Kandungan Manfaat Dan Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan

 Bagian flora yang bisa dikonsumsi yaitu daunnya yang masih muda Kandungan Manfaat dan Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan
- Tanaman katuk merupakan jenis flora perdu. Memiliki nama Latin Sauropus androgynus (L) Merr, katuk termasuk ke dalam famili euphorbiaceae. Bagian flora yang bisa dikonsumsi yaitu daunnya yang masih muda. Daun katuk sering dijadikan sayur, sayur bening, urap daun katuk, dan gulai.

Sejak usang daun katuk dipercaya mempunyai khasiat untuk kesehatan manusia. Hal ini tidak lepas dari banyak sekali kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

Kandungan kalori, protein, dan karbohidrat daun katuk hampir setara dengan daun pepaya dan daun singkong. Sedangkan kandungan zat besi dan proteinnya lebih tinggi daripada kedua jenis daun tadi. Daun katuk juga kaya vitamin A, B1, dan C.

Manfaat Daun Katuk


Senyawa fitokimianya menyerupai tanin, saponin flavonoid, dan alkaloid papaverin berpotensi sebagai materi obat alami. Berikut ini manfaat daun katuk untuk kesehatan badan manusia.

Melancarkan ASI

Di negeri kita, daun katuk dikenal sebagai pelancar ASI berkat kandungan protein, senyawa minyak esensial (saponin, flavonoid, tanin, triterpenoid), sejumlah asam amino, vitamin A, B, dan C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi), serta tujuh senyawa aktif lainnya. Penelitian terhadap kemampuan daun katuk dalam memproduksi ASI sudah banyak dilakukan. Prof. Dr. H. Sardjono O. Santoso DSFK, seorang farmakolog dari UI, bahkan berani memproduksi tablet daun katuk untuk melancarkan ASI.

Kesehatan Mata

Di dalam tubuh, kandungan betakaroten yang tinggi (vitamin A) dipercaya membantu mencegah gangguan mata.

Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium pada katuk cukup baik, cocok diasup oleh kaum wanita yang tidak ingin terkena osteoporosis.

Mengatasi Hipertensi

Kadar kalsium yang sangat rendah sanggup menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi. Untuk mengatasinya, cobalah mengonsumsi daun katuk yang cukup baik kadar kalsiumnya.

Vitalitas Pria

Dalam katuk terdapat zat aktif yang bisa merangsang sintesis hormon steroid menyerupai progesteron, dan testoteron sehingga membangkitkan vitalitas seksual, memacu kualitas dan kuantitas sperma.

Mengatasi Flu sampai Anemia

Daun katuk mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza. Kandungan zat besi yang cukup tinggi tentunya sanggup mengatasi anemia.

Kandungan gizi dalam 100 gram katuk:

Catatan Penting!

Daun katuk punya banyak manfaat tapi jangan dikonsumsi lebih dari 50g/hari secara terus menerus dalam kurun waktu yang lama. Karena senyawa glukokortikoid sanggup mengganggu absorpsi kalsium dan fosfor. Efek negatif lainnya, sanggup menyebabkan insomnia, tidak yummy makan, dan sesak napas. Khusus ibu hamil, tidak disarankan mengonsumsi daun katuk alasannya yaitu akan menghipnotis kondisi janin.