Waktu Pergantian 4 Ekspresi Dominan : Gugur, Semi, Dingin, Dan Panas

Pergantian isu terkini yang terjadi pada setiap negara merupakan tanggapan dari revolusi bumi. Pada setiap tanggal 21 maret dan 23 september kedudukan matahari sempurna di atas garis khatulistiwa. Tepat pada dikala itu pula matahari terbit di sebelah timur dan karam di sebalah barat. Pada tanggal 21 juni kedudukan matahari sempurna di atas 23,5 derajat LU. Sedangkan pada 21 desember kedudukan matahari juga sempurna di atas 23,5 derajat LS.
Dari tanggal 21 desember hingga dengan tanggal 21 juni kedudukan mahatari seperti bergeser dari selatan menuju ke utara. Sebaliknya dari tanggal 21 juni hingga dengan tanggal 22 desember kedudukan matahari seolah bergeser dari utara ke selatan.
Kesimpulannya yakni matahari berada di sebelah utara khatulistiwa selama 6 bulan dan berada di sebelah selatan khatulistiwa selama 6 bulan juga.
Ketika matahari berada di sebelah utara khatulistiwa, maka belahan bumi utara menerima sinar matahari yang lebih banyak dibandingkan dengan bumi bab selatan. Akibatnya belahan bumi bab utara mengalami musim panas sedangkan belahan bumi bab selatan mengalami musim dingin.
Pada dikala isu terkini hirau taacuh terjadi, siang hari terasa lebih pendek daripada waktu malamnya. Pada beberapa tempat tertentu turun salju seperdi di kawasan benua Eropa. Sebaliknya pada dikala isu terkini panas, sinar matahari lebih usang menyoroti bumi sehingga waktu siang terasa lebih usang dibandingkan malamnya. Pada dikala itu pohon-pohon kembali berbungan dan rumput akan terlihat hijau.
Di antara isu terkini panas dan isu terkini hirau taacuh bagi bumi belahan utara dan selatan terdapat isu terkini semi dan isu terkini gugur.
Disebut musim semi pada dikala peralihan dari isu terkini hirau taacuh ke isu terkini panas. Pada kondisi ini akan terlihat pada pepohonan tumbu pucuk-pucuk semi sehabis pada waktu isu terkini hirau taacuh menggugurkan daunnya.
Disebut dengan musim gugur merupakan peralihan dari isu terkini panas ke isu terkini dingin. Pada dikala ini banyak pepohonan yang menggurkan daunnya untuk menuju ke isu terkini dingin.
Pembagian tanggal musim
1. Tanggal 21 maret – 21 juni
Negara yang berada di wilayah belahan bumi utara mengalami isu terkini semi sebaliknya negara yang berada di belahan bumi selatan mengalami isu terkini gugur.
2. Tanggal 21 juni – 23 september
Negara yang berada di wilayah belahan bumi utara mengalami isu terkini panas sebaliknya negara yang berada di belahan bumi selatan mengalami isu terkini dingin.
3. Tanggal 23 september – 21 desember
Negara yang berada di wilayah belahan bumi utara mengalami isu terkini gugur sebaliknya negara yang berada di belahan bumi selatan mengalami isu terkini semi.
4. Tanggal 21 desember – 21 maret
Negara yang berada di wilayah belahan bumi utara mengalami isu terkini hirau taacuh sebaliknya negara yang berada di belahan bumi selatan mengalami isu terkini panas.
Berikut negara-negara yang mengalami empat isu terkini yaitu isu terkini dingin, isu terkini semi, isu terkini panas, dan isu terkini gugur yakni :
Negara pada bab belahan bumi utara:
a. Jerman
b. Perancis
c. Inggris
d. Jepang
e. Rusia
Negara pada bab belahan bumi selatan:
a. New Zaeland
b. Afrika selatan
c. Australia