Macam-Macam Gaya Sentuh Dan Tidak Sentuh

Pada kesempatan ini Pak Mono akan menjelaskan pengertian gaya sentuh dan tidak sentuh beserta contohnya.
Dalam kehidupan sehari-hari bekerjsama kita sudah mempraktekan jenis kedua gaya tersebut. Bahkan kita sering melihatnya pula.
Pada kesempatan ini Pak Mono akan menjelaskan pengertian gaya sentuh dan tidak sentuh bese Macam-macam gaya sentuh dan tidak sentuh
1. Pengertian gaya sentuh ialah gaya yang terjadi alasannya persentuhan eksklusif antara kedua benda. Makara kedua benda tersebut terjadi kontak fisik satu sama lainnya.
Contoh gaya sentuh dalam kehidupan sehari-hari ialah gaya otot, gaya pegas, dan gaya gesek.
Gaya otot ialah gaya yang terjadi alasannya otot tangan atau kaki insan menyentuh benda lain ibarat mendorong meja, menendang bola, dan menarik gerobat.
Gaya pegas ialah gaya yang terjadi pada pegas yang merenggang. Contoh gaya pegas ialah pada busur panah dan pegas pada shock breaker kendaraan beroda empat atau motor.
Gaya gesek ialah gaya yang timbul alasannya dua permukaan benda yang bersentuhan atau kontak fisi. Gaya gesek selalu berlawanan dengan arah gerak benda. Misalnya kalau bendanya bergerak ke kanan, maka gaya gesek arahnya akan ke kiri. Contoh gaya gesek ialah goresan antara bantalan sepatu dengan aspal, goresan antara roda dengan lantai, goresan antara rem sepeda dengan roda sepeda.
2. Pengertian gaya tidak sentuh ialah gaya yang terjadi tanpa adanya persentuhan eksklusif antara kedua benda. Makara bendanya tidak senggolan atau tidak sentuhan secara langsung.
Contoh gaya tidak sentuh dalam kehidupan sehari-hari ialah gaya gravitasi, gaya magnet, dan gaya listrik.
Gaya gravitasi ialah gaya yang bekerja pada bumi yang arahnya selalu menuju ke sentra bumi. Contoh gaya gravitasi ialah buah kelapa yang jatuh ke tanah, buah mangga kalau sudah matang akan jatuh ke tanah. Intinya semua benda itu tertarik oleh gravitasi bumi. Tanpa ada gaya gravitasi di bumi maka semua benda akan melayang dan insan tidak dapat bertahan hidup.
Gaya magnet ialah gaya yang terjadi pada sekitar magnet yang dapat menarik logam ibarat besi, baja, bismuth, dan lainnya. Contoh gaya magnet ialah pada ketika jarum pentul di dekatkan ke magnet maka magnet akan menariknya
Demikianlah klarifikasi pak Mono ihwal macam-macam gaya sentuh dan tidak sentuh. Semoga bermanfaat.