26 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet, Sembelit, Jerawat, Demam, Diabetes, dll

Jeruk nipis sering digunakan sebagai bumbu penambah rasa asam pada masakan. Selain itu, tujuan air jeruk nipis digunakan juga untuk menetralisir bau tertentu (contohnya: kerikil amis) pada makanan.

Pada jeruk nipis memiliki banyak kandungan penting, yang menjadikan jeruk nipis mempunyai segudang manfaat.

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, vitamin A dan vitamin B. Selain itu juga mengandung tinggi flavonoid, asam sitrat, dan kaya akan mineral.

Irisan Jeruk Nipis
Irisan Jeruk Nipis | Sumber gambar: Pixabay.com

Walaupun bentuk buahnya kecil dah harganya juga sangat murah, jeruk nipis dapat mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, karena jeruk nipis mengandung segudang nutrisi untuk kesehatan (seperti yang telah disebutkan diatas).

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

1. Mengatasi Penyakit Diabetes
Tidak memperhatikan asupan gula yang dikonsumsi (baik dari makanan maupun minuman) dapat menimbulkan pemyakit diabetes. Munculnya penyakit diabetes karena kurang baiknya dalam pola makan.

American Diabetes Associtaion menyebutkan bahwa jeruk nipis cukup efektif dalam mengontrol peresapan gula di dalam tubuh ke sistem sirkulasi darah. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya peningkatan kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Disamping itu, jeruk nipis mempunyai indeks glikemik rendah, yang artinya tidak menunjukkan dampak peningkatan kadar glukosa di dalam tubuh.

Jeruk nipis disarankan dikonsumsi untuk membantu mengatasi problem diabetes. Kandungan serat larut yang terkandung pada jeruk nipis berfungsi penting dalam mengatur peresapan gula ke anutan darah.

Guna menghindari problem diabetes, maka jangan terlalu banyak konsumsi makanan / minuman manis, serta jangan terlalu lama duduk.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung dan Stroke
Jeruk nipis memiliki kandungan serat larut yang menjaga kestabilan tekanan darah, sehingga Anda bisa terhindar dari problem hipertesi. Kandungan serat larut juga berfungsi untuk membantu mencegah terjadinya peradangan pada pembuluh darah.

Selain itu minum jeruk nipis berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan fungsinya ini maka jeruk nipis memiliki manfaat penting untuk mencegah penyakit jantung. Termasuk juga mencegah serangan jantung dan stroke.

Keberadaan zat antioksidan di dalam tubuh berfungsi untuk menjaga arteri, kondisi arteri yang sehat sangat penting untuk kelancaran proses anutan darah dari jantung dan ke organ-organ tubuh.

Sebuah studi terbaru yang menggunakan obyek kelinci. Hasil studi menemukan bahwa air jeruk nipis mengandung antioksidan yang bisa mencegah terjadinya penumpukan plak di dinding arteri dan memperlambat proses aterogenesis. Kondisi arteri yang bermasalah dapat memicu penyakit jantung.

3. Menghilangkan Jerawat dan Bekas Noda
Kotoran dan minyak di wajah menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, sel kulit mati juga menimbulkan jerawat, karena sel kulit mati, kotoran maupun minyak di wajah menyebabkan pori-pori wajah menjadi tersumbat.

Banyaknya basil pada kulit wajah juga semakin membuat kondisi jerawat semakin buruk dan bisa menimbulkan peradangan. Jeruk nipis memiliki kandungan antibiotik yang berfungsi untuk mematikan perkembangan basil di kulit wajah.

Dalam mengatasi jerawat, maka Anda bisa menggunakan jeruk nipis dan madu. Kandungan di dalam madu bisa membunuh basil jahat. Pada jeruk nipis, memiliki sifat asam yang bermanfaat untuk menjaga terjadinya kelebihan minyak di wajah.

