Cara Membatalkan Tiket Kereta Api Yang Sudah Dipesan

Waktu aku mau ada program pada tanggal 21 Agustus 2017 di Surabaya, tiba-tiba acaranya diundur. Nah seminggu sebelumnya aku sudah pesan tiket kereta api dari Tegal ke Surabaya. Seperti biasa aku cek terlebih dahulu mau apakah kereta ekonomi menuju surabaya masih ada ataukah tidak. Kamu sanggup cek di https://tiket.kereta-api.co.id/
Nah lalu ada kereta api ekonomi JAYABAYA yang terjangkau dengan biaya Rp210.000. aku pun membeli tiket itu di Indomaret. Jangan lupa jikalau mau membeli tiket ke Indomaret baya KTP juga untuk identitas. Setelah membeli tiket kita sanggup struk pembelian yang berisi KODE BOKING, tanggal transaksi, no. kereta, kelas kereta, nama kereta, dan nama kita. Nantinya Kode Boking itu dipakai untuk mencetak Boading Pass atau dalam bahasa katronya tiket Kereta Api yang sanggup dicetak di Stasiun. Untuk pencetakan tiket sanggup 30 menit sebelum jadwal keberangkatan.
Jadwal tak terduga
Setelah pesan, 3 hari berikutnya aku menerima kabar bahwa program di Surabaya di undur. Waduh cape deh… Kemarin sudah terlanjur beli tiket eh malah tidak jadi berangkat. Kemudian aku dikabari teman juga yang sudah terlanjur beli tiket, katanya tiketnya sanggup dibatalkan dan uangnya akan kembali 75 persen. Namun kembalinya 30 hari sesudah pembatalan. Hehe usang juga yah pengembaliannya.
Mencari cara membatalkan tiket kereta api
Saya diberitahu teman jikalau cara membatalkan tiketnya harus ke stasiun pribadi atau sanggup diwakilkan. Bisa di urus diberbagai stasiun katanya. Saya cari-cari info juga di internet perihal mekanisme membatalkan tiket semoga uang sanggup kembali. Kan tidak mengecewakan banget dari uang 210K sanggup kembali 150K kan tidak mengecewakan banget. Setelah aku googling alhasil ketemu deh. Ternyata banyak pengalaman yang ibarat aku ini alasannya yakni gagal berangkat naik kereta.
 Nah seminggu sebelumnya aku sudah pesan tiket kereta api dari Tegal ke Surabaya Cara membatalkan tiket kereta api yang sudah dipesan
kode boking dari Indomaret
Cara membatalkan tiket kereta api yang sudah dipesan:
Sebelum pergi ke stasiun KA jangan lupa fotokopi KTP atau SIM. Kalau diwakilkan juga sanggup dengan membawa fotokopi pemilik tiket KA dan fotokopi orang yang mewakilkan dengan memberikan KTP aslinya. Stuk pembelian di Indomaret atau tiket yang sudah dicetak di stasiun dibawa juga. Oke secara ringkasnya ini:
1. Fc KTP atau SIM
2. Stuk isyarat boking atau Tiket KA
3. Datang ke stasiun menemui Customer Service. Jangan lupa ambil nomor antriannya dulu.
4. Menyerahkan FC KTP dan Kode Boking/ tiket.
5. Mengisi formulir penghapusan tiket kereta api ibarat gambar di bawah ini!
 Nah seminggu sebelumnya aku sudah pesan tiket kereta api dari Tegal ke Surabaya Cara membatalkan tiket kereta api yang sudah dipesan
Berisi nama, alamat, no. telepon, kolom transfer bank atau tunai. Kaprikornus uang kita sanggup kembali sebanyak 75% dari harga tiket dan kembali sesudah 30 hari sesudah pengaduan pembatalan. Kita sanggup mengambil uangnya secara TUNAI di stasiun tersebut atau banyak sekali staisun kota juga bisa. Selain Tunai, kita sanggup menentukan via Transfer Bank. Saya pilih saja yang tidak ribet bolak-balik yaitu Transfer Bank. Oya penghapusan tiket ini selambat-lambatnya 30 menit sebelum kereta berangkat lho.
6. Setelah mengisi formulir di Customer Service (SC), lalu kita diarahkan ke PETUGAS LOKET TIKET.
Kita ambil nomor antrian lagi untuk memberikan formulir penghapusan tiket yang sudah kita isi dan FC KTP juga. Setelah dipanggil pribadi saja menyerahkan formulirnya. Setelah itu dinantikan sebentar.
5. Mendapatkan Bukti Pembatalan Tiket KA
Setelah menunggu sebentar di Loket Tiket kita menerima kertas Bukti Pembatalan Tiket. Kertas itu berisi identitas kita lalu tipe pengembalian sesuai pilihan kita ada nama Bank, atas nama, dan No. Rekening kita.
Alhamdulillah proses penghapusan tiket KA sudah selesai dan saatnya aku pulang. Saya harus menunggu selama 30 hari uang itu kembali 75% dari biaya tiket yang aku beli. Semoga informasi ini sanggup bermanfaat untuk kawan-kawan netizen J