Ciri-Ciri Umbi Lapis Dan Umbi Batang Beserta Contohnya

Dalam kehidupan sehari-hari niscaya kita selalu berafiliasi dengan makanan dari jenis umbi. Entah itu mulai dari bumbu makanan atau makanan itu sendiri. Nah apakah kalian sudah sanggup menyebutkan referensi umbi lapis? Contoh umbi batang, dan referensi umbi akar? Lalu bagaimana dengan ciri-ciri ketiga umbi tersebut? Berikut penjelasannya!
hari niscaya kita selalu berafiliasi dengan makanan dari jenis umbi Ciri-ciri umbi lapis dan umbi batang beserta contohnya
1. Ciri-ciri umbi lapis dan contohnya
Sebelum memahami ciri-ciri umbi lapis semoga lebih gampang dipahami saya berikan referensi umbi lapis terlebih dahulu. Contoh umbi lapis ialah bawang merah, bawang putih, bawang bombay, bunga tulip dan bunga bakung.
Ciri-ciri umbi lapis:
a. Bentuknya berlapis-lapis
b. Pada potongan tengahnya tedapat tunas
c. Tumbuhnya membengkak di dalam tanah
d. Pada permukaan atasnya berbuku-buku
e. Pada permukaan bawahnya pada setiap buku tumbuh akar serabut
f. Umbi lapis yang gres tumbuh tunas pada ketiak terluarnya
Cara mengembangbiakan umbi lapis ini sangat mudah. Misalnya saya mau menanam flora bawang merah maka pilihla sebuah bawang merah yang besar kemudian ditanam pada tanah yang gembur dan lembab. Dalam beberapa hari akan tumbuh tunas pada tengah potongan bawang merah tersebut. Pada potongan bawahnya akan tumbuh akar yang serabut. 
hari niscaya kita selalu berafiliasi dengan makanan dari jenis umbi Ciri-ciri umbi lapis dan umbi batang beserta contohnya

2. Ciri-ciri umbi batang dan contohnya
Agar lebih gampang memilih ciri-ciri umbi batang saya sebutkan terlebih dahulu referensi umbi batang. Contoh umbi batang yang gampang kita jumpai ialah kentang dan ubi jalar. Kaprikornus umbi pada ubi jalar maupun kentang bergotong-royong ialah batang yang tumbuh di dalam tanah.
Ciri-ciri umbi batang :
a. Batangnya tumbuh di dalam tanah
b. Batangnya menggembung membentuk umbi sebagai daerah untuk menyimpan cadangan makanan (zat tepung)
c. Pada permukaan batang terdapat lekukan terdapat tunas yang disebut dengan mata tunas
Untuk menanam umbi akar ini sangat mudah. Misalnya saya meletakkan sebuah kentang yang cukup besar pada tanah. Maka dalam waktu beberapa hari akan tumbuh tunas. Nah tunasnya tumbuh lebih dari satu. Jika tumbuh 3 tunas maka ketiga tunas tersebut sanggup dipotong  menjadi tiga tunas gres dan sanggup ditanam menjadi tiga flora kentang nantinya.