Gejala Asam Urat, Penyebab Dan Cara Mencegah

 Asam urat merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya zat purin dalam  Gejala Asam Urat, Penyebab dan Cara Mencegah
- Asam urat merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya zat purin dalam tubuh. Zat purin yang hiperbola ini akan diolah oleh tubuh menjadi asam urat, namun dikarenakan zat purin yang berlebih menciptakan tubuh kewalahan dalam mengolah sehingga ginjal akan mengalami gangguan yaitu tidak bisa mengeluarkan asam urat dengan benar yang berujung pada rasa nyeri di penggalan persendian jawaban adanya tumpukan kristal di penggalan persendian.

Bicara soal zat purin, apakah Anda sudah tahu apa itu? Jika belum, mari kita kenali dulu sebelum lebih jauh mengulas ihwal penyakit asam urat ini.

Zat purin merupakan zat yang terbentuk dari kuliner yang kita konsumsi sehari hari menyerupai yang berasal dari tubuh makhluk hidup, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Makara bisa diambil kesimpulan bahu-membahu penyakit asam urat merupakan sisa metabolisme zat purin yang berasal dari kuliner yang kita konsumsi tiap hari dimana lebih mayoritas menyerang seseorang pada usia lanjut. Asam urat juga mengundang beberapa penyakit lain menyerupai diabetes, gangguan ginjal atau hipertensi. Jika dibiarkan tanpa dilakukan banyak sekali tindakan medis bisa mengakibatkan terjadinya penyakit kerikil ginjal yang berujung pada gagal ginjal

Gejala Penyakit Asam Urat


Kenali apa saja tanda-tanda penyakit asam urat biar Anda bisa memberi diagnosa pada diri sendiri kalau akan menderita penyakit ini, namun ada baiknya Anda eksklusif menanyakan pada dokter kalau tubuh Anda memberi sinyal berupa tanda-tanda menyerupai berikut ini.

1. Ketika bangkit tidur di pagi hari dan menjelang tidur di malam hari biasanya sendi akan terasa nyeri dan hal ini terjadi tiap hari.
2. Beberapa rasa nyeri pada persendian biasanya disertai dengan linu, ngilu, kesemutan, pembengkakan, dan meradang dengan warna kemerahan.
3. Di penggalan lengan akan terasa nyeri sendi, lebih tepatnya pada area menyerupai jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan, penggalan siku, lutut dan tumit.
4. Jika sudah parah, biasanya tanda-tanda yang timbul ialah dikala Anda bergerak dalam beraktivitas sendi akan mengalami rasa sakit yang tak biasa.

Penyebab Penyakit Asam Urat


Asam urat terjadi disebabkan oleh beberapa kuliner yang kita konsumsi tiap hari dimana makanan-makanan ini seharusnya (juga) menjadi pantangan bagi penderita asam urat, apa saja? Simak berikut ini beberapa jenisnya.

1. Makanan jeroan menyerupai hati, otak, babat, ginjal, usus, paru, dan limpa.
2. Daging-dagingan menyerupai daging sapi, daging kambing, sampai daging kuda.
3. Makanan maritim (seafood) menyerupai cumi-cumi, kerang, sotong, remis, ikan sarden, ikan teri, tiram, dan udang.
4. Ekstrak daging menyerupai dendeng dan abon.
5. Daging angsa kalkun dan angsa.
6. Makanan yang dikemas dalam kaleng menyerupai sarden, kornet sapi, dan masih sebagainya.
7. Untuk buah-buahan yang menjadi pantangan sekaligus penyebab asam urat contohnya nanas dan durian.
8. Beberapa sayuran menyerupai bayam, buncis, kembang kol, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, dan aspragus.
9. Kacang-kacangan menyerupai tauge, kacang hijau, kacang tanah, melinjo, kacang kedelai dan olahannya menyerupai tempe dan oncom.
10. Makanan yang mengandung protein disertai tinggi lemak.

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat


Untuk mencegah penyakit ini Anda bisa melaksanakan beberapa hal menyerupai berikut.
  • Banyak mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C menyerupai jeruk, strawberry, dan pepaya.
  • Buah dan sayur yang bisa juga mengobati asam urat menyerupai buah naga, sawi putih, belimbing sayur, sawi hijau, tomat, dan jahe.
  • Konsumsi kuliner yang juga kaya potasium menyerupai pisang, yoghurt, dan kentang.
  • Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks melimpah menyerupai roti, ubi, singkong, dan nasi.
  • Kurangi makan kuliner bagus menyerupai permen, gula, sirup, arum manis, dan gulali.
  • Bagi Anda yang berpostur gembul, segera melaksanakan diet untuk menurunkan berat badan Anda.
  • Jangan minum obat aspirin.
  • Jangan bekerja terlalu ekstra biar tubuh tidak kelelahan.
  • Olahraga rutin minimal 3 kali dalam seminggu.
  • Minum air putih minimal 8 gelas sehari atau 2 liter air mineral.

Untuk lebih menambah pengetahuan anda mengenai penyakit ini silahkan baca juga artikel mengenai obat asam urat tradisional. Sampai disini apakah Anda sudah mengenal apa saja tanda-tanda asam urat, penyebab asam urat, dan cara mencegah asam urat?