Cara Menciptakan Masker Pepaya Untuk Wajah Dan Rambut

Pepaya merupakan tanaman berbuah yang banyak sekali terdapat di setiap pelosok Indonesia. Bahkan di pedesaan hampir di setiap rumah Anda akan menemukan pohon pepaya. Baik itu yang sengaja ditanam maupun yang tumbuh liar di kebun dan semak.

Bagian yang biasa dimanfaatkan dari pohon pepaya selain buahnya ialah daun dan bunganya yang sering dijadikan sayur. Namun, potongan getah, dan bijinya juga turut dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Dalam dunia kecantikan, buah pepaya dipakai untuk perawatan rambut dan wajah. Ada juga yang memanfaatkannya untuk mengencangkan payudara.

Pepaya merupakan tanaman berbuah yang banyak sekali terdapat di setiap pelosok Indonesia Cara Membuat Masker Pepaya untuk Wajah dan Rambut
Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas bagaimana cara menciptakan masker pepaya untuk banyak sekali keperluan. Dari mulai sebagai masker rambut alami, masker wajah, hingga masker khusus untuk mengatasi jerawat.

Masker Pepaya untuk Rambut

Manfaat pepaya untuk rambut diantaranya: melebatkan dan menguatkan rambut, mencegah kebotakan, mengatasi kerontokan rambut, membasmi ketombe, membersihkan rambut, sebagai kondisioner serta menciptakan rambut lebih sehat dan bercahaya.

Berikut ini bahan-bahan yang diharapkan untuk menciptakan masker pepaya:
  • 1 cangkir buah pepaya matang, potong dadu
  • 1 cangkir buah pisang matang, potong dadu
  • 1 sdm molase
  • 1 sdm minyak kelapa murni
  • 1 cangkir yogurt

Cara menciptakan masker pepaya: Semua materi diblender hingga benar-benar halus dan tercampur rata. Basahi dulu rambut Anda kemudian terapkan adonan tersebut secara merata pada rambut. Jika memungkinkan, tutup rambut dengan handuk hangat dan biarkan selama 30 menit - 1 jam. Setelah itu, keramas menyerupai biasa memakai shampo. Gunakan condisioner pada ujung rambut kemudian bilas dengan air bersih.

Cara lainnya ialah memakai adonan dari buah pepaya, madu, susu dan yogurt. Semua materi diblender jadi satu hingga benar-benar halus. Terapkan ramuan tersebut secara merata pada batang hingga ujung rambut. Tidak perlu hingga ke kulit kepala. Diamkan selama 15-20 menit, sesudah itu keramas menyerupai biasa memakai shampo.

Anda juga bisa menambahkan sari jeruk lemon pada adonan pepaya untuk menghilangkan ketombe dan gatal pada kulit kepala. Lebih lengkap mengenai materi dan cara membuatnya, simak ulasan di bawah ini.

Bahan:
  • 1 buah pepaya
  • 1 sendok teh sari lemon segar
  • 1 sendok teh sari jeruk
  • 2 sendok makan madu organik hangat

Cara menciptakan dan aplikasinya:
  1. Campur semua bahan, kemudian haluskan dengan memakai blender.
  2. Ratakan masker pepaya pada rambut Anda dan diamkan selama 20 menit.
  3. Basuh dan bersihkan masker dengan air hangat.
  4. Untuk rambut, bilas higienis rambut, gunakan sampo jikalau perlu.

Masker Pepaya untuk Wajah

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut, masker pepaya juga berguna untuk kulit wajah. Diantaranya mengencangkan, menghaluskan, melembabkan dan meregenerasi sel-sel kulit mati. Enzim papain yang terdapat pada pepaya berguna mencerahkan kulit sehingga nampak bercahaya. Berikut ini resep cara menciptakan masker buah pepaya untuk wajah.

Membuat masker pepaya untuk wajah sebetulnya sama saja dengan menciptakan masker untuk rambut. Hanya saja untuk masker wajah, Anda harus memastikan bahwa pepaya diblender dengan halus, benar-benar halus.

Ambil buah pepaya yang sudah matang, kupas kulitnya, buang bijinya dan dagingnya dipotong-potong dadu. Masukkan dalam blender dan gigling hingga halus. Jika masih ada potongan yang masih kasar, masukkan kembali dan blender hingga halus. Anda bisa eksklusif menerapkan jus pepaya tersebut ke wajah secara merata. Namun jangan hingga terkena mata.