Campuran jeruk nipis dan madu cukup ampuh untuk membantu menghilangkan jerawat di wajah, termasuk menghilangkan bekas jerawat. Yang perlu Anda siapkan:
  • 1 Buah Jeruk Nipis
  • Madu secukupnya
  • Mangkuk

Cara Membuatnya:
  1. Pertama-tama sediakan satu jeruk nipis (pilih yang segar dan ukurannya yang besar).
  2. Kemudian belah menjadi dua bagian.
  3. Lalu peras jeruk nipis, lalu masukan air perasan jeruk nipis ke dalam mangkuk.
  4. Masukan juga ke dalam mangkuk yaitu satu sendok madu
  5. Lalu aduk merata.
  6. Sebelum menggunakan masker ini, Anda perlu mencuci wajah hingga bersih.
  7. Lalu oleskan ramuan masker ini secara merata di wajah.
  8. Setelah selesai mengoleskan, maka biarkan saja selama 15 menit.
  9. Lalu bilas wajah hingga bersih.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Musim cuek merupakan ketika yang cukup mengkhawatirkan karena tubuh menjadi lebih beresiko bisa terkena penyakit, yang umumnya menyerang ketika trend hujan yakni flu dan batuk.

Di dalam jeruk nipis terkandung vitamin C yang perannya dapat membantu tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan penyakit, terutama penyakit musiman menyerupai flu yang banyak muncul di trend hujan.

Kandungan antioksidan berupa flavonoid bermanfaat untuk menangkal virus yang ingin masuk ke sistem tubuh. Sehingga ketika trend hujan atau cuek maka tubuh tetap terjaga kesehatannya.


5. Mengoptimalkan Fungsi Otak
Jeruk nipis memiliki kandungan magnesium dan potasium, manfaatnya bisa meningkatkan fungsi organ otak, yang membuat daya pikr dan daya ingat Anda bisa menjadi lebih baik. Minum jeruk nipis juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh, hal ini penting karena membantu Anda biar bisa selalu fokus dan memiiki tingkat konsentrasi yang baik.

Rasa hangat dan aroma khas pada jeruk nipis juga bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih fresh dan rileks.

6. Membantu Proses Detoksifikasi
Terutama pada malam hari, dimana waktu itu yakni ketika tubuh akan bekerja secara alami untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh (proses detoksifikasi). Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin dan zat-zat aktif yang berfungsi untuk membantu mengoptimalkan proses detoksifikasi dari dalam tubuh.

Penggunaan jeruk nipis untuk membantu proses detoksifikasi lebih baik daripada menggunakan obat kimia. Kandungan zat yang ada di dalam jeruk nipis bisa berfungsi dengan baik untuk menetralisir toksin atau racun yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, jeruk nipis kaya akan zat antioksidan penting yang berfungsi untuk menetralisir radikal bebas yang menyerang tubuh. Bahaya dari serangan radikal bebas pada tubuh yakni bisa memicu resiko kanker.

7. Menurunkan Berat Badan
Minum jeruk nipis menjadi ilham yang sangat birilian bagi Anda yang ingin menurunkan berat bedan. Kandungan di dalam jeruk nipis membantu Anda untuk sukses menurunkan berat tubuh ke tingkat ideal.

Anda bisa secara rutin minum air jeruk nipis hangat (kalau bisa dilakukan di malam hari), hal ini sangat ampuh untuk mencegah Anda terkena obesitas. Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C, asam folat dan potasium, yang fungsinya untuk menekan kadar lemak biar tidak berlebihan di dalam tubuh.

8. Mencegah Sembelit
Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang sangat penting dalam menyelesaikan problem sembelit. Fungsi kandungan asam sitrat ini yaitu membersihkan pencernaan tubuh.

Kandungan yang ada di dalam jeruk nipis, juga bekerja untuk memperkuat fungsi sistem pencernaan. Dimana proses gerakan peristaltik (gerakan mendorong makanan ke arah bawah) menjadi berjalan lebih lancar dan baik.

