Jenis-Jenis Suara Dan Sifat-Sifat Bunyi

Pengertian bunyi ialah suatu getaran yang merambat dalam bentu gelombang. Karenanya bunyi disebut sebagai gelombang bunyi. Bunyi merambat melalui perantara. Dalam ruang hampa bunyi tidak sanggup merambat alasannya dalam ruang hampa tidak terdapat medium atau mediator berupa udara. Kaprikornus bunyi merambat melalui tiga mediator atau medium yaitu medium zat padat, medium zat cair, dan medium zat gas atau udara.
Pengertian bunyi ialah suatu getaran yang merambat dalam bentu gelombang Jenis-jenis bunyi dan sifat-sifat bunyi
Dari ketiga medium tersebut, bunyi merambat paling cepat pada benda padat. Kalau yang paling lemah, bunyi merambat memalui medium udara. Kalau kalian mendengar bunyi orang lain yang terdengar pada pendengaran kita alasannya bunyi merambat melalui udara sehingga ditangkap oleh pendengaran kita. Bayangkan jika tidak ada udara maka orang yang menyampaikan sesuatu tidak akan pernah terdengar oleh kita.
Jenis-jenis bunyi
Bunyi yang didengar oleh insan dan binatang intinya mempunyai frekuensi yang berbeda. Misalnya pada malam hari terkadang terdengar bunyi anjing yang menggonggong tidak jelas. Katanya anjing tersebut mendengar bunyi yang ajaib dari biasanya. Demikian juga seekor kelelawar mencari makan dengan pinjaman suaranya. Kemudian ikan paus dan ikan lumba-lumba sanggup memanggil temannya yang jauhnya lebih dari 10 km padahala tidak memakai suatu alat apapun. Wahh jago sekali yah. Kaprikornus frekuensi yang dihasilkan oleh binatang lumba-lumba dan kelelawar berbeda-beda.
Berdasarkan frekuensinya bunyi dibagi menjadi tiga macam yaitu :
a. Bunyi infrasonik
bunyi infrasonik ialah bunyi yang mempunyai frekuensi kurang dari 20 Hz. Kaprikornus bunyi infrasonik ini sangat lemah dan kita sebagai insan tidak sanggup mendengar bunyi ini. Contoh binatang yang sanggup mendengar bunyi bunyi infrasonik ialah ayam, jangkrik, anjing, kuda, angsa, dan kucing.
b. Bunyi audiosonik
bunyi audiosonik ialah bunyi yang mempunyai frekuensi antara 20 Hz hingga dengan 20.000 Hz. Bunyi ini yang sanggup didengar oleh manusia.
c. Bunyi ultrasonik
bunyi ultrasonik ialah bunyi yang mempunyai frekuensi lebih dari 20.000 Hz. Contoh binatang yang sanggup mendengar bunyi ultrasonik ialah ikan paus, ikan lumba-lumba, dan kelelawar.

Sifat-sifat bunyi
Ada tiga macam sifat bunyi yaitu :
1. Bunyi termasuk dalam gelombang longitudinal. Gelombang longitudinal ialah gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarannya.
2. Gelombang bunyi sanggup dipantulkan.
3. Bunyi merambat melalui medium atau perantara. Medium yang sanggup dilewati ada tiga macam yaitu pada zat padat, zat cair, dan zat gas. Bunyi merambat paling capat pada benda padat dan merambat paling lemah pada benda gas atau udara.