Pengertian Sikap Menyimpang Berdasarkan Para Ahli

Berikut ini pengertian sikap menyimpang berdasarkan beberapa para mahir populer :
1) Menurut Robert MZ lawang, sikap menyimpang ialah tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku dalam masyarakat dan akan menjadikan perjuangan dari pihak yang berwenang untuk memperbaiki dari tindakan menyimpang tersebut.
2) Menurut Van der Zanden, sikap menyimpang ialah sikap yang oleh sejumlah orang dianggap sebagai suatu hal yang tercela dan di berada di luar batas toleransi.
3) Secara umum sikap menyimpang merupakan suatu tindakan yang melanggar nilai-nilai dalam masyarakat sehingga menjadikan reaksi negatif dalam masyarakat tersebut.
Ada tiga nama dalam sikap menyimpang yaitu Deviasi, Devian, dan Konformitas.
a) Devian ialah penyimpangan terhadap norma (nilai) dalam masyarakat.
b) Devian ialah orang yang melaksanakan penyimpangan.
c) Konformitas ialah suatu bentuk interaksi sosial yang seseorang tersebut berperilaku sesuai dengan norma-norma dalam kelompoknya.
Dalam kehidupan sehari-hari niscaya kalian pernah melihat sikap menyimpang. Entah itu dalam keluargamu sendiri, di dalam sekolah, dan dalam masyarakat. Contoh sikap menyimpang dalam kehidupan sehari-hari adalah:
1. Ada seorang sahabat yang mencuri uang di tas.
2. Ada sahabat kau yang merokok.
3. Adik kau berbohong kepada ibumu.
4. Kakak kau pulang larut malam alasannya ialah main dengan temannya.
5. Kamu memetik mangga tanpa sepengatahuan tetangga kamu.
6. Ada orang yang minum-minuman keras di pos kampling.

Sifat-sifat penyimpangan:
Di dalam kehidupan bermasyarakat, terdapat jenis dua penyimpangan yaitu penyimpangan konkret dan penyimpangan negatif.
a) Penyimpangan konkret ialah suatu bentuk penyimpangan yang mempunyai imbas konkret alasannya ialah ada unsur inovetif, memperkaya alternatif, dan kreatif.
Contoh penyimpangan posifit dalam kehidupan sehari-hari ialah ada seorang tukang ojek wanita dan ada seorang ibu rumah tangga yang bekerja narik becak untuk mencukupi kehidupan keluarganya.

b) Penyimpangan negatif ialah suatu bentuk penyimpangan yang bernilai jelek dalam kehidupan sosial dan dipandang rendah oleh sosial. Contoh penyimpangan ini ialah seseorang yang mencuri sepeda motor dan orang yang minum minuman keras.