Cara Merawat Wajah Berminyak Dan Kusam

Memiliki wajah berminyak sanggup menciptakan kulit wajah terlihat kusam. Selain itu, minyak di wajah sanggup menyulitkan kita untuk menentukan make-up yang tepat. Namun begitu, sebetulnya kulit berminyak mempunyai potensi untuk menciptakan wajah terlihat abadi muda dibandingkan jenis kulit lainnya. Hanya saja, kita harus menentukan perawatan yang tepat.

Sebelum kita membahas mengenai cara merawat wajah berminyak dan kusam, ada baiknya kita mengerti dulu apa saja penyebab wajah berminyak.

Memiliki wajah berminyak sanggup menciptakan kulit wajah terlihat kusam Cara Merawat Wajah Berminyak dan Kusam
Berikut ini beberapa penyebab kulit wajah berminyak ibarat dilansir laman Magforwomen:
  • Genetik. Coba perhatikan wajah orang bau tanah dan anggota keluarga yang lain. Jika kebanyakan dari mereka mempunyai wajah berminyak, sanggup jadi penyebabnya ialah alasannya gen yang diturunkan.
  • Kosmetik. Terkadang, penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit lainnya juga sanggup memicu produksi minyak berlebih.
  • Pergantian musim. Meningkatnya suhu dan kelembapan sanggup menciptakan produksi minyak meningkat.
  • Obat-obatan. Sedang sakit dan mengonsumsi obat-obatan? Bisa jadi wajah mengeluarkan minyak hiperbola alasannya konsumsi obat-obatan tersebut.
  • Kesalahan produk. Beberapa orang salah memakai produk kecantikan kulit alasannya kurang paham dengan kondisi kulitnya.
  • Perubahan hormon. Wanita khususnya mengalami perubahan hormon selama hidupnya, yaitu ketika menstruasi, hamil, dan menopause. Perubahan hormon itu pun memicu produksi minyak berlebih pada tubuh.
  • Stres. Sebagai bentuk respon terhadap stres, badan menghasilkan minyak berlebih dan menciptakan wajah tampak berkilau alasannya minyak tersebut.
  • Alat kecantikan. Selain produk kecantikan, alat kecantikan juga berperan dalam penyebab wajah berminyak. Misalnya penggunaan sikat atau bantal bedak yang mengganggu kinerja kelembapan kulit.
  • Tanning. Proses tanning atau pewarnaan kulit punya pengaruh jelek bagi produksi kulit. Meskipun pada awalnya kulit menjadi kering sesudah tanning, namun badan alhasil mengeluarkan minyak berlebih.

Cara Merawat Wajah Berminyak

Perawatan untuk wajah berminyak sanggup dilakukan dengan memakai bahan-bahan alami ibarat berikut ini:

Masker Pisang
Selain sanggup dikonsumsi untuk mengurangi kram ketika haid, pisang juga mengandung Vitamin A, B dan E yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Cara menciptakan masker dari pisang ialah haluskan pisang, kemudian aplikasikan pada wajah dan leher selama 15-20 menit. Jika Anda berjerawat, Anda sanggup menambahkan madu di dalamnya.

Masker Lemon
Lemon mengandung Vitamin C yang sanggup menciptakan kulit Anda lebih cerah dan mengurangi noda bekas jerawat. Cara menciptakan masker dari lemon ialah dengan memerasnya, kemudian tambahkan madu, kemudian aplikasikan ke wajah dan leher Anda. Untuk hasil yang maksimal, dampingi dengan meminum air lemon hangat yang ditambah madu untuk membersihkan kulit dari dalam.

Masker Apel
Apel mengandung banyak antioksidan yang sanggup mencegah kerusakan sel-sel kulit. Selain itu, apel juga mengandung elastin dan kolagen. Kedua zat tersebut sanggup menciptakan kulit tetap muda. Blender apel dan campurkan dengan madu serta air mawar, kemudian aplikasikan pada wajah Anda. Kulit Anda pun akan nampak semakin cerah dan tampak muda.

Masker Pepaya
Sama ibarat apel, papaya juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan kulit. Papaya juga mengandung zat yang berjulukan papain yang berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan menciptakan kulit semakin cerah. Caranya yaitu dengan menghaluskan papaya kemudian aplikasikan pada kulit wajah dan leher Anda.

Masker Mangga
Mangga bukan hanya buah yang lezat rasanya, tapi juga banyak manfaatnya. Sama halnya dengan beberapa buah lain, mangga juga mengandung Vitamin A dan antioksidan. Kandungan tersebut sangat baik untuk mencegah penuaan kulit, regenerasi kulit serta mengencangkan kulit.

Oke, itu beliau cara merawat wajah secara alami untuk mengatasi wajah berminyak dan kusam. Silahkan dipraktekan dan lakukan secara rutin supaya hasilnya lebih maksimal.