Dengan begitu, disarankan untuk minum air jeruk nipis (terutama yang hangat) untuk mengatasi problem konstipasi atau sembelit.

9. Menjaga Kesehatan Kulit
Konsumsi jeruk nipis memiliki kegunaan untuk kesehatan kulit, serta membantu untuk menghilangkan bau badan. Untuk memperoleh manfaat ini maka Anda bisa minum jeruk nipis di pagi ataupun sore hari. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan ramuan jeruk nipis pada kulit.

Kandungan di dalam jeruk nipis berupa vitamin C dan flavanoid yakni zat antioksidan yang sangat kuat, yang fungsinya sebagai antibiotik dan antikuman. Sehingga dengan mengoleskan secara eksklusif jeruk nipis pada kulit, bermanfaat untuk membersihkan kulit dari kotoran dan bakteri, serta juga mengangkat (membersihkan) sel-sel kulit mati. Hal ini bermanfaat untuk membuat kulit menjadi tampak selalu segar.

Pada sebuah studi di tahun 2014, peneliti menemukan bahwa jeruk nipis memiliki kandungan minyak esensial yang bermanfat untuk membunuh basil penyebab jerawat di wajah. Selain itu, kandungan minyak esensial ini berfungsi untuk mengurangi bahkan menghilangkan noda di wajah.

loading...

10. Anti-kanker
Jeruk nipis sebetulnya memiliki nutrisi yang sangat kaya dan juga senyawa aktif yang penting bagi kesehatan. Nutrisi di dalam jeruk nipis menyerupai vitamin, kalsium, fosfor, lemak dan protein. Nutrisi yang banyak terkandung di dalam jeruk sipis, menjadikan jeruk nipis sering dimanfaatkan menjadi banyak jenis produk obat.

Senyawa penting yang terkandung di dalam jeruk nipis yakni limonene. Kandungan limonene ini bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker. Minum jeruk nipis secara teratur berguna untuk menurunkan resiko kanker yang sangat mengerikan.

Khasiat jeruk nipis bisa menurunkan resiko beberapa jenis kanker, menyerupai kanker payudara dan kanker sel squamosa.

Kandungan limonene di dalam jeruk nipis bekerja untuk mengikat kolesterol di dalam tubuh, dan menghilangkan gejala perut mulas akhir Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD). GERD merupakan gangguan pada proses masuknya makanan ke dalam lambung.

Kandungan flavonoid di dalam jeruk nipis juga merupakan zat anti-kanker, yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Minum jeruk nipis bermanfaat untuk mencegah resiko kanker. Zat antioksidan bekerja untuk mencegah penuaan dini dan menangkal perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

11. Membantu Sistem Limpa
Limpa memiliki fungsi penting dalam produksi limfosit di dalam tubuh, itu yakni jenis dari sel darah putih. Dengan begitu, limpa sebetulnya memiliki tugas utama dalam tingkat kekuatan imun tubuh.

Hal itu karena fungsi limfosit (yang dihasilkan oleh limpa) sangat penting dalam merasang peningkatan jumlah antibodi di dalam tubuh, untuk melawan penyakit atau zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan rajin minum air jeruk nipis pada setiap pagi bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem limpa di dalam tubuh.

12. Membantu Mengobati Demam
Kandungan vitamin C yang berlimpah di dalam jeruk nipis bisa secara alami untuk menurunkan suhu badan. Anda bisa memanfaatkan air jeruk nipis sebagai alternatif untuk pengobatan penyakit demam.

Saat demam maka disarankan untuk memperbanyak minum air putih, dan disarankan juga minum air jeruk nipis, sehingga akan membuat demam bisa dengan segera untuk mereda.

13. Menghilangkan Noda Hitam dan Mencegah Penuaan Dini
Air jeruk nipis dinilai bisa mencerahkan dan memutihkan kulit. Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk membantu menghilangkan bintik-bintik gelap pada kulit.

