16 Cara Ampuh Meningkatkan Hormon Endorfin di dalam Tubuh

Di dalam hidup ini, tentunya tidak lepas dari yang namanya dilema atau problematika kehidupan. Masalah yang muncul membuat susana hati akan naik-turun.

Dalam hidup ini Kita memang tidak mungkin sepenuhnya bisa terhindar dari yang namanya rasa cemas, gelisah ataupun galau.

Anda bisa dengan mudah meminimalisir perasaan negatif yang muncul, yaitu dengan cara meningkatkan kadar hormon endorfin di dalam tubuh.

Cara Ampuh Meningkatkan Hormon Endorfin di dalam Tubuh

Hormon endorfin berfungsi untuk merangsang jiwa supaya bisa timbul rasa nyaman, ketenangan dan bahagia. Yang manfaatnya bisa mengurangi rasa cemas, stres, atau bahkan rasa sakit di badan sekalipun.

dr. Indra Muhtadi, seorang trainer profesional yang jago dalam bisang ini, menjelaskan bahwa kalau seseorang merasa bahagia dan jiwanya tenang, maka semuanya akan terasa lebih mudah untuk dijalani.

Dimana, antara jiwa yang bahagia dan kesehatan badan memiliki keterkaitan yang berpengaruh antara satu sama lainnya.

Berikut di Bawah Ini Cara Meningkatkan Kadar Hormon Endorfin di dalam Tubuh:

1. Jadilah Peribadi yang Mudah Untuk Tersenyum
Saat seorang duka ataupun merasa tertekan, maka tidak sedikit orang yang justru merespon negatif dari bencana alam yang dialaminya. Padahal, di dalam badan terdapat zat hormon endorfin yang bisa untuk menimbulkan sebuah energi positif.

Cuma Anda perlu untuk merangsangnya supaya endorfin tersebut bisa muncul. Salah cara yang sangat ampuh untuk merangsang hormon endorfin yaitu dengan tersenyum.

Ketika keluar rumah dan bertemu dengan orang-orang, janganlah menampakan wajah yang cemberut, hal ini tidak baik bagi kondisi sosial Anda di lingkungan. Memperlihatkan wajah yang ramah dan akrab akan menawarkan kebahagiaan bagi orang lain.

Nah, adapun untuk manfaat tersenyum bagi diri Anda sendiri, yaitu merangsang jiwa untuk lebih rileks, hening dan bahagia.

Untuk itu, cobalah menjadi pribadi yang murah senyum, maka manfaatnya bisa membuat Anda bisa berpikir lebih jernih hening dan tidak terburu-buru (entah bagaimana keterkaitan hal ini secara ilmiah dan penelitian, penulis belum menemukannya).

Saat tersenyum, otot muka akan sedikit tertarik, kemudian organ otak akan terangsang untuk melepaskan hormon endorphin yang bermanfaat. Hal ini akan membuat timbulnya rasa bahagia di dalam hati. Bahkan yang unik, orang lain yang melihat Anda tersenyum bisa ikut bahagia.

Mencoba tersenyum ketika jiwa duka ternyata bisa membuat perasaan lebih baik, hal ini sangat berkaitan dengan rasa syukur, dimana tidak melulu melihat ke atas, tetapi juga melihat ke bawah.

Dengan bersyukur, Anda akan bisa lebih mudah untuk tersenyum, yang risikonya bisa optimal mengeluarkan hormon endorfin di dalam yang sangat bermanfaat.

Adapun kalau seseorang tidak bersyukur, dikhawatirkan dirinya akan sulit mencicipi bahagia. Yang risikonya membuat produksi hormon endorfin di dalam tubuhnya terganggu.

Hal ini bisa terus menawarkan dilema berentet, sampai bisa melemahkan sistem kekebalan tubuhnya sehingga mudah terkena penyakit.

