Faktor Penyebab Sikap Menyimpang

Berikut ini faktor yang menyebabkan seseorang melaksanakan sikap yang menyimpang :
1) Keluarga yang broken home
Apabila keluarga yang tidak utuh contohnya bapak dan ibunya bercerai hal ini bisa menghipnotis anak-anaknya. Anak yang tadinya mendapat kasih sayang keluarga kini terabaikan dan bisa melaksanakan kenakalan remaja.
2) Pelampiasan rasa kecewa
Misalnya ada seseorang yang mengalami kekecewaan yang mendalam terhadap dirinya biasanya akan melaksanakan sikap menyimpang kalau cara berpikirnya pendek. Ada yang melampiaskan kekecewaan tersebut dengan narkoba, judi, dan minuman keras.
c) Keinginan untuk dipuji
dalam kehidupan yang modern ini, untuk menunjukan keberhasilan seseorang biasanya orang akan menonjolkan penampilan secara fisiknya. Untuk berpenampilan glamor tersebut tanpa didukung dengan kemampuan secara finansial sehingga bisa melaksanakan sikap yang menyimpang. Contohnya seseorang melaksanakan korupsi untuk menambah kekayaannya dan melaksanakan foya-foya keliling dunia dengan uang korupsi.
d) Proses berguru yangm menyimpang
apabila seseorang sering bergaul dengan orang yang melaksanakan sikap yang menyimpang maka orang tersebut bisa tertular. Misalnya pada waktu kecil ada sobat Pak Mono yang sering bergaul dengan sobat yang merotok. Maka sobat saya yang awalnya tidak merokok malahan kini jadi ikutan merokok.
e) Dorongan kebutuhan ekonomi
dengan alasan kebutuhan ekonomi atau untuk memenuhi kebutuhan keluarga banyak orang yang melaksanakan sikap yang menyimpang. Ada seorang bapak yang akibatnya menjadi pencuri alasannya yaitu kebutuhan keluarganya. Ada ibu-ibu juga yang menipu orang lain.
f) Pengaruh dari lingkungan dan media massa
banyak orang yang terpengaruh sikap menyimpang alasannya yaitu memalsukan apa yang ditayangkan di televisi. Misalnya di televisi ada adegan orang berkelahi. Ada seorang anak SD yang meninggal dunia alasannya yaitu dipukul oleh temannya saat memalsukan adegan laga di televisi.
g) Sikap mental yang tidak sehat
seseorang yang sedang putus asa ada yang melampiaskan masalahnya dengan sikap menyimpang. Misalnya untuk menenangkan diri akibatnya terjebak oleh narkoba dan minuma keras.
Demikianlah beberapa faktor yang menjadi penyebab sikap menyimpang di masyarakat. Semoga bermanfaat J