Selain dengan meminumnya, Anda juga bisa mengaplikasikan air jeruk nipis pada kulit sebagai pengobatan dari luar. Untuk melakukannya, caranya:
  1. Pertama-tama siapkan kapas, lalu berikan air jeruk nipis pada kapas.
  2. Oleskan kapas tersebut ke adegan bintik gelap pada kulit.
  3. Setelah selesai mengoleskan semua adegan kulit yang bermasalah, maka biarkan aja selama 30 menit.
  4. Dalam menunggu 30 menit ini, jangan hingga terkena sinar matahari. Hal itu disebabkan air jeruk nipis bisa membuat kulit sensitif jikalau terkena sinar matahari.
  5. Setelah selesai menunggu 30 menit, maka bersihkan kulit kembali.

Khasiat jeruk nipis juga untuk mencegah penuaan dini. Dimana seringnya kulit terkena paparan sinar UV matahari menimbulkan timbulnya tanda-tanda penuaan. Dan jeruk nipis memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan dan keindahan kulit.

14. Mengatasi Radang Sendi
Timbulnya radang sendi akhir kelebihan asam urat dan beberapa faktor lainnya. Asam urat yang menumpuk di dalam tubuh bisa menyebabkan munculnya rasa sakit dan juga bisa menimbulkan peradangan.

Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang berfungsi untuk membantu proses pelarutan asam urat, sehingga nantinya zat asam urat yang menganggu bisa dikeluarkan dengan lancar melalui proses buang air kecil. Di dalam buah jeruk ini mempunyai sifat anti inflamasi yang bermanfaat untuk mencegah radang sendi.


15. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Kandungan asam alami di dalam jeruk nipis berguna untuk memecah molekul yang terlalu besar dari makanan yang dikonsumsi. Jeruk nipis juga mengandung flavonoid yang berfungsi untuk merangsang sistem pencernaan tubuh, serta mengoptimalkan proses sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam.

Fungsi lainya dari senyawa flavonoid yakni merangsang gerak peristaltik, sehingga makanan bisa melewati usus dengan lancar. Hal ini sangat penting bagi Anda untuk memiliki sistem pencernaan tubuh yang sehat.

16. Mencegah Kolera
Jeruk nipis memiliki kemampuan antibakteri yang sangat penting khasiatnya dalam melawan penyakit kolera, sehingga dapat tercegah dari penyakit kolera yang bisa menyebabkan kematian.

Pada sebuah penelitian menyebutkan bahwa basil penyebab kolera dapat menyebar melalui makanan. Di Afrika Barat, dimana wabah kolera yang membunuh ribuan nyawa pernah terjadi disana, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi air jeruk nipis memiliki resiko lebih rendah dari terkena wabah kolera.

Penelitian menyebutkan bahwa kandungan di dalam air jeruk bisa membunuh basil berbahaya penyebab penyakit kolera.

17. Mengatasi Gangguan Kemih
Jeruk nipis kaya akan kandungan kalium, kandungan kalium memiliki manfaat penting untuk membersihkan tubuh dari zat beracun yang mengendap di dalam tubuh, menyerupai di adegan ginjal dan kandung kemih.

Kandungan di dalam jeruk nipis bisa secara efektif untuk mengatasi problem benjol di sistem kemih. Khasiat lainnya yaitu bisa membersihkan penyumbatan air seni akhir zat kalsium yang terlalu banyak dan menumpuk di dalam susukan kemih.

18. Menyehatkan Rambut
Minum air jeruk nipis bisa membantu untuk memaksimalkan proses pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan jeruk nipis eksklusif kepada rambut.

Manfaatnya jeruk nipis untuk rambut yakni membantu mengatasi problem rambut rontok, rambut menipis dan kebotakan. Kandungan penting vitamin C di dalam air jeruk nipis bekerja untuk menjaga proses pertumbuhan rambut yang baik dan sehat.

