Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Efek Farmakologis

Kunyit atau kunir yang mempunyai nama latin  Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Efek Farmakologis
Kunyit atau kunir yang mempunyai nama latin Curcuma longa Linn alias Curcuma domestica Val merupakan tumbuhan rempah orisinil Asia Tenggara. Seiring dengan perkembangan, sekarang kunyit sudah terdapat di Australia dan Afrika.

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di banyak sekali tempat dengan beberapa nama lokal, ibarat turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura).

Di India, kunyit telah dipakai selama lebih dari 2500 tahun untuk pengobatan. Kunyit banyak dipakai dalam pengobatan Ayurveda, alasannya mempunyai efek farmakologis sebagai antiseptik dan antibakteri, mempunyai efek yang sama dengan fluoride untuk gigi, menyembuhkan psoriasis dan peradangan sendi, serta membantu problem pencernaan dan depresi.

Selain dijadikan sebagai obat tradisional, kunyit juga dimanfaatkan sebagai bumbu masak dan pewarna makanan. Bahkan berdasarkan beberapa literatur, kunyit pertama kali dipakai di India sebagai materi pewarna pakaian.

Seiring dengan pengetahuan masyarakat wacana kandungan senyawa pada kunyit dan perkembangan teknologi, kunyit sudah dijadikan sebagai materi dasar dalam produk kecantikan. Bentuknya pun majemuk mulai dari kapsul, serbuk sampai minuman kesehatan. Untuk lebih jelasnya sudah aku bahas dalam artikel Manfaat Kunyit untuk Kecantikan.

Khasiat kunyit dan Efek Farmakologis


Beberapa khasiat pengobatan kunyit pada insan antara lain sebagai berikut:
  1. Selain mempunyai kegiatan antimikroba, antiradang, dan antivirus, kunyit juga berpotensi meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Kurkumin, senyawa fenolik alami pada kunyit, bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  2. Kunyit berpotensi dalam pengobatan kanker. Pada penderita kanker, sel-sel kanker menjalar melalui pembuluh darah (metastasis) dan jaringannya menjadi tumor. Angiogenesis juga terjadi, yaitu pertumbuhan pembuluh darah gres yang menyebar ke arah tumor untuk suplai nutrien, oksigen dan sirkulasi kotoran. Kurkumin mengobati kanker dengan menghambat laju pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah gres tersebut.
  3. Wanita yang mengalami problem dengan haid sanggup memakai kunyit untuk mengatasinya. Efek farmakologis kunyit sanggup melancarkan darah dan haid serta mengurangi rasa nyeri haid dan lelah tiba bulan.
  4. Sebagai antikoagulan alami, kunyit sanggup menghalangi pembekuan darah dan mencegah terjadinya trombosis.
  5. Kunyit sanggup menurunkan tekanan darah, mengobati diare, sakit lambung, asma, usus buntu, dan rematik.
  6. Sifat analgesik alami kunyit bekerja dengan menghambat Cox-2 yang mencetuskan rasa nyeri. Dengan sifat analgesik dan antiinflamasinya, kunyit sanggup mengobati artritis dan rheumatoid artritis.
  7. Penyakit pikun sanggup diperlambat dengan sering mengonsumsi kunyit dalam makanan. Penyakit Alzheimer ialah salah satu penyakit pikun yang terjadi umumnya pada usia tua, dikala kapasitas fisik otak berkurang. Kunyit berpotensi memperpanjang jangka waktu abilitas kognitif otak. Beberapa penelitian menerangkan bahwa manula di Asia yang sering mengkonsumsi kare (curry) yang mengandung kunyit mempunyai daya ingatan yang lebih baik daripada manula di benua yang lain.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan


Karena sifat dari senyawa-senyawa yang dikandungnya, kunyit dijadikan sebagai obat tradisional yang bisa menyembuhkan banyak sekali penyakit atau sebagai jamu untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh:
  1. Kunyit bermanfaat sebagai antiseptik dan antibakteri alami, mempunyai kegunaan dalam mengobati luka atau luka bakar.
  2. Ketika dikombinasikan dengan kembang kol, kunyit terbukti sanggup mencegah dan menghentikan pertumbuhan kanker prostat.
  3. Kunyit sanggup mengobati diare.
  4. Kunyit sanggup mencegah munculnya Melanoma (tumor ganas) serta sanggup membunuh sel-sel melanoma yang ada di tubuh.
  5. Kunyit bermanfaat dalam mengurangi risiko leukimia.
  6. Kunyit sanggup membantu proses detoksifikasi senyawa racun pada hati.
  7. Kunyit sanggup mencegah dan memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dengan menghilangkan penumpukan lempengan amiloid pada otak.
  8. Kunyit sanggup mencegah metastasis, yakni penyebaran kanker dari tempat pertama (awal) ke tempat lain di dalam tubuh.
  9. Kunyit bermanfaat sebagai obat anti-inflamasi alami, tanpa efek samping. Karena sifatnya yang anti-inflamasi, kunyit sering dipakai dalam mengobati peradangan pada persendian ibarat Artritis dan Artritis Reumatoid.
  10. Kunyit sanggup memperlambat perkembangan multiple sclerosis (sklerosis ganda, yakni suatu kelainan peradangan pada otak & sumsusm tulang belakang).
  11. Kunyit sanggup dipakai sebagai penghilang rasa sakit alami.
  12. Kunyit sanggup membantu proses metabolisme lemak dan membantu dalam menjaga berat badan.
  13. Kunyit telah usang dipakai dalam pengobatan Cina sebagai pengobatan untuk depresi.
  14. Kunyit telah terbukti menghentikan pertumbuhan pembuluh darah gres pada tumor.
  15. Kunyit sanggup mempercepat penyembuhan luka dan membantu dalam memperbaiki kulit yang rusak.
  16. Kunyit Dapat membantu dalam pengobatan psoriasis(penyakit autoimun yang mengenai kulit) dan kulit yang sedang mengalami peradangan.

Itu beliau beberapa manfaat dari kunyit untuk kesehatan tubuh. Jaga selalu kesehatan Anda dengan gaya hidup sehat.