Cara Menciptakan Masker Kuning Telur Untuk Wajah Dan Rambut

Bukan hanya putih telur, kuning telur juga bisa dijadikan sebagai materi untuk menciptakan masker alami. Manfaat masker kuning telur antara lain untuk perawatan kecantikan kulit wajah serta perawatan rambut.

Sebagai masker wajah, manfaat kuning telur yaitu mengatasi kulit kering, menghilangkan wajah kusam, menyegarkan kulit wajah, melembabkan, mencerahkan, hingga menghilangkan jerawat. Sedangkan kalau dijadikan sebagai masker rambut, khasiat kuning telur ini antara lain mengatasi rambut kering dan kusam, deep conditioning, mengatasi rambut rontok hingga menghalsukan rambut.

Agar khasiatnya lebih terasa, masker kuning telur ini bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan alami berguna lainnya. Biasanya pakar kesehatan menyerankan untuk menambahkan minyak zaitun, jeruk nipis, yogurt, da madu. Bisa juga menambahkan cuka apel dan air mawar untuk menciptakan kulit wajah terlihat lebih segar.

Kandungan nutrisi dari kuning telur tentunya berbeda dengan putih telur. kalau putih telur didominasi oleh protein, maka kuning telur lebih banyak kandungan lemaknya. Jadi, daripada anda terkena kolesterol lantaran mengkonsumsi terlalu banyak kuning telur, mending dibentuk sebagai masker saja.

Selain lemak, kandungan senyawa lain yang terdapat pada kuning telur adalah vitamin B6, B12, A, D, E, K, dan folat. Beberapa jenis mineral seperti mineral kalsium, magnesium, besi, potasium, sodium, dan selenium juga terdapat pada cuilan kuning tersebut.

Masker Kuning Telur untuk Rambut

 kuning telur juga bisa dijadikan sebagai materi untuk menciptakan masker alami Cara Membuat Masker Kuning Telur untuk Wajah dan Rambut
Cara pemakaian masker rambut alami dari kuning telur (img: demandstudios.com)

Mungkin banyak diantara para pembaca yang tidak pernah membayangkan untuk mengakibatkan kuning telur sebagai materi perawatan rambut. Bisa dimaklumi lantaran kuning telur memang mempunyai kedaluwarsa wangi yang lebih menyengat kalau dibandingkan dengan cuilan putih telurnya. Namun kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi di dalamnya mengakibatkan kuning telur ini layak dijadikan sebagai materi untuk merawat kecantikan rambut Anda.

1. Masker Kuning Telur dan Jeruk Nipis

Untuk mengatasi rambut rontok, kita akan mengkombinasikan kuning telur dengan jeruk nipis. Selain sanggup menangani persoalan kerontokan rambut, masker ini juga bisa merangsang pertumbuhan rambut sehingga menciptakan rambut tampak lebih lebat dan subur.

Bahan yang dibutuhkan yaitu dua buah kuning telur dan 3 sendok makan perasan air jeruk nipis. Campurkan kedua materi tersebut dalam sebuah mangkuk, kemudian aduk hingga rata. Aplikasikan pada rambut secara merata hingga ke kulit kepala. Lakukan pijatan lembut dan diamkan selama 15 menit. Bilas rambut dengan air dingin.

2. Masker untuk Rambut Kering dan Kusam

Kali ini kita akan kombinasikan kuning telur dengan madu dan minyak zaitun. Selain sanggup menutrisi rambut, gabungan ketiga materi ini sanggup membantu merevitalisasi rambut yang kering dan kusam.

Sediakan dua buah kuning telur (bisa diubahsuaikan dengan panjang rambut Anda), 3 sendok makan madu dan 3 sendok minyak zaitun. Campurkan ketiga materi tersebut, kemudian aplikasikan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Bungkus rambut dengan handuk atau shower cap dan diamkan selama 30 menit. Untuk hasil terbaik, bilas rambut dengan air hangat.

3. Masker untuk Menghaluskan Rambut

Memiliki rambut yang halus dan gampang diatur merupakan dambaan semua orang, khususnya para wanita. Hal tersebut bisa didapatkan dengan melaksanakan perawatan rambut memakai masker yang terbuat dari gabungan kuning telur dan yogurt.