Untuk melembutkan kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah (flek hitam), Anda bisa menambahkan madu ke dalam adonan kemudian campur hingga rata. Sementara jikalau anda mengalami persoalan kulit kusam, bisa ditambahkan perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon biar kulit wajah terlihat lebih segar.

Untuk meningkatkan sirkulasi darah dan kandungan zat dalam pepaya meresap ke dalam kulit, lakukan pemijatan secara halus. Biarkan selama 15-20 menit biar nutrisi terserap sempurna. Setelah masker kering, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang lembut. Ingat jangan menggosok wajah apalagi memakai materi yang kasar.

Masker Pepaya untuk Wajah Berjerawat

Menghilangkan jerawat di wajah memang susah-susah gampang. Ketika sudah dihilangkan pun, adakalanya jerawat muncul lagi dan meninggalkan bekas yang lebih sulit lagi untuk dihilangkan. Namun Anda tidak perlu khawatir, lantaran dengan masker pepaya, anda bisa menghilangkan jerawat di wajah sekaligus menyamarkan noda hitam, flek, dan bekas jerawat secara alami.

Kemampuan buah pepaya dalam mengobati jerawat berasal dari sifat alaminya yang sanggup membersihkan daging. Buah pepaya yang sudah matang juga efektif mengangkat sel-sel kulit mati, menciptakan kulit lebih segar dan membersihkan pori-pori dari kotoran dan sisa-sisa make-up sehingga mencegah jerawat tiba lagi.

Pepaya juga berguna untuk menyerap kelebihan minyak pada kulit yang berpotensi menjadi jerawat jikalau bercampur dengan kuman dan kotoran. Sementara enzim papain yang terkandung di dalamnya bisa melawan kuman penyebab jerawat.

Aplikasinya terhadap kulit bisa dilakukan dengan cara menciptakan masker pepaya. Caranya sebagai berikut :
  1. Ambil daging buah pepaya yang sudah matang kemudian diblender hingga halus.
  2. Campurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan madu secukupnya, aduk rata.
  3. Oleskan masker pepaya yang sudah dicampur dengan madu tersebut pada potongan kulit wajah yang berjerawat. Mulai dari muka, hingga leher.
  4. Diamkan selama sekitar 20 menit, kemudian dibilas dengan air hangat dan dikeringkan dengan handuk lembut.

Daging buah pepaya yang sudah matang mempunyai kemampuan untuk membersihkan jerawat yang disebabkan oleh nanah bakteri.

Masker Pepaya untuk Mengencangkan Payudara

Ada banyak faktor yang menyebabkan payudara perempuan menjadi kendur dan turun. Diantaranya kebiasaan yang tidak baik menyerupai posisi tidur yang tidak tepat, gizi yang kurang, melahirkan dan polusi dari asap rokok. Banyak perempuan yang rela mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan payudara biar terlihat lebih indah. Namun, sebetulnya masih ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mengembalikan bentuk dan posisi payudara menyerupai semula. Salah satunya memakai masker dari buah pepaya.

Pepaya mengandung vitamin C sangat tinggi sehingga baik untuk peremajaan kulit. Selain itu beberapa enzim dalam pepaya sanggup merangsang hormon dan kelenjar susu sehingga payudara menjadi lebih kecang.

Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama memakai buah pepaya yang masih muda. Ambil pepaya muda, buang kulit dan bijinya, kemudian daging buahnya diblende dan dibentuk jus. Minumlah jus pepaya tersebut secara rutin. Jika anda tidak suka dengan rasanya, Anda bisa memakai metode kedua.

Metode kedua dengan memakai buah pepaya yang sudah matang sebagai masker. Caranya sama, yaitu dengan meblender buah pepaya untuk dibentuk jus. Namun kali ini tidak untuk diminum melainkan dioleskan pada payudara sebagai masker. Terserah cara mana yang akan Anda pilih.

Oke, dengan demikian artikel mengenai manfaat dan cara menciptakan masker pepaya saya cukupkan hingga disini. Lihat juga artikel mengenai cara menciptakan masker alami untuk memutihkan wajah dan cara menciptakan masker pengecap buaya. Selamat mencoba.