Anda juga dapat memanfaatkan jeruk nipis untuk mengatasi problem ketombe. Caranya yakni dengan membasuh rambut menggunakan air hangat yang sebelumnya telah dicampur dengan air perasan jeruk nipis secukupnya.

Setelah Anda mengaplikasikan ramuan tersebut pada rambut, maka biarkan hingga ramuan meresap pada rambut Anda. Setelah itu, gres bilas rambut menggunakan air biasa hingga bersih.

Anda juga bisa membuat rambut menjadi lebih berkilau dengan air jeruk nipis ini. Caranya yaitu air jeruk nipis dikombinasikan dengan madu dan minyak zaitun secukupnya, yang kemudian diaplikasikan pada rambut.

19. Sebagai Media Pengobatan Herbal
Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengobati batuk, caranya yaitu: pertama-tama siapkan air perasan jeruk nipis pada sebuah wadah, lalu tambahkan dengan gula batu. Kemudian aduk hingga rata. Minum ramuan ini 1 kali dalam sehari hingga penyakit balasannya hilang.

Khasiat lainnya jeruk nipis sebagai pengobatan herbal:

Mencegah munculnya vertigo, caranya:
  1. Pertama-tama haluskan setengah genggam daun jeruk nipis.
  2. Lalu masukan satu sendok air jeruk nipis.
  3. Lalu ramuan tersebut dibalurkan pada dahi, tengkuk, dan pelipis.
  4. Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari.

Mengatasi problem haid tidak lancar, caranya:
  1. Pertama-tama siapkan tiga sendok makan air jeruk nipis
  2. Lalu campur dengan satu sendok makan madu
  3. Lalu seduh menggunakan dua gelas air panas. 
  4. Minum ramuan hangat tersebut.
  5. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

20. Meningkatkan Daya Penglihatan
Jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan berupa vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan dan fungsi organ mata. Kandungan vitamin C bekerja untuk melindungsi mata dari terjadinya kerusakan mata, serta mencegah resiko penyakit yang berafiliasi dengan mata.

Jeruk nipis juga mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi untuk melindungi mata dari problem iritasi dan infeksi. Minum air jeruk nipis juga menunjukkan manfaat untuk membuat mata menjadi lebih rileks dan tidak tegang.

21. Mengatasi Hipertensi
Kandungan kalium di dalam jeruk nipis berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah menjadi ke tingkat normal. Manfaat jeruk nipis ini sangat penting bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Manfaat minum air jeruk nipis juga menurunkan resiko penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskular.

22. Menjaga Kesehatan Ginjal
Banyak Ahli kesehatan sudah menunjukkan saran untuk mengonsumsi minuman sehat yang dapat menyehatkan organ ginjal, salah satunya yang disebutkan yakni air perasan jeruk nipis.

Kandungan asam sitrat yang ada di dalamnya berfungsi untuk mencegah terjadinya pengikatan mineral lain oleh kalsium. Karena jikalau hingga hal itu terjadi, maka bisa menimbulkan terbentuknya kerikil ginjal.

Minum air jeruk nipis baik bagi kesehatan ginjal. Penderita gangguan ginjal disarankan untuk mengonsumsinya.

23. Meredakan Infeksi Tenggorokan
Munculnya benjol di susukan tenggorokan, menimbulkan problem radang tenggorokan. Hal ini akan menyebabkan makan menjadi sulit dan tidak nyaman karena rasa sakit yang ditimbulkan di tenggorokan.

Selain itu, problem benjol di tenggorokan tidak boleh dibiarkan, karena bisa menimbulkan problem lainnya. Anda bisa mengatasinya dengan membuat ramuan herbal dari jeruk nipis. Caranya:
  1. Peraslah tiga buah jeruk nipis.
  2. Lalu campur dengan setengah gelas air panas.
  3. Lalu masukan lagi sesendok madu.
  4. Aduk campuran tersebut hingga merata. 
  5. Setelah itu, Anda gunakan ramuan tersebut untuk berkumur selama 3 menit.
  6. Lakukan hal ini tiga kali dalam sehari.

