Tangan bersih, tubuhpun sehat

       Tangan memiliki dua definisi. Definisi yang luas adalah anggota badan dari siku sampai ke ujung jari tangan, sedangkan definisi yang sempit adalah anggota badan dari pergelangan sampai ujung jari tangan (bagian dalamnya disebut telapak tangan). Sebagian besar manusia memiliki dua tangan, biasanya dengan empat jari dan satu ibu jari. Jika jari-jari ditekuk erat, tangan akan membentuk suatu kepalan. fungsi telapak tangan adalah sebagai tempat jari tangan berada dan memili peran penting untuk memegang atau mencengkram benda.Dan terletak di pada bagian ujung tangan yang terdapat 5 jari tangan.       Banyak orang yang tidak memperhatikan kebersihan tangan, padahal tangan merupakan awal dari kuman atau bakteri untuk masuk kedalam tubuh melalui mulut ketika kita makan. Bersihnya tangan akan mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang.
Manfaat Mencuci Tangan
Manfaat mencuci tangan bagi kesehatan tidak usah diragukan lagi. Mencuci tangan dapat  membasmi kuman penyebab penyakit sehingga mencegah penularan penyakit infeksi. Karena penularan penyakit dapat terjadi ketika orang yang terinfeksi tidak mencuci tangan dengan benar kemudian ia langsung menyentuh atau mengolah makanan dan makanan tersebut di konsumsi  orang.
http://nurudinsya.blogspot.com/2014/07/kebersihan-tangan-dari-aisyah-r.html
LANGKAH MENCUCI TANGAN YANG BENAR :
WHO pada tahun 2005 mengeluarkan 7 langkah. Dan dalam pelaksanaannya ada yang mengembangkan menjadi 10 langkah   yaitu sebagai berikut :
  1. Basuh tangan dengan air bersih yang mengalir
  2. Ratakan sabun dengan kedua telapak tangan
  3. Gosok punggung tangan dan sela - sela jari tangan kiri dan tangan kanan, begitu pula sebaliknya.
  4. Gosok kedua telapak dan sela - sela jari tangan
  5. Jari - jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci.
  6. Gosok ibu jari kiri berputar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan sebaliknya.
  7. Gosokkan dengan memutar ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dan sebaliknya
  8. Gosok pergelangan tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan dan lakukan sebaliknya.
  9. Bilas kedua tangan dengan air yang mengalir
  10. Keringkan dengan lap tangan yang kering dan bersih atau menggunakan tissue
Catatan : Bila tidak ada wastafel atau kran air, dapat menggunakan air yang di tuangkan dengan gayung. Idealnya memang menggunakan sabun cair, tetapi bisa juga menggunakan sabun batangan.

Dengan memiliki tangan yang bersih, merupakan awal dari tubuh yang sehat. Karena tangan dipergunakan untuk makan apabila tangan bersih makanan yang kita makan menggunakan tangan juga ikut bersih sehingga tidak ada kuman yang masuk kedalam mulut melalui tangan.

(Sumber : dari berbagai sumber)

-Semoga Bermanfaat-