Manfaat Pengecap Buaya Untuk Kesehatan, Rambut Dan Kulit Wajah

Lidah buaya merupakan tumbuhan hias yang ditanam di pekarangan rumah maupun dalam pot di te Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Rambut dan Kulit Wajah
Lidah buaya merupakan tumbuhan hias yang ditanam di pekarangan rumah maupun dalam pot di teras rumah. Namun, selain fungsinya sebagai tumbuhan hias, pengecap buaya juga mempunyai manfaat lain yakni sebagai tumbuhan obat yang bisa mengatasi aneka macam penyakit. diantaranya kencing manis, sembelit dan wasir.

Selain itu, kandungan dalam daun pengecap buaya bermanfaat sebagai materi produk kecantikan. Baik yang diolah secara tradisional maupun diambil sarinya untuk produk kecantikan dalam kemasan modern.

Eksudat merupakan getah yg keluar dari daun ketika dilakukan pemotongan. Eksudat berbentuk cair, warna kuning dengan rasa pahit. Pada belahan ini terkandung sejumlah zat yaitu 8- dihidroxianthraquinone (Aloe Emoedin) dan glikosida (Aloins)

Kandungan Nutrisi Lidah Buaya

KomponenJumlah
Kadar air95 %
Karbohidrat (g)0.30
Kalori (kal)1.73-2.30
Lemak (g)0.05-0.09
Protein (g)0.01-0.06
Vitamin A ( IU)2.00-4.60
Vitamin C (mg)0.50-4.20
Thiamin (mg)0.003-0.004
Riboflavin (mg)0.001-0.002
Niasin (mg)0.038-0.040
Kalsium (mg)9.920-19.920
Zat Besi (mg)0.060-0.320
Sumber : Morsy (1991)

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

Sebagai tumbuhan non-toksin, pengecap buaya banyak ditanam sebagai tumbuhan hias dan tumbuhan obat tradisional. Yuk, simak 5 kegunaan dari pengecap buaya berikut ini, menyerupai dikutip Zeenews.com:

1. Mencerahkan kulit

Lidah buaya mempunyai manfaat yang menakjubkan untuk kulit. Hanya dengan mengoleskan sedikit gel pengecap buaya, Anda bisa mecerahkan kulit Anda dengan sempurna. Ini juga ampuh meringankan sengatan dari matahari. Tak hanya itu, ini juga membantu dalam menyembuhkan lepuh akhir gigitan serangga eczema etcetera.

2. Obat untuk jerawat

Tanaman pengecap buaya mempunyai sifat anti-inflamasi yang membantu menyembuhkan duduk perkara jerawat. Bila dioleskan pada kulit yang terkena jerawat, pengecap buaya bisa menyembuhkan bekas luka dan mengurangi kemerahan. Aloe vera juga bisa diaplikasikan secara pribadi ke kulit melalui gel, krim dan lotion untuk menyembuhkan jerawat.

3. Masker Lidah Buaya untuk wajah berminyak

Nah, untuk perawatan kulit berminyak, pengecap buaya bisa juga dijadikan sebagai masker wajah.

Berikut resepnya:
  • 1 sendok makan masker lumpur
  • 1 sendok makan jus pengecap buaya
  • 1 sendok makan tepung hazel
  • air secukupnya untuk menciptakan bahan-bahan ini jadi pasta
  • tambahkan 1 tetes essential tea tree oil
  • 1 tetes essential oil lavender
  • 1 tetes essential oil peppermint

Campurkan semua bahan, oleskan dan didiamkan selama 15 menit dan cuci dengan air hangat kemudian percikkan air dingin.

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut


Semua orang niscaya sudah tidak ajaib dengan khasiat pengecap buaya yang satu ini. Sejak dulu pengecap buaya memang dikenal sebagai tumbuhan yang mempunyai kegunaan bagi kesehatan rambut. Berikut ini bebeapa diantaranya:

1. Melawan rambut rontok

Lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang efektif untuk mengobati rambut rontok. Campur ekstrak pengecap buaya dengan shampo dan oleskan pada rambut Anda.

2. Kondisioner alami

Aloe vera yakni kondisioner rambut alami yang mempunyai imbas pendinginan. Anda sanggup memijat rambut dan kulit kepala dengan jus pengecap buaya untuk mendapat hasil terbaik. Diamkan dan bilas dengan shampo.

3. Mencegah kebotakan

Penipisan rambut menciptakan Anda jadi botak? Anda sanggup meningkatkan pertumbuhan rambut dengan mengoleskan gel atau jus pengecap buaya pada kulit kepala Anda secara teratur. Biarkan 10 menit dan bilas dengan shampo.

4. Pelembap alami

Ingin melembapkan rambut dan membuatnya jadi lebih gampang ditata?Gunakan gel atau jus pengecap buaya sebagai materi perawatan rambut Anda. Oleskan gel atau jus pengecap buaya pada rambut dan kulit kepala. Tunggu 15 menit dan bilas dengan shampo.

5. Melawan ketombe

Jika Anda menderita ketombe, kulit kepala kering dan gatal, segera gunakan gel atau jus pengecap buaya untuk mengobati ketombe secara alami. Oleskan ekstrak pengecap buaya pada kulit kepala dan biarkan selama 40-60 menit untuk menyingkirkan ketombe.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan


1. Membantu menyembuhkan duduk perkara pencernaan

Jus pengecap buaya membantu banyak dalam mendetoksifikasi dan meningkatkan proses pencernaan. Jus dan gel aloe vera membantu dalam memerangi sembelit, sindrom iritasi usus, mulas dan iritasi susukan pencernaan lainnya, sebab aloe vera merupakan obat pencahar yang baik.

2. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Tanaman pengecap buaya merupakan sumber yang kaya akan vitamin menyerupai Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan E, asam folat, dan Niacin. Jadi, konsumsi pengecap buaya setiap hari bisa meningkatkan sistem pertahanan badan sehingga melindungi Anda dari segala jenis stres oksidatif.

3. Membantu mengendalikan diabetes

Lidah buaya bila dikonsumsi baik dalam bentuk jus atau gel, berfungsi sebagai obat tradisional untuk mengobati diabetes, sebab membantu dalam menjaga kadar gula darah.

Melihat begitu banyak manfaat tumbuhan pengecap buaya ini, sudah sewajarnya jikalau kita mulai menanam tumbuhan ini di teras rumah. Selain sebagai tumbuhan hias, suatu ketika bisa dipakai sebagai obat tradisional.