Cara Menjaga Kesehatan Tulang Dan Mencegah Osteoporosis

Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis - Tulang mempunyai aneka macam manfaat bagi badan kita, menyerupai untuk membentuk struktur tubuh, melindungi organ dalam, kawasan melekatnya otot serta menyimpan kalsium. Maka dari itu menjaga kesehatan tulang merupakan salah satu hal yang penting. Namun banyak dari orang yang mengabaikan kesehatan tulang mereka. Akhirnya pada dikala usianya sudah cukup tua, mereka sangat rentan sekali untuk terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang. Jika anda sudah terkena osteoporosis, maka kekuatan tulang andapun akan berkurang.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Nah kalau anda sedang mencari-cari bagaimana caranya untuk menjaga kesehatan tulang anda biar terhindar dari osteoporosis, maka anda kini berada ditempat yang tepat. Karena disini saya akan membagikan tips perawatan badan perihal bagaimana cara menjaga kesehatan tulang biar terhindar dari osteoporosis. Bagaimana caranya, pribadi saja kita simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Jaga semenjak muda
Manusia mempunyai puncak kepadatan tulang pada dikala berumur 20 tahun. Maka dari itu, sebelum atau dikala anda berusia 20 anda harus memaksimalkan kepadatan tulang anda.

2. Perbanyak kalsium
Untuk orang cukup umur usia antara 19-50 tahun, dan seorang laki-laki usia antara 51-70 tahun sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi 1.000 miligram kalsium setiap harinya. Sedangkan untuk perempuan yang berusia antara 51-70 tahun dianjurkan untuk mengkonsumsi 1.200 miligram per harinya.

Untuk sumber kalsium ini sanggup anda dapatkan dari beberapa sumber, contohnya susu, almond, ikan salmon, brokoli, sarden atau kedelai. Jika anda kesulitan untuk mendapat sumber kalsium diatas, anda juga sanggup mengkonsumsi supleman kalsium yang dianjurkan oleh dokter.

3. Konsumsi vitamin D
Untuk orang cukup umur usia 19-70 tahun direkomendasikan untuk mengkonsumsi 600 IU (Internasional Unit). Kebutuhan vitamin D itu akan meningkat pada dikala mencapai usia 71 tahun atau lebih, yaitu 800 IU.

Banyak sekali sumber vitamin D ini, anda sanggup mengkonsumsi ikan berminyak, sarden, kuning telur dan susu untuk mendapat asupan vitamin D. selain itu, cahaya matahari pada waktu pagi juga sanggup menghasilkan vitamin D bagi badan anda. Maka dari itu manfaatkan juga cahaya matahari pada dikala pagi hari, namun perlu diingat jangan terlalu sering berjemur dibawah sinar matahari alasannya yaitu sanggup mengakibatkan kanker kulit.

4. Hindari rokok dan alkohol
Rokok ternyata sanggup menciptakan pengeroposan tulang menjadi lebih cepat. Rokok ini akan lebih parah kalau dikonsumsi oleh seorang wanita. Mengapa? Karena kalau seorang perempuan merokok maka akan mengalami tingkat estrogen menjadi lebih rendah dan masa menopuose yang lebih cepat sehingga sanggup mempercepat pengeroposan tulang. Hindari juga alkohol, alasannya yaitu alkohol sanggup menggangu badan untuk menyerap kalsium serta memperlambat pembentukan tulang.

5. Batasi asupan daging
Mengkonsumsi daging memang penting bagi kesehatan badan kita, namun jangan terlalu berlebihan. Mengapa? Karena konsumsi daging yang hiperbola sanggup memperbanyak protein, yang mana protein tersebut akan menghambat peresapan kalsium.

6. Kurangi konsumsi sodium
Mengkonsusmi terlalu banyak sodium ternyata juga sanggup menciptakan kalsium keluar dari tulang dan keluar dari badan melalui urin. Jika kalsium dari tulang keluar, maka tulang anda akan semakin cepat untuk mengalami pengeroposan. Untuk mengantisipasi hal ini, saya sarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung sodium (garam).

7. Hindari minuman bersoda
Mengkonsumsi minuman bersoda memang sanggup menjadikan dampak dan sensasi tersendiri di badan kita, terutama pada dikala di lidah. Namun perlu diketahui juga bahwa mengkonsumsi minuman bersoda sanggup melepaskan kalsium dari dalam tulang. Hal ini sanggup terjadi alasannya yaitu kandungan fosfor dari minuman bersoda.

8. Olahraga
Olahraga menyerupai jogging, basket, badminton, volley dan lainnya juga sanggup bermanfaat untuk kesehatan tulang anda kalau dilakukan secara rajin. Selain itu, olahraga yang sanggup memperkuat otot, contohnya angkat beban juga sanggup menguatkan tulang anda.

Nah, itulah sedikit tips yang sanggup saya bagikan kaitannya dengan cara menjaga kesehatan tulang biar terhindar dari osteoporosis. Jika anda mempunyai tips lain, jangan sungkan-sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar dibawah ini. Sekian dulu dari saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih sudah berkunjung.