Berhati-Hatilah Dengan 5 Hal Ini, Agar Telinga Sehat

      Telinga merupakan indra penting yang dimiliki oleh manusia, telinga selain berfungsi untuk mendengar juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Suara adalah bentuk energi yang bergerak melewati udara, air, atau benda lainnya, dalam sebuah gelombang. Walaupun telinga yang mendeteksi suara, fungsi pengenalan dan interpretasi dilakukan di otak dan sistem saraf pusat. Rangsangan suara disampaikan ke otak melalui saraf yang menyambungkan telinga dan otak (nervus vestibulokoklearis).Untuk itu kita harus memperhatikan kesehatan telinga kita.


 Berikut 5 hal yang harus diperhatikan agar memiliki telinga yang sehat.

1.Suara Mesin pabrik/ Polusi Suara
Bagi yang bekerja didalam  paabrik, terutama dibagian produksi suara mesin akan terdengar sangat keras sehingga akan merusak gendang telinga yang mengakibatkan telinga menjadi kurang peka dan lama kelamaan mengakibatkan tuli. Untuk meng hindari itu maka disarankan untuk menggunakan ear plug sehingga mengurangi kadar suara mesin.

http://nurudinsya.blogspot.com/2015/01/berhati-hatilah-dengan-5-hal-ini-agar.html
2.Menggunakan Ear phone atau headset
Sekarang banyak sekali orang yang menggunakan earphone atau headset entah untuk mendengarkan music atau untuk menelpon. Menggunakan earphone atau headset secara berlebihan dengan jangka waktu yang lama juga akan membuat telinga menjadi sakit dan menyebabkan telinga tidak peka terhadap suara
.
3.Menggunakan cotton bud
Sudah menjadi rahasia umum apabila membersikan telinga banyak yang menggunakan cotton bud bahkan ada yg menggunakan benda lain yg dapat membayakan telinga. Penggunaan cotton bud apabila tidak hati-hati akan menyebabkan iritasi ataupun infeksi paada telinga, bahkan penggunaan cotton bud tidak dapat membersihkan telinga malah mendorong kotoran yang ada ditelinga bertambah dalam.

4.Menyelam
Bagi yang suka berenang sebaiknya harus memperhatikan kedalaman air karena semakin dalam air tekanannya semakin besar. Risiko yang ada ketika menyelam atau diving bukan hanya teriris karang atau tersengat anemon beracun, namun juga barotrauma. Barotrauma adalah pecahnya gendang telinga akibat tekanan udara. Kondisi ini biasanya ditemukan akibat penyelaman mendadak yang terlalu dalam.Batas aman ketika menyelam adalah 60 kaki atau 18 meter per menit. Jika dilakukan lebih cepat dari itu, tekanan udara dapat menyebabkan pecahnya gendang telinga
.
5.Penggunaan Obat Untuk Telinga
Sekarang banyak beredar dipasaran berbagai macam obat untuk menyembuhkan telinga yang sakit. Radang telinga luar (otitis externa) memang dapat disembuhkan dengan menggunakan obat tetes telinga. Namun jangan sembarang membeli obat tetes di apotek lalu memakainya tanpa petunjuk dokter. Bukannya sembuh, obat tetes telinga juga bisa menyebabkan tuli permanen.

       Semoga dengan penjelasan tentang Berhati-Hatilah Dengan 5 Hal Ini, Agar Telinga Sehat dapat memberikan pencerahan buat kita agar lebih menyayangi telinga kita sehingga memiliki pendengaran yang baik. Alangkah sedihnya apabila kita memiliki telinga tetapi tidak bisa digunakan untuk mendengar.
rumus ideal berat badan, serit rambut, mainan untuk anak 1 tahun, rumus berat ideal, menghitung bb ideal