Caranya, campurkan satu cangkir yogurt dengan satu buah kuning teur, kocok hingga merata. Aplikasikan masker tersebut pada rambut Anda. Diamkan kurang lebih selama 15 menit. Untuk menghilangkan kedaluwarsa menyengat dari yogurt dan telur, bilas rambut dengan air dingin.

4. Kuning Telur, Madu, Cuka Apel dan Olive Oil

Campurkan satu butir kuning telur, 1 sendok makan cuka apel, setengah sendok makan madu, beberapa tetes olive oil, dan satu sendok makan air panas. Aduk merata hingga menjadi adonan pasta kental. Gunakan adonan tersebut sebagai masker untuk kulit kepala. Lakukan pijatan lembut pada rambut dan kulit kepala. Tutup kepala dengan handuk atau shower cap dan barkan selama 15 menit. Bilas rambut dengan air hangat.

Campuran bahan-bahan tersebut berfungsi sebagai deep conditioner. Lebih murah dibandingkan harus melaksanakan perawatan creambath dan hairmask di salon-salon kecantikan.

Masker Kuning Telur untuk Wajah

 kuning telur juga bisa dijadikan sebagai materi untuk menciptakan masker alami Cara Membuat Masker Kuning Telur untuk Wajah dan Rambut
Masker wajah alami dari kuning telur ampuh atasi nanah (img: homemademasks.net)
Selain dijadikan materi untuk menciptakan kue, dan masker rambut kuning telur juga sanggup dipakai sebagai materi alami untuk menciptakan masker wajah. Manfaat dari masker kuning telur untuk wajah antara lain menghilangkan nanah dan mengatasi kulit kering.

1. Masker Kuning Telur untuk Menghilangkan Jerawat

Untuk menghilangkan nanah di wajah, kita tidak memerlukan materi gabungan lain, cukup memanfaatkan kuning telur ayam kampung saja. Langkah-langkahnya, pisahkan kuning telur dari putih telurnya sebaik mungkin. Pecahkan kemudian kocok sebentar. aplikasikan pada wajah secara merata. Hindari area mata, bibir dan lubang hidung.

Biarkan kuning telur mengering secara alami di wajah Anda. Kurang lebih 30 menit saja, jangan terlalu lama. Bilas hingga bersih. Untuk menghilangkan kedaluwarsa wangi gunakan sabun muka andalan anda. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal sekali seminggu biar wajah terbebas dari jerawat.

Lihat juga artikel wacana cara menciptakan masker tomat dan masker pepaya yang juga ampuh untuk menghilangkan nanah di wajah.

2. Masker Kuning Telur untuk Kulit Kering

Kulit kering dan berangasan serta kusam yaitu mengambarkan badan kekurangan nutrisi. Untuk mengatasinya tentu dengan mengkonsumsi makanan kaya nutrisi menyerupai sayuran dan buah-buahan serta air putih jangan hingga lupa. Nah, untuk membantu badan mengatasi kulit kering, kita juga bisa menutrisi kulit dari luar memanfaatkan kuning telur yang akya akan vitamin dan mineral penting.

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu 1 sendok teh olive oil, 1 butir kuning telur dan 2 tetes air mawar. Campurkan semua materi tersebut dan kocok hingga tercampur. Lalu aplikasikan pada kulit wajah dan leher secara merata. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Lakukan perawatan wajah ini secara rutin 1-2 kali seminggu. Selain kuning telur, materi alami lainnya untuk mengatasi kulit kering bisa dilihat dalam manfaat masker putih telur dan masker kentang.

3. Masker Kuning Telur dan Madu

Madu merupakan materi alami yang sangat berguna baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kombinasi madu dengan kuning telur serta materi alami lainnya sanggup mengakibatkan wajahmu lebih putih, cerah bebas flek hitam dan bekas jerawat.

Campurkan satu butir kuning telur dengan 2 sendok makan madu hingga merata. Tambahkan 2 sendok makan susu cair murni dan aduk kembali. Terapkan masker tersebut pada wajah dan leher secara merata, hindari cuilan mata dan bibir. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas wajah dengan air bersih.

Untuk mengetahui lebih banyak wacana manfaat madu sebagai masker, silahkan baca cara menciptakan masker madu untuk perawatan wajah dan rambut.

Membuat masker kuning telur tidaklah sulit sebenarnya. Yang dibutuhkan hanya sedikit waktu dan kemauan. Tetap jaga kecantikanmu dari luar dan dalam ya, ladies.