Oleh sebab itu, dalam rangka untuk mengoptimalkan jumlah hormon endorfin di dalam tubuh, maka alangkah baiknya kalau Anda bergaul dengan teman-teman yang positif, yang akan mengingatkan Anda pada hal-hal yang baik. Bukan malah sobat yang menghantarkan ke dalam jurang kebinasaan dan kesengsaraan.


2. Konsumsi Cokelat
Cokelat sering dinilai sebagai makanan yang bisa menimbulkan kenyamanan. Kandungan di dalam cokelat memiliki fungsi untuk membantu melepaskan endorfin, yang akan menawarkan rasa nyaman dan hening pada tubuh.

Kandungan phenethylamine di dalam cokelat inila yang membantu menghasilkan hormon endorfin yang cukup di dalam tubuh. Keberadaan hormon endorfin ini membantu seseorang lebih mudah untuk merasa bahagia.

Sebuah penelitian oleh Tim Mind Lab yang berisi para dokter di Inggris. Penelitian dengan meminta enam pasangan suami-istri untuk memakan cokelat sampai habis. Setelah itu mereka diminta untuk saling berciuman.

Para peneliti yang mengamati hal ini, menerima kesimpulan bahwa dari hasil tes otak dan jantung yang mereka alami ketika itu, menemukan bahwa cokelat bisa menawarkan rangsangan rasa bahagia. Manfaat ini utamanya pada kaum perempuan.

Sebuah penelitian yang dilakukan pihak di University of Copenhagen, menemukan bahwa dengan mengonsumsi cokelat hitam, seseorang akan lebih bisa untuk membatasi konsumsi makanan asin dan manisn (agar tidak berlebihan).

Manfaat lainnya dari mengonsumsi cokelat, yaitu dapat menurunkan tekanan darah sehingga baik untuk penderita hipertensi, serta bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Akan tetapi jangan berlebihan dalam mengonsumsi cokelat, sebab akan berakibat buruk bagi gigi, selain juga menawarkan dilema kesehatan secara umum.

3. Konsumsi Makanan Pedas
Di dalam cabe ataupun makanan yang memiliki rasa hot lainnya, mengandung sebuah zat berjulukan capsaicin, dimana zat ini bekerja untuk merangsang sereksi endorfin.

Ketika Anda mencicipi kepedasan di bibir dan pengecap ketika makan, maka badan akan merespon berupa menawarkan sinyal pada otak untuk memproduksi hormon endorfin. Hal ini dilakukan badan bertujuan menawarkan perlindungan dari sensasi panas atau terbakar di verbal ketika makan pedas.

Dengan semakin pedas makanan yang dikonsumsi, maka bisa semakin merangsang hormon endorfin untuk muncul. Akan tetapi, bukan berarti Anda memaksakan diri untuk mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, ataupun terlalu banyak konsumsi makanan pedas, hal ini tidaklah baik.

Konsumsilah makanan pedas atau cabai dengan secukupnya saja, jangan berlebihan.

4. Tidak Usah Malu Untuk Menangis
Karena ketika seseorang gres saja menangis sampai risikonya keluar air mata, maka disaat itu organ otak akan melepas hormon endorphin yang bermanfaat bagi kenyamanan dan kerbahagiaan jiwa. Sehingga, betapa banyak orang setelah menangis, hatinya menjadi lega.

Sehingga, menghadapi kesedihan dengan menangis merupakan hal yang wajar, baik itu oleh kaum wanita maupun laki-laki sekalipun. Bukan sebuah malu seseorang itu menangis, hanya saja jangan dilakukan daerah umum yang ada banyak orang.

loading...

5. Mulailah Rutin Berolahraga
Para ilmuwan yang melaksanakan penelitian-penelitian, telah menemukan bahwa melaksanakan olahraga efektif untuk mengatasi permasalahan stres atau depresi yang dialami. Olahraga yang dilakukan juga mencegah Anda dari perasaan gelisah.

Ketika seseorang berolahraga, maka tubuhnya akan sebega terangsang untuk memunculkan hormon endorfin, tujuannya untuk meminimalisir rasa sakit, menawarkan energi bagi tubuh, dan juga memicu munculnya perasaan bahagia.

Dengan manfaatnya ini, sudah barang tentu Anda perlu merencanakan olahraga pagi secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu. Anda bisa berolahraga menyerupai berlari, jongging santai, jalan santai, bersepeda, berenang, dan lainnya.

Jika Anda sebelum ini jarang berolahraga, maka mulainya menyediakan waktu, kalau bisa 30 menit dalam sehari untuk melaksanakan olahraga.
Tetapi kalau Anda sudah mencicipi lelah ketika olahraga, tidak perlu mamaksakan diri yang justru berbahaya bagi tubuh.

Manfaat lainnya dari berolahraga:
  1. Membuat tidur bisa lebih nyenyak.
  2. Membuat percaya diri meningkatkan.
  3. Membuat Anda terlihat lebih baik. 
  4. Menjaga keseatan jantung.
  5. Meningkatkan sirkulasi darah. 

6. Jadilah Orang yang Rajin
Dengan menjadi sosok yang rajin dan selalu bersemangat, Anda akan sering menggerakan badan untuk melaksanakan banyak kegiatan, contohnya menyapu rumah, mengepel, membersihkan kebun, mencuci motor / mobil, merapihkan barang-barang, dll.

Seperti halnya olahraga, dengan rajin menggerakan badan maka ini sudah bisa untuk meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh.

Oleh sebab itu, ketika duduk-duduk saja tidak ada kerjaan, maka alangkah baiknya kalau Anda bergerak untuk melaksanakan banyak sekali kegiatan yang bermanfaat.

7. Sempatkan Waktu Melakukan Kegiatan di Luar Rumah
Ketika melaksanakan kegiatan di luar ruangan, maka badan akan terkena sinar matahari yang manfaatnya membantu proses produksi hormon di dalam tubuh, yang nantinya dapat meningkatkan suasana hati Anda dan juga memicu munculnya rasa bahagia.

Sinar matahari yang sehat yaitu ketika pagi hari, yaitu jam 9 ke bawah. Adapun sinar matahari pada jam 12 siang perlu dihindari. Anda bisa menggunakan tabir surya untuk melindungi badan ketika Anda beraktivitas cukup lama di bawah sinar matahari langsung.

Hanya saja, Anda tidak boleh seharian berada di bawah sinar matahari sebab dapat membahayakan kesehatan tubuh, terutama kesehatan dan keindahan kulit yang paling pertama terkena dampak buruk (akibat terlalu lama berada di bawah sinar matahari).


8. Aromaterapi
Cobalah menerapkan aromaterapi. Gunakan aroma yang Anda sukai, aroma yang membuat jiwa Anda menjadi hening dan nyaman. Salah satu aroma yang sangat populer yaitu lavender.

Dengan menggunakan aromaterapi, bisa bermanfaat untuk meningkatkan produksi endorfin di dalam tubuh. Betapa banyak orang yang mencicipi dirinya menjadi lebih baik setelah menikmati aromaterapi.

Manfaat aromaterapi ini meminimalisir rasa cemas dan juga mengurangi resiko stres. Aroma lavender sudah terbukti bisa mengurangi stres. Aroma menyerupai lavender, nilam, vanili dan chamomile menawarkan rasa rileks dan ketenangan.

Adapun aroma jeruk menyerupai lime, orange dan lemon bermanfaat untuk membangkitkan semangat, sehingga bisa menurunkan gejala depresi yang dialami. Penggunaan Aromaterapi juga cukup ampuh untuk mengurangi rasa nyeri yang dialami.

9. Berinteraksi Dengan Orang Lain 
Seseorang dalam kehidupan sehari-harinya perlu berinteraksi dengan orang lain, tidak mungkin seseorang bisa hidup sendiri tanpa sumbangan orang lain. Selain itu, melaksanakan interaksi sosial penting untuk berguru dari pengalaman hidup orang lain.

Dengan interaksi sosial yang baik, menyerupai mengobrol biasa bahkan lebih bagus lagi membahas hal-hal yang bermanfaat. Hal ini bisa meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh. Saat berinteraksi, Anda akan bertukar pikiran dan hal-hal lainnya, yang bisa memicu peningkatan endorfin.

Untuk cara sederhananya, Anda bisa pergi gotong royong keluarga atau sobat untuk melaksanakan suatu kegiatan yang menarik dan menyenangkan, menyerupai bermain futsal, perkumpulan organisasi dan lainnya.

10. Rangsanglah Panca Indera
Contohnya pergi ke wilayah pegunungan untuk melihat keindahan alam, mengonsumsi makanan favorit, mencium bau wangi yang Anda sukai, dan hal-hal lainnya. Melakukan hal menyerupai itu saja sudah bisa untuk menawarkan rangsangan pada otak untuk mengeluarkan hormon endorfin. Anda bisa melaksanakan banyak sekali hal yang Anda sukai (semodel dengan teladan diatas).

11. Konsumsi Ginseng
Mengonsumsi gingseng, ataupun makanan yang mengandung gingseng dapat menawarkan manfaat untuk kesehatan. Selain itu juga bermanfaat untuk meningkatkan endorfin di dalam tubuh.

12. Coba Kegiatan Yang Menantang (tidak terlalu disarankan)
Anda bisa melaksanakan kegiatan yang menantang dan menegangkan. Walaupun menegangkan ternyata bisa menawarkan manfaat untuk meningkatkan suasana hati dan hormon endorfin. Beberapa jenis kegiatan yang menantang yaitu hiburan roller coaster, terjun payung, paralayang dan sebagainya.

Hanya saja bagi Anda yang mengalami dilema pada organ jantung, maka jangan melaksanakan kegiatan yang terlalu menegangkan.

13. Memijat Tubuh
Melakukan pemijatan pada badan umumnya dlakukan dengan tujuan untuk menghilangkan rasa pegal, selain itu juga baik untuk merangsang produksi hormon endorfin. Agar mudah, Anda bisa menyewa jasa tukang pijat.

14. Jangan Mudah Marah
Orang yang mudah marah akan rentan mengalami stres. Ketika jiwa telah terserang ‘penyakit hati’ yang berjulukan stres dan depresi, menimbulkan badan akan rentan terkena penyakit. Masalah ini kontraproduktif dengan manfaat hormon endorfin.

Mudah marah akan menyebabkan gangguan pada produksi hormon endorfin di dalam tubuh. Masalah lainnya dari sering marah yaitu serangan rasa kecemasan, sistem kekebalan badan menurun, dan rentan terkena sakit kepala. Hal itu sebab emosional secara berlebihan menimbulkan peningkatan tekanan darah di kepala.

Hendaknya menjadi orang yang bisa berpikir positif, yang manfaatnya cepat atau lambat akan menjadikan optimal eksistensi hormon endorfin di dalam tubuh.

15. Lakukan Hubungan Suami-Istri yang Baik
Penelitian telah menemukan bahwa dengan sentuhan oleh orang yang dicintai saja sudah bisa untuk merangsang badan untuk melepas endorphin. Oleh sebab itu, hendaknya jalani kehidupan suami istri yang baik dan harmonis, hal ini bermanfaat pada meningkatnya endorfin di dalam tubuh.

16. Konsumsi Makanan yang Memberi Rasa Nyaman
Seperti makan es  krim, pasta dengan taburan keju, serta makanan yang mengandung karbohidrat, memiliki fungsi untuk membantu melepaskan endorfin lebih banyak. Konsumsi makanan model sepeti itu ketika stres bermanfaat untuk membuat kondisi mood menjadi meningkat.

Konsumsilah makanan yang Anda senangi, hal ini menawarkan manfaat positif bagi jiwa. Akan tetapi kalau ada makanan favorit Anda yang masuk kategori junk food, makanan cepat saji, makanan instan, tinggi gula dan gorengan, maka Anda perlu membatasi konsumsinya.