24. Mengatasi Susah Buang Air Kecil
Apabila Anda susah buang air kecil maka minum saja air jeruk nipis pada pagi hari. Hal itu karena minum air jeruk nipis (disarankan yang hangat) pada pagi hari bermanfaat untuk mengoptimalkan kerja sistem diuretik menjadi lebih baik. Kandungan di dalam jeruk nipis bekerja untuk untuk membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh biar maksimal.

25. Mengobati Gangguan Otak
Penyakit menyerupai vertigo dan parkinson menunjukkan problem serius pada acara seseorang. Jenis penyakit tersebut yakni bantuk gangguan neurologis, yaitu sebuah penyakit yang menyerang sistem saraf.

Keadaan menyerupai ini perlu untuk menerima pengobatan karena bisa menunjukkan dampak buruk pada fisik maupun psikologi. Anda bisa minum jeruk nipis yang manfaatnya yakni membantu meredakan gejala penyakit tersebut.

Anda juga bisa membuat ramuannya sebagai pengobatan. Caranya. Pertama-tama siapkan sebanyak satu genggam daun jeruk nipis, lalu Anda lumatkan (bisa dengan cara diremas-remas).

Lalu campurkan dengan satu sendok air jeruk nipis. Setelah itu, Anda tinggal menggosok ramuan tersebut pada adegan leher, pelipis, dahi dan tengkuk. Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari.

26. Mengencerkan Dahak
Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk mengencerkan dahak di tenggorokan. Caranya, siapkan dua buah jeruk nipis segar, lalu dipotong-potong dan diperas. Anda tampung airnya di dalam sebuah wadah (bisa gelas, dll).

Lalu larutkan dengan sedikit garam (jangan terlalu banyak), lalu aduk hingga merata. Lalu Anda minum (disarankan waktunya ketika sebelum makan).

Apabila Anda mau menunjukkan perasa manis sehingga lebih nikmat dan lezat, maka tuangkan saja sesendok madu (setelah Anda menunjukkan garam).

Tips Membeli dan Menyimpan Jeruk Nipis
Dalam membeli jeruk nipis, maka pilihlah buahnya yang berbentuk besar, serta beratnya dirasakan tidak terlalu ringan (berat sesuai dengan ukurannya).

Pilih jeruk nipis yang memiliki aroma yang menyegarkan dan memiliki warna kuning cerah.

Hindari memilih buahnya yang berwarna hijau gelap karena belum matang. Pada jeruk nipis yang bewarna hijau gelap maka kandungannya tidak memiliki banyak air.

Hindari juga memilih buah yang terdapat bintik-bintik gelap  pada permukaan kulitnya.

Dalam menyimpan jeruk nipis, maka simpan di dalam kantong plastik, lalu masukan di dalam lemari es. Cara ini bisa membuat jeruk nipis bisa infinit hingga seminggu.

Efek Samping Jeruk Nipis
Konsumsi jeruk nipis sebetulnya tidak menunjukkan efek samping yang serius. Hanya saja, konsumsi jeruk nipis yang terlalu banyak dapat menimbulkan problem berupa sakit perut. Hal itu karena kondisi perut yang sangat asam menimbulkan terjadinya iritasi pada selaput lendir di susukan pecernaan.

Masalah lainnya jikalau mengonsumsi jeruk nipis secara berlebihan yakni sering buang air kecil.

Adapun untuk pengaplikasian jeruk nipis secara eksklusif pada kulit, maka perlu berhati-hati. Jika dilakukan secara berlebihan bisa menyebabkan problem pada kulit. Jika penggunaan tidak cocok pada kulit, maka segera hentikan.

Referensi: