh memperbanyak produksi HDL dan meminimalisir LDL (kolesterol jahat) yang berbahaya bagi kesehatan jantung bila jumlahnya berlebih.

Hati Tenang, Adem Ayem dan Tentram

Salah satu perintah terberat ketika berpuasa yaitu menahan emosi. Ini menjadi suatu keharusan, oleh karenanya berpuasa secara psikologis menciptakan hati menjadi lebih damai dan tentram. Sementara dari segi medis puasa akan menurunkan kadar adrenalin pada tubuh. Reaksi nyata bagi kesehatan misalnnya mengurangi risiko penyakit pembuluh darah, jantung, dan otak.

Kondisi Hormon Seksual Meningkat Pesat

Sebuah riset menunjukan adanya integrasi antara hormon testoteron (kejantanan), perangsang kantung (FSH), dan lemotin (LH) yang mana setiap hormon tersebut kuat terhadap performa seksual.

Ketika berpuasa, ketiga hormon tersebut akan menurun sejak beberapa hari pembukaan puasa. Namun, sesudah beberapa hari siklus berpuasa dilaksanakan, ketiga hormon tersebut justru akan meningkat pesat sehingga gairah seksual pun cukup tak terkendali.

Menurunkan Berat Badan Orang Gemuk

Rupanya acara puasa juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan seseorang yang menderita kegemukan. Dengan berpuasa, sistem pencernaan dalam tubuh, terutama usus akan higienis dari sisa-sisa makanan. Dengan begini, pengaruh penimbunan lemak pun akan berkurang seiring kondisi usus semakin bersih.

Performa Sistem Imun Menjadi-jadi

Seharusnya, puasa menciptakan tubuh jadi lemas dan simpel terjangkit penyakit. Tapi telah terungkap kabar bergotong-royong puasa justru menciptakan tubuh seseorang akan lebih kebal terhadap penyakit dikarenakan terjadinya peningkatan kadar Limfosit hingga angka 10 kali lipat dalam tubuh. Makara mulai kini jangan Anda mengira kalau puasa akan menciptakan tubuh simpel sakit.

Meningkatkan Kinerja Ginjal

Ginjal yaitu salah satu organ vital dalam tubuh dengan tugas sebagai penyaring zat kimia dari kuliner atau minuman yang sanggup merusak organ tubuh lain.

Dengan berpuasa ginjal akan semakin bersemangat dalam bekerja, kenapa? Sebab ketika menjalani puasa kadar osmosis urin berada dikisaran 1000 hingga 12.000 ml/kg air. Dan satu-satunya jalan yang sanggup ditempuh yaitu mengurangi asupan mineral yaitu ketika berpuasa.

Mencegah Diabetes

Penyakit akhir berlebihnya nutrisi yang menyokong kesehatan tubuh menyerupai diabetes, hiperkolesterol, dan obesitas akan ditangkal ketika berpuasa. Sebab, berpuasa akan memaksa tubuh mengontrol kadar gula dan lemak yang masuk ke dalam tubuh, dampak positifnya ya itu tadi, tubuh akan lebih kebal terhadap penyakit akhir kelebihan nutrisi.

Puasa sangat banyak manfaatnya, baik untuk kesehatan tubuh secara jasmani maupun rohani. Maa dari itu jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk memperbaiki diri Anda. Semangat berpuasa, carilah berkah